Daftar Peralatan Makan yang Wajib Dimiliki Oleh Ibu Rumah Tangga

    Sebagai seorang ibu rumah tangga yang peduli akan keluarga, Anda tentu ingin menyediakan yang terbaik bagi mereka. Salah satunya peralatan makan yang berkualitas dan higienis. Bukan hanya itu, peralatan makan yang lengkap dan elegan bisa memberi kesan mewah kepada para tamu yang berkunjung ke rumah Anda. Mempersiapkan sajian untuk keluarga juga semakin mudah.  Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengoleksi perlengkapan makan yang manis dan cantik dengan beragam motif yang ada.

    Set Piring Makan

    Memiliki piring dengan motif cantik sudah pasti menjadi idaman para ibu. Pasalnya, set piring makan terdiri dari banyak warna dan dapat disesuaikan dengan acara-acara tahunan maupun hanya untuk harian saja. Misalnya saja, saat harian Imlek. Wadah yang digunakan pada hidangan Tahun Baru Cina biasanya terbuat dari keramik berwarna merah. Bukan karena warnanya yang mencolok, namun merah memiliki makna tersendiri bagi penganutnya. Antara lain adalah harapan keluarga di rumah tersebut untuk mendapatkan kemakmuran dan umur panjang.

    Alat Makan

    Peralatan makan yang satu ini menjadi pelengkap set piring makan Anda sehingga biasanya harus mengandung warna yang sama. Jika si kecil sering Anda bawakan bekal, sebaiknya gunakanlah sendok dan garpu plastik untuk menyantap makanan. Selain ringan, peralatan makan jenis ini sangat mudah dicuci saat Anda bepergian piknik. Gunakan saja tisu basah untuk membersihkan alat makan yang kotor. Namun, jika hanya ingin digunakan di meja makan rumah Anda, pakai saja sendok dan garpu berbahan keramik untuk menambah kesan mewah pada ruang makan. Warna putih ideal jika digabungkan dengan set piring makan warna-warni, namun pilihlah warna biru dengan corak abstrak untuk tampilan elegan.

    Termos

    Termos sangat berguna bagi keluarga yang suka piknik namun tetap membawa bekal sendiri. Alat berbahan aluminium ini juga penting untuk dibawa saat mudik untuk mempermudah Anda ketika lapar dan haus. Termos berbeda dengan botol minum, karena fungsinya yang dapat menjaga kehangatan makanan seperti nasi hingga aneka lauk. Selain itu, jika Anda masih memiliki balita, termos diperlukan untuk membuat susu atau bubur bayi. Sedangkan bagi orang dewasa, alat ini bisa menampung air panas untuk membuat aneka minuman seperti kopi, teh, dan wedang jahe. Siapkan termos yang mampu menampung air hingga 1 liter dan pilihlah termos yang dapat membantu menghangatkan makanan atau minuman Anda selama kurang lebih 8 jam.

    Set Cangkir Minum

    Hampir sama seperti set piring, Anda juga membutuhkan set cangkir minum karena memiliki beragam motif yang unik sehingga sangat pas jika disuguhkan kepada para tamu yang datang berkunjung ke rumah. Biasanya cangkir jenis ini banyak digunakan untuk menyajikan minuman seperti kopi, teh, maupun minuman cokelat. Jika ingin menyajikan jus, sebaiknya gunakan gelas kaca biasa karena kapasitas cangkir yang tidak terlalu banyak. Cangkir juga masih ada yang terbuat dari plastik, namun akan terasa lebih cantik jika Anda memilih cangkir yang terbuat dari keramik atau kristal.

    Tempat Sambal

    Anda mungkin menganggap sepele benda yang satu ini. Tetapi, percayalah Anda memerlukannya untuk efisiensi penggunaan piring besar. Alat penyaji makanan yang satu ini biasanya dipakai untuk mewadahi saus sambal, kecap, maupun mayones. Terdiri dari berbagai bentuk dan warna, Anda bisa menggunakannya untuk harian maupun saat acara-acara besar seperti arisan dan reuni keluarga.

