RESEP KUE NASTAR LEMBUT

    Semua orang tentu mengenal nastar. Nastar adalah sejenis kue kering dari adonan tepung terigu, mentega dan telur yang diisi dengan selai buah nanas. Asal katanya dari bahasa Belanda ananas dan taart. Bentuk kue ini bulat-bulat dengan diameter sekitar 2 cm, di atasnya sering dihias dengan potongan kecil kismis, cengkeh atau keju. Kukis lembut satu ini sering menjadi cemilan andalah yang disajikan orang-orang sebagai suguhan meja di hari-hari raya seperti lebaran dan natal. Nastar juga sering dijadikan buah tangan bagi orang-orang yang hendak mengunjungi atau bersilahturahmi dengan keluarga. Di toko-toko kue umumnya menjual nastar dengan kisaran harga 60-150 ribu rupiah. Tapi ternyata membuat nastar sendiri di rumah sangat mudah dilakukan. Dengan mempersiapkan peralatan pembuat kue, serta bahan-bahan yang lengkap akan mempermudah proses pembuatan nastar.

    Berikut ini adalah cara untuk membuat nastar

    Peralatan masak kue yang dibutuhkan:

    - Mixer

    - Oven

    - Alas panggang

    - Kuas

    - Mangkok kecil

    - Baskom besar

    - Sendok

    - Penggorengan

    - Sendok goreng

    - Blender

    Bahan :

    400 gram margarin

    5 butir kuning telur

    100 gram gula halus

    2 sdm susu bubuk

    500 gram terigu protein rendah

    2 sdm maizena

    selai nanas

    2 butir kuning telur untuk olesan

    CARA MEMBUAT KUE KERING NASTAR SELAI NANAS LEMBUT :

    1. Kocok gula halus dan margarin dengan menggunakan mixer diatur speed rendah hingga merata. Setelah rata, masukkan kuning telur, terigu, dan maizena ke dalamnya. Kemudian di kocok lagi hingga merata. Matikan mixer apabila adonan sudah mulai berbulir dan diamkan dahulu adonan beberapa saat sebelum mencetak nastar.
    2. Ambil sedikit adonan nastar, kemudian pipihkan dengan menggunakan tangan yang sudah menggunakan sarung tangan plastik agar nastar tetap higienis, kemudian masukkan selai nanas yang telah dibuat, kemudian bulatkan sampai selai nanas tidak terlihat sehingga berbentuk bulat dengan ukuran kurang lebih 2 cm. Ulangi sampai adonan habis.
    3. Dengan menggunakan kuas, ambil sedikit margarin, kemudian oleskan loyang. Ini dilakukan agar pada proses pemanggangan, nastar tidak menempel di loyang, sehingg ketika matang dan siap di ambil, jadi hancur karena bagian bawah menempel pada loyang.
    4. Susun adonan nastar di loyang yang sudah diberi margarin dengan diberi jarak sekitar 1 cm antara satu dengan yang lainnya. Sembari menyusun di loyang, panaskan oven di suhu 180 derajat celsius
    5. Setelah dirasa oven cukup panas, masukan loyang yang sudah penuh ke dalam oven dan panggang selama 20 menit. Sembari menunggu proses pemanggangan, kocoklah kuning telur dalam mangkok (boleh ditambahkan sedikit kira-kira satu setengah tetes saja, pewarna makanan berwarna orange/kuning). Kemudian diaduk hingga merata.
    6. Setelah dipanggang selama 20 menit, nastar sudah setengah matang, kemudian keluarkan loyang dari dalam oven, lalu oles bagian atas nastar dengan telur, menggunakan kuas kecil, kemudian panggang lagi selama 10 menit. Hal ini dilakukan agar saat nastar matang, bagian atasnya terlihat mengkilap dan bersatu. Hal ini membuat nastar terlihat lebih menarik.
    7. Setelah matang, keluarkan nastar dari dalam oven dan dinginkan atau tunggu beberapa saat hingga benar-benar kering. Angkat nastar satu per satu dari loyang, letakkan di atas kertas kue (opsional) dan susun dalam toples kue. Kemudian tutuplah toples apabila nastar sudah benar-benar tidak panas.

    RESEP SELAI NANAS :

    1 buah nanas, kupas, bersihkan dan parut

    150 gram gula pasir

    10 cm kayu manis

    5 buah bunga cengkeh

    CARA MEMBUAT SELAI NANAS :

    Masukkan nanas parut ke dalam wajan bersama seluruh bahan selai. Masak dengan api kecil.

    Aduk dengan spatula kayu sampai tidak berair. Angkat dan dinginkan

    Setelah dingin, ambil sedikit adonan dan bulatkan seukuran kelereng.

    Ayo dapatkan segera semua produk peralatan pembuat kue lengkap di Ruparupa.com.