PERALATAN YANG PERLU DIPERSIAPKAN SEBELUM MEMBUKA COFFEE SHOP

    Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan kata “coffee shop”. Yap, coffee shop atau dalam Bahasa Indonesia yaitu Kedai Kopi adalah sebuah tempat yang menyediakan hidangan kopi dan latte dengan berbagai jenis rasa dan aroma kepada para konsumennya. Namun seiring berkembangnya waktu, kini kebanyakan coffee shop tidak hanya menyajikan kopi sebagai hidangan utamanya tapi menyajikan minuman lain seperti coklat, greentea, teh, susu dan jenis minuman lainnya. Tak jarang pula beberapa coffee shop menyediakan makanan ringan seperti aneka pastry, cake, bolu, kue, muffin, atau seperti kentang goreng, sosis dan makanan ringan lainnya. Biasanya, selain untuk menikmati kopi, orang pergi ke coffee shop untuk beberapa alasan seperti ‘nongkrong’ dan hangout bersama teman-teman, untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan kantor, meeting bersama rekan atau bahkan ada yang hanya datang untuk menyendiri.

    Setiap coffee shop memiliki keunikannya masing-masing untuk menarik konsumen untuk datang. Ada yang memberikan layanan free wifi, ada yang memberikan layanan tempat duduk yang nyaman, atau membuat ada sarana untuk pengisi daya (charger) perangkat di setiap meja, memberikan promo di waktu-waktu tertentu dan memberikan layanan lainnya. Semua itu dilakukan demi menarik hati konsumen. Seperti yang kita ketahui, semakin hari semakin banyak coffee shop yang berdiri, ini semua terjadi karena bisnis coffee shop semakin diminati banyak kalangan, dan juga semakin banyaknya enterpreneur-enterpreneur muda yang ingin mengepakkan sayapnya. Tapi meskipun sangat banyak coffee shop, tapi bisnis ini patut dicoba mengingat keuntungan yang diperoleh bisa sangat besar.

    Poin utama dalam mendirikan coffee shop adalah anda harus memiliki kopi berkualitas tinggi dan beberapa orang barista yang ahli dalam mengolah kopi tersebut, kemudian konsep dekorasi cafe juga harus diperhatikan. Karena dekorasi yang menarik dan indah akan menarik perhatian konsumen. Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk membuka coffee shop, supaya coffee shop milikmu laris manis dan banyak disukai. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

    Konsep coffee shop

    Sebelum mendirikan coffee shop, kamu haru memikirkan matang-matang konsep coffee shop yang ingin dijalankan. Pertama, tentukanlah target konsumen berdasarkan jenis kelamin, pekerjaan dan range usia. Kemudian sesuaikan konsep coffee shop dengan kriteria target konsumen. Buatlah konsep seunik mungkin dan usahakan untuk tidak meniru konsep coffee shop yang sudah ada. Usahakan warna cat tembok atau wallpaper dengan perabotan yang ada memiliki warna yang senada.

    Tentukan Lokasi, strategi pemasaran dan promosi.

    Lokasi, strategi pemasaran dan promosi merupakan tiga bagian yang saling berkesinambungan. Kamu harus menentukan tempat paling strategis untuk mengawali bisnis coffee shop ini. Lokasi menjadi penentu dalam perjalanan bisnis. Misalnya saja kamu ingin menggunakan konsep kedai kopi sederhana, maka anda dapat menggunakan lokasi yang sering berdekatan dengan orang-orang ramai yang mudah dijumpai. Namun, berada di lokasi yang strategis dan ramai aktifitas, tidak memberikan jaminan akan keberhasilan usaha yang dibangun. Sehingga diperlukan strategi pemasaran atau marketing dan promosi yang kreatif dan menarik maupun workshop tentang coffee shop yang anda dirikan. Anda dapat menggunakan cara online maupun offline. Jika anda sudah menjalankan konsep bisnis offline, maka anda bisa menggunakan sosial media untuk memasarkan bisnis kopi anda secara online. Jadi akan semakin banyak yang mengenal mengenai bisnis kopi yang anda jalankan.