    Mangkuk

    Meski fungsinya yang sama seperti piring, mangkuk memiliki diameter lebih luas sehingga pas sebagai tempat wadah makanan berkuah atau memiliki porsi yang besar. Apalagi saat-saat seperti bulan puasa, Anda membutuhkan mangkuk untuk sop buah, es campur, maupun es pisang hijau. Jika biasanya mangkuk berbahan keramik dan plastik, cobalah memilih mangkuk yang terbuat dari porselin atau kaca bening. Selain lebih menarik, biasanya bahan ini tidak akan ikut memanas jika Anda mengisinya dengan makanan yang baru dimasak. Hindari memilih mangkuk berbahan stainless steel. Meski mudah dibersihkan, mangkuk jenis ini ikut memanas jika mewadahi makanan panas.

    Langkah Tepat Mencuci Perlengkapan Makan dan Peralatan Masak

    Mencuci alat masak memang terlihat seperti pekerjaan mudah. Tapi, mencuci piring, gelas, sendok, dan garpu butuh ketelatenan dan kesabaran sempurna jika ingin seluruh bagiannya bersih. Apalagi jika perlengkapan makan Anda memiliki detail yang sulit atau terbuat dari bahan yang sulit dibersihkan. Terkadang piring terlihat mengkilap, namun sebenarnya masih licin karena lemak dan dan minyak masih menempel sehingga menyebabkan bau amis jika tidak dicuci dengan benar. Oleh karena itu, ada beberapa langkah dan urutan yang perlu Anda perhatikan agar piring, gelas, dan sendok-garpu Anda bersih sempurna.

    Mulailah menyortir alat makan

    Pisahkan alat makan kotor sesuai fungsinya. Pertama-tama, mulailah dengan mencuci gelas, cangkir, dan botol-botol minuman karena perlengkapan makan ini lebih mudah untuk dibersihkan. Setelah itu, mulailah mencuci peralatan dapur seperti sendok, spatula, dan garpu. Lalu, singkirkan semua sisa makanan agar tidak membuat wastafel tersumbat.

    Sediakan wadah

    Meski kelihatannya merepotkan, cara ini sebenarnya membantu Anda untuk menyusun perlengkapan dapur dengan cepat. Akan lebih mudah jika dapur dilengkapi dengan wastafel. Sediakan dua wadah, yang satu untuk cairan deterjen, kedua untuk menaruh piring bersih. Namun, jika Anda tidak memiliki wastafel, sebaiknya sediakan empat wadah. Yang pertama untuk cairan deterjen, lalu untuk membilas, mencuci, dan menaruh piring bersih. Cukup isi ember bilasan sampai setengah saja untuk menghindari terbuangnya air bersih.

    Cara mencuci piring

    Para ibu paling tidak suka jika piring atau gelasnya meninggalkan bau deterjen yang menempel pada makanan. Bahkan parahnya, bau amis bisa tercium jika Anda tidak mencucinya dengan benar. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya larutkan cairan deterjen dengan air panas. Cara ini dapat membuat deterjen lebih mudah dibersihkan saat Anda sudah masuk dalam proses membilas. Pilihan lainnya, Anda bisa mencampur larutan pencuci piring dengan jeruk nipis karena buah ini memiliki kemampuan membersihkan secara maksimal tanpa meninggalkan aroma sabun serta mampu meghilangkan bau amis.

    Noda pada panci dan penggorengan

    Jangan menggosoknya dengan sikat atau pembersih yang terbuat dari metal karena akan merusak lapisan anti lengket pada panci atau wajan. Gunakan spons dengan bagian permukaan yang kasar untuk membersihkannya. Sabun atau spons metal bisa Anda gunakan untuk membersihkan wadah hidangan makanan dari kaca. Anda juga bisa menggunakannya untuk wadah makanan yang terbuat dari metal.

    Langsung taruh di rak

    Setelah semua peralatan bersih dan kering, segera tempatkan di rak atau lemari penyimpanan perabotan. Jangan biarkan terlalu lama dekat tempat cuci piring karena bisa membuat kuman-kuman kembali menempel pada permukaan gelas atau piring. Pastikan untuk meletakkan rak piring di tempat yang terhindari dari debu dan kotoran lainnya.

    Ruparupa menjual peralatan makan dengan berbagai macam pilihan produk yang berkualitas.