Beranda Living Lifehacks

7 Manfaat Bermain Skuter untuk Si Kecil, Selain Melatih Keseimbangan

0
14515

Kamu sudah tahu belum nih, kalau bermain di luar rumah bisa membantu tumbuh kembang si kecil? Ya, soalnya, mereka bisa bergerak secara bebas dan mengeluarkan energi dengan lebih banyak.

Tidak hanya itu, main di luar ruangan juga bisa bikin anak-anak jadi lebih kreatif dan penuh imajinasi. Apalagi, kandungan vitamin D dari sinar matahari juga penting banget nih buat mereka.

Nah, dari berbagai jenis mainan, kamu bisa memberikannya skuter biar si kecil aktif di luar rumah. Soalnya, ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan si kecil bila bermain skuter.

Lantas, Apa Saja Manfaat Bermain Skuter?

Tidak hanya baik untuk tubuh, bermain skuter rupanya punya banyak manfaat lainnya, seperti berikut ini.

1. Melatih Keseimbangan

Sumber: Pexels/Helena Lopes

Pertama, permainan ini bisa melatih keseimbangan anak dengan cara menyenangkan. Saat naik skuter, si kecil akan belajar untuk berdiri dengan satu kaki dan menyeimbangkan tubuhnya agar tidak terjatuh.

2. Meningkatkan Kemampuan Motorik

Sumber: Pexels/Gustavo Fring

Selama  bermain skuter, tangan dan kaki si kecil akan sama-sama bekerja secara aktif. Satu kaki untuk menyeimbangkan dan tangan berada di stang untuk mengarahkan skuter.

Sedangkan buat berhenti, si kecil perlu menggunakan satu kaki untuk menekan bantalan rem di bagian belakang. Semua proses pergerakan selama bermain skuter inilah yang bisa melatih kemampuan motorik si kecil secara perlahan.

3. Menguatkan Otot

Secara tidak langsung, skuter juga bisa melatih kekuatan otot si kecil. Hal ini bisa didapatkan mereka dari mengayuh skuter dengan kaki dan menyeimbangkan tubuhnya.

Dalam proses tersebut, otot kaki, paha, perut, dan lengan aktif bergerak. Kalau dilakukan terus-menerus, tentunya otot tubuh yang dimiliki si kecil akan semakin kuat dan terlatih.

4. Melatih Koordinasi

Sumber: Pexels/Antonius Ferret

Saat mengendarai skuter, si kecil perlu memperhatikan berbagai hal, seperti arah, kecepatan, dan kestabilan tubuhnya. Nah, semua hal tersebut tentunya membutuhkan koordinasi yang baik antara otak dan tubuh.

5. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Si kecil juga bisa belajar berinteraksi dan komunikasi dengan orang lain. Soalnya, mereka juga bisa ikut bergabung dalam kelompok yang memiliki minat sama. Inilah yang akan membantu si kecil membangun hubungan positif dengan teman sebayanya.

6. Menyehatkan Tubuh

Sumber: Pexels/Antonius Ferret

Bermain skuter termasuk aktivitas olahraga, lho! Salah satu keuntungan dari permainan ini adalah melatih pernapasan. Soalnya, saat bergerak, si kecil perlu mengatur pernapasannya dengan baik.

7. Melatih Kemampuan Pengambilan Keputusan

Permainan skuter juga bisa melatih anak buat mengambil keputusan. Hal ini dikarenakan mereka harus tahu kapan waktu yang tepat untuk berhenti, jalan terus, dan berbelok.

Belum lagi, si kecil juga harus mencari cara untuk menghindari jalan yang jelek atau rintangan tertentu.

Nah, itu tadi tujuh manfaat bermain skuter yang bisa didapatkan si kecil. Jadi, apakah kamu tertarik untuk memberikan si kecil permainan skuter?

Bila ya, kamu bisa nih membeli skuter berkualitas di toko online resmi Toys Kingdom melalui ruparupa.

Kami juga punya beberapa rekomendasi skuter terbaik yang bisa kamu berikan buat si kecil.

Paso Electric Scooter G-start V500 – Biru

Cek harga

Globber Skuter Master Light – Merah

Cek harga

 

Globber Skuter Go Up Deluxe Light Sky – Biru

Cek harga

Globber Skuter Nl 205 – Pink

Cek harga

dapatkan mainan skuter hemat hingga 50% klik di sini

Di sini, kamu juga bisa menemukan peralatan otomotif dan olahraga dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu INFORMA, ACE, Krisbow, SELMA, ATARU, Pendopo, dan masih banyak lagi.

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.

TIDAK ADA KOMENTAR