Ini Dia Jarak Ideal Mata ke Layar Monitor

0
2656
jarak mata ke monitor yang ideal
Sumber : Pexels.com

Bekerja menggunakan laptop dan komputer merupakan aktivitas sehari-hari yang tak terhindarkan. Apalagi, jika pekerjaanmu mengharuskan untuk menatap layar laptop dan dokumen selama berjam-jam.

Padahal, terlalu sering menatap layar monitor, terlebih dengan jarak mata yang tidak sesuai, tentunya dapat menurunkan kesehatan pada mata.

Ruparupa Banner

banner inspirasi comfy workspace

Bahaya Jarak Mata ke Monitor Tidak Sesuai

Pada umumnya, setiap manusia berkedip 15-20 kali dalam satu menit. Akan tetapi, menatap layar laptop terlalu lama dan dekat, membuat frekuensi berkedip menurun.

Aktivitas ini juga bisa memaksa otot siliaris mata untuk terus berkontraksi sehingga kita pun mudah merasa kelelahan. Semakin lama, kondisi tersebut bisa menyebabkan terjadinya sindrom penglihatan komputer.

Biasanya, gejala yang akan terjadi, antara lain mata kering, terasa perih, penglihatan menjadi buram, otot mata tegang, rasa sakit pada bahu, dan gangguan lainnya.

akibat jarak mata tidak sesuai
Sumber : Pexels.com

Namun, menatap layar laptop dalam jarak jauh juga tidak baik untuk kesehatan mata. Hal ini akan membuat otot mata kamu bekerja lebih keras untuk memfokuskan mata melihat teks kecil.

Selain itu, bahu dan bagian leher akan cenderung condong ke depan untuk melihat layar, yang dapat menyebabkan nyeri dan otot tubuh pun jadi tegang.

Untuk menghindari terjadinya hal seperti ini, kita perlu mengatur jarak mata ke monitor yang sesuai.

Lantas, berapakah jarak mata ke monitor yang ideal untuk menjaga kesehatan mata saat bekerja? Mari kita cari tahu jawabannya berikut ini.

Baca Juga:   Kenali Jenis Microwave dan Oven yang Jarang Diketahui

Jarak Mata ke Monitor yang Ideal

jarak mata ke monitor
Sumber : Pexels.com

Jarak mata ke layar monitor yang baik adalah 50-100 cm, dengan bagian atas monitor sejajar mata (eye-level).

Sedangkan derajat kemiringan untuk melihat bagian tengah layar adalah 15-20 derajat. Pastikan  juga arah monitor tidak lebih dari dari 35 derajat ke kiri atau kanan.

Apabila kamu merasa teks masih terlalu kecil dalam jarak tersebut, maka kamu bisa mengatur ukuran teks. Hindari mendekatkan mata ke layar monitor.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah memilih meja kerja yang tepat. Pastikan kamu memakai tinggi meja yang ideal sekitar 72-76 cm agar sesuai dengan ukuran jarak tersebut.

Nah, kamu bisa menggunakan meja kerja untuk  mendapatkan arak ideal, seperti di bawah ini.

meja untuk menjaga jarak mata
Selma Eris Meja Kerja 120 Cm dapatkan hanya di Ruparupa.com
Meja kantor dengan material particle board dan ukuran yang ideal agar kerjamu semakin nyaman.

Beli di sini

Kamu juga boleh menggunakan penyangga laptop guna menambah tinggi layar monitor agar sejajar dengan eye-level. Jadinya, bisa mengurangi ketegangan pada leher.

Berikut ini kami punya rekomendasi penyangga laptop yang bisa kamu gunakan.

stand laptop
Penyangga Laptop – Silver – beli di Ruparupa.com
penyangga laptop untuk mengurangi risiko mata lelah dan menjaga sirkulasi udara pada laptop.

Beli di sini

Jika kamu perlu mengetik dari dokumen, maka kamu bisa meletakkan dokumen tersebut  di sebelah monitor untuk mempermudah pandangan mata dan pergerakan bahu .

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Selain menjaga jarak mata dengan monitor, ada  beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata dari menatap layar monitor, antara lain:

Baca Juga:   7 Ide Kegiatan Seru di Hari Valentine

1. Mengatur cahaya pada layar monitor dan cahaya dalam ruangan tempat kamu bekerja.

2. Berkedip sesering mungkin untuk melembabkan mata.

3. Mengistirahatkan mata setiap 20 menit selama 20 detik dengan melihat objek berjarak 20 kaki atau sekitar 6 meter. Selain untuk menjaga kesehatan mata, hal ini juga bisa membantu untuk menyegarkan pikiran yang suntuk.

4. Konsumsi makanan-makanan bergizi yang mengandung vitamin A, lutein, dan zeaxanthin, seperti wortel, bayam, kubis, dan kol untuk menjaga kesehatan mata.

5. Posisikan kepala dan dada tegak dengan punggung bersandar pada kursi. Selain agar jarak pandang lebih baik, otot tubuh juga tidak akan kelelahan.

Untuk menunjang hal tersebut, gunakanlah juga kursi kantor yang nyaman, seperti berikut ini.

kursi kantor
Lucas Kursi Kantor Sandaran Tinggi – Hitam – beli di Ruparupa.com
kursi kantor dengan dudukan yang dapat disesuaikan untuk menopang punggung agar tidak mudah lelah dan pegal.

Beli di sini

Nah, itu dia hal penting yang perlu kamu perhatikan saat bekerja untuk menjaga kesehatan mata.

Kamu bisa mendapatkan peralatan kerja, seperti meja, kursi, dan penyangga laptop ideal seperti di atas, hanya melalui Ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menghadirkan berbagai produk dan perabotan home living lainnya dari merek ternama dari Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi, lho. Yuk, belanja sekarang sebelum kehabisan!