Ini 3 Jenis Warna Lampu yang Baik untuk Tidur

0
469
warna lampu untuk tidur

Memilih lampu untuk kamar tidur perlu dilakukan dengan cermat. Sebab, ada beberapa warna cahaya lampu yang dapat mengganggu kualitas tidur kamu.

Melansir dari Healthline, siklus tidur alami tubuh dipengaruhi oleh hormon melatonin. Nah, reseptor pada indera penglihatan kita akan mengirimkan informasi ke otak dan memengaruhi produksi hormon melatonin tersebut.

Ruparupa Banner

Berdasarkan jurnal penelitian Blocking Nocturnal Blue Light for Insomnia: A Randomized Controlled Trial, reseptor pada indera penglihatan ini cukup sensitif terhadap cahaya dengan panjang gelombang 450-480 nm, yang dilihat oleh kebanyakan orang sebagai warna biru.

Untuk itulah, lampu dengan warna-warna hangat lebih direkomendasikan sebagai lampu tidur. Soalnya, warna lampu ini akan membantu kamu jadi lebih cepat tidur.

Lantas, Warna Lampu Apa Saja yang Dapat Membantu Kita untuk Tidur?

Ada beberapa pilihan warna yang dapat membantu tidur kamu jadi lebih nyenyak, seperti berikut ini.

1. Warna Lampu Merah

Merah merupakan warna cahaya terbaik yang dapat meningkatkan produksi hormon melatonin. Pada tahun 2012, para peneliti melakukan studi mengengai pengaruh warna cahaya merah terhadap kualitas tidur 20 pemain basket wanita.

Baca Juga:   Apa Bedanya Lampu Kuning dan Lampu Putih Buat di Rumah?

Setelah 14 hari, peneliti menemukan bahwa peserta yang menerima terapi cahaya merah mengalami peningkatan kualitas tidur dan hormon melatonin secara signifikan daripada yang tidak. Namun, kamu perlu memilih lampu warna merah dengan pencahayaan yang redup.

2. Amber

Warna amber merupakan warna di antara kuning dan oranye. Warna ini mampu membuat kita merasa lebih tenang dan meningkatkan sekresi melatonin. Tentunya, hal ini akan berdampak baik pada kondisi mood dan kesehatan mental kamu.

3. Pink

Secara teknis, pink merupakan perpaduan antara warna ungu dan merah yang tergolong sebagai warna hangat. Jadi, jika kamu menginginkan penerangan yang agak lembut di malam hari, kamu bisa mencoba warna lampu pink.

Rekomendasi Lampu Tidur Terbaik 

Nah, sekarang kamu telah mengetahui warna lampu terbaik untuk tidur. Kami juga sudah menyiapkan berbagai rekomendasi lampu tidur untuk membantu istirahat kamu jadi lebih berkualitas, seperti berikut ini.

1. Lampu Tidur 7 Warna

Jenis lampu tidur ini mempunyai 7 pilihan warna cahaya dan tingkat kecerahan yang bisa kamu atur sesuai kebutuhan. Selain itu, lampu tidur ini juga mempunyai desain yang lucu dan menarik sehingga cocok untuk anak-anak dan orang dewasa.

Lampu ini terbuat dari  bahan yang bebas BPA. Jadi, lebih aman untuk kesehatan

lampu tidur ayam
Lampu Tidur 7 Warna Chicken – Putih/kuning
Lampu tidur meja dengan karakter ayam yang menggemaskan.

Beli di sini

lampu tidur kelinci
Lampu Tidur 7 Warna Rabbit – Putih
Terbuat dari bahan yang bebas BPA.

Beli di sini

lampu tidur karakter babi
Informa Lampu Tidur 7 Warna Pig – Putih/pink
Lampu rechargeable yang bisa kamu pakai kapan saja.

Beli di sini

lampu tidur hedgehog
Lampu Tidur 7 Warna Hedgehog – Putih
Lampu 7 warna untuk tidur semakin nyaman.

Beli di sini

2. Lampu Dimmable

Lampu dimmable mempunyai cahaya yang temaram dan kamu bisa mengatur tingkat penerangan sesuai keinginan. Model lampu satu ini juga rechargeable dengan waktu pemakaian hingga 3 jam, lho!

Baca Juga:   5 Tips Memilih Lemari Baju Untuk Kamar Sempit

Daya listriknya pun cukup hemat hanya sektar 0.5 watt. Nah, berikut pilihan model lampu dimmable yang bisa kamu gunakan.

lampu dimmable
Eglare Lampu Tidur Jamur Dimmable – Putih
Cahaya lampu dapat kamu atur sesuai kebutuhan.

Beli di sini

lampu tidur dimmable kuning
Eglare Lampu Tidur Jamur Dimmable – Kuning
Memiliki bentuk emoticon yang lucu.

Beli di sini

3. Lampu Tidur dengan Jam

Model lampu satu ini memiliki fitur jam alarm yang punya suara nyaring. Selain itu, lampu tidur ini punya 3 tingkat kecerahan warna yang bisa kamu atur. Modelnya yang menggemaskan juga bisa meningkatkan aksen dekorasi ruangan, lho.

lampu dengan jam
Jam Weker Digital Penguin Dengan Lampu Tidur – Putih
Lampu malam portabel dengan jam weker yang cocok sebagai hiasan ruang.

Beli di sini

4. Lampu LED dengan Sensor Cahaya

Lampu LED dengan sensor cahaya cocok buat kamu yang tidak bisa tidur gelap ataupun dengan cahaya yang terlalu terang. Model lampu satu ini mempunyai fitur auto on/off dengan daya listrik sebesar 0,06 watt sehingga lebih hemat energi.

lampu sensor cahaya
Krisbow Lampu Tidur Led Sensor Cahaya – Orange
Lampu LED ini memiliki fitur auto on/off dan sensor cahaya.

Beli di sini

lampu LED pink
Moztec Lampu Tidur Led Sensor Cahaya – Pink
Lampu ini dapat hidup ketika keadaan gelap dan mati ketika terang secara otomatis.

Beli di sini

Kamu juga bisa mengunjungi ruparupa.com untuk menemukan berbagai model lampu tidur dan dekorasi kamar lainnya, seperti berikut ini.

table lamp
Cyra Lampu Meja Ap240 – Biru
Lampu meja modern minimalis untuk dekorasi kamar tidur.

Beli di sini

wall clock
Jam Dinding 29 Cm 6984 – Mint
Jam dinding bernuansa pastel dengan desain yang modern dan menawan.

Beli di sini

Temukan berbagai perabot kamar estetik serba pastel di sini

Situs belanja ruparupa.com juga menawarkan beragam peralatan dan perabot rumah tangga berkualitas dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi. Yuk, belanja sekarang!