    Berikan sesuatu yang unik

    Pastikan ada sesuatu yang unik yang kamu tawarkan di coffee shop mu, sesuatu yang unik bisa saja berbentuk ada photo booth dengan perabotan yang iconic atau ada sebuah spot yang unik yang bisa dijadikan view untuk konsumen yang datang. Tidak hanya sedap dipandang mata, namun dekorasi kafe yang unik nan menarik juga bisa dijadikan sebagai spot foto. Sesudah pengunjumg puas untuk berfoto, maka mereka akan mengupload foto - foto tersebut ke media sosial. Secara tidak langsung, anda sudah mendapatkan promosi gratis. Berikan juga berbagai promo untuk menarik pelanggan. Dekorasilah coffee shop yang instagramable.

    Jual lebih bervariasi minuman atau makanan ringan.

    Dengan menawarkan lebih banyak variasi minuman dan makanan ringan maka dapat memberikan peluang lebih besar juga pada konsumen untuk memilih minuman atau makanan yang hendak dikonsumsi. Apabila anda terpikir untuk menjual, kue, cake, bolu dan sejenis bakery lainnya, maka gunakanlah nampan komersil untuk menyajikannya. Nampan komersil atau bahasa mudahnya yaitu wadah saji dapat digunakan untuk menyajikan kue atau pastry hingga terlihat lebih indah. Pilihlah nampan komersil yang bening dan memiliki tutup agar makanan yang disajikan tetap higienis. Nampan komersil juga dapat digunakan untuk menyajikan kopi dan makanan kepada konsumen.

    Persiapkan tempat penyimpanan makanan.

    Persiapkan tempat penyimpanan makanan agar makanan yang disajikan tetap higienis dan terbebas dari kuman. Apabila anda terpikir untuk menjual kukis atau kue-kue kering di coffe shop anda, gunakanlah toples kedap udara untuk tempat penyimpanan makanan agar kukis tidak mudah masuk angin. Gunakan juga tempat penyimpanan makanan yang bersih dan selalu dicuci secara rutin agar meminimalisir masuknya kuman dan bakteri ke makanan.

    Persiapkan peralatan minum.

    Peralatan minum adalah salah satu hal yang paling penting apabila anda hendak mendirikan coffee shop. Pemilihan wadah minum sangat penting. Pilihlah mug atau cangkir yang sesuai untuk menyajikan minuman yang hangat, atau pilihlah gelas kaca yang menarik dengan ukuran yang tepat untuk menyajikan minuman dingin. Dan untuk konsumen yang ingin membawa pulang minumannya, anda harus menyiapkan gelas kertas (paper cup) untuk menyajikan minuman hangat dan gelas plastik untuk menyajikan minuman dingin. Peralatan minum lainnya seperti sedotan dengan berbagai ukuran dan pengaduk kopi juga harus dipersiapkan. Persiapkan pula teko untuk penyajian minuman.

    Fasilitas yang memadai

    Salah satu aspek paling penting yang menjadikan suatu warung kopi menjadi ramai atau tidak. Fasilitas yang bervariasi dan penting harus disediakan demi menarik perhatian konsumen. Fasilitas penunjang seperti Wi-Fi/internet, colokan listrik atau TV jelas menjadi suatu kebutuhan wajib dari tiap tiap warung kopi baru. Warung yang tidak memiliki Wi-Fi tentu akan kalah bersaing dengan warung lain yang memasang Wi-Fi. Fasilitas lain seperti adanya toilet atau tempat parkir luas juga bisa jadi saran bagi pemilik.

    Demikianlah beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk membuka sebuah coffee shop. Namun hal yang terpenting adalah diperlukan inovasi, kreativitas, konsistensi serta ketekunan dalam membangun sebuah coffee shop. Harus selalu optimis dan berani untuk mempelajari hal-hal yang baru dan tidak pernah takut untuk mencoba hal-hal baru. Demikianlah beberapa hal yang perlu dipersiapkan, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Selamat mencoba!

    Ruparupa.com menjual berbagai macam peralatan minum terlengkap dan berkualitas.