Kapan Waktu yang Tepat untuk Mencuci Pakaian?

0
611
waktu tepat mencuci pakaian
Sumber: unsplash.com

Tahukah kamu kalau ternyata tidak semua pakaian bisa dicuci dengan cara yang sama, lho. Tentu, waktu mencuci pakaian dari setiap bahan juga bisa berbeda-beda.

Ada jenis pakaian yang mudah rusak jika terlalu sering dicuci, seperti jeans, sweater, dan celana katun. Namun, ada juga yang perlu rutin dicuci, seperti pakaian dalam. 

Ruparupa Banner

Pastinya kamu tidak mau ‘kan kalau pakaian kesayangan jadi cepat rusak karena kesalahan dalam cara pencuciannya? Kalau begitu, kapan waktu mencuci pakaian yang tepat? Apa saja yang harus diperhatikan saat mencuci baju?

Jenis Pakaian dan Waktu Mencucinya

Untuk menjawab kebingungan kamu tersebut, kali ini kami akan membahas satu persatu waktu mencuci pakaian yang tepat sesuai jenisnya. Simak berikut, yuk. 

1. Pakaian dalam

Pakaian dalam pasti kita gunakan setiap harinya. Nah, untuk celana dalam, kamu perlu mencucinya setelah satu kali penggunaan. Hal ini dikarenakan banyaknya bakteri dari alat vital yang bersentuhan dengan permukaan celana dalam. 

Namun, berbeda dengan bra wanita. Biasanya, banyak wanita yang langsung mencuci bra mereka setelah satu kali penggunaan. Padahal, sebenarnya hal tersebut kurang dianjurkan karena justru bisa merusak bahan dari bra tersebut. Untuk itu, lebih baik cuci bra setelah tiga atau empat kali penggunaan.

Berbeda halnya dengan orang yang mudah berkeringat, kamu tetap perlu mencuci bra setiap hari setelah satu kali penggunaan ya, Ruppers.

Baca Juga:   6 Cara Membersihkan Wadah Plastik yang Berminyak
waktu mencuci pakaian dalam
Sumber: unsplash.com

2. Jeans

Setiap orang pasti memiliki jeans di dalam lemarinya. Nah, kalau kamu termasuk suka menggunakan jeans, hindari mencucinya terlalu sering.

Soalnya, bahan satu ini lebih tahan terhadap kotoran meski kamu gunakan berkali-kali. Selain itu, mencucinya terlalu sering bisa membuat warnanya jadi pudar dan berkerut. Cukup cuci jeans cuci setelah empat atau lima kali pemakaian.

Saat mencuci jeans, pastikan kamu membalik jeans tersebut dan gunakan air dingin. Lalu, keringkan di bawah sinar matahari yang tidak terlalu menyengat. 

waktu mencuci pakaian jeans
Sumber: unsplash.com

3. Kaos dan tanktop

Sama seperti pakaian dalam, kaos dan tanktop harus segera kamu cuci setelah satu kali penggunaan. Biasanya, bahan kaos dan tantop tidak menyerap keringat. Inilah yang bisa membuat pakaian jadi bau.

Untuk mencucinya, kamu bisa langsung memasukkannya di mesin cuci. Lalu, berikan detergen dan  pewangi secukupnya. 

waktu mencuci pakaian kaos
Sumber: unsplash.com

 

4. Baju tidur

Saat pergi berlibur, pasti kita  hanya satu setel baju tidur untuk digunakan beberapa malam, bukan? Wajar saja karena kita sering berpikir kalau baju tidur tidak akan kotor. Apalagi, bila kita hanya menggunakanya saat tidur. 

Namun, ternyata bahan baju tidur juga tidak dapat menyerap keringat dengan baik, lho. Walaupun begitu, kamu bisa mencucinya setelah tiga kali penggunaan. 

waktu mencuci pakaian
Sumber: unsplash.com

 

5. Celana katun, khaki, dan celana pendek

Banyak orang yang suka menggunakan celana bahan katun dan khaki untuk beraktivitas karena lebih nyaman. Sedangkan ketika waktu santai, celana pendek jadi pakaian favorit yang digunakan.

Nah, untuk ketiga jenis pakaian ini, kamu bisa mencucinya setelah dua atau tiga kali pemakaian ya, Ruppers. Hindari untuk terlalu sering mencucinya agar warnanya tidak cepat pudar. 

Baca Juga:   Cuci Lebih Maksimal dengan 8 Barang
waktu mencuci pakaian celana katun
Sumber: unsplash.com

 

6. Sweater

Biasanya, sweater akan kita gunakan bersama dengan kaos atau tanktop di bagian dalamnya. Nah, biasanya sweater tidak akan terlalu menyerap keringat tubuh. Jadi, kamu bisa mencucinya setelah 2-3 kali pemakaian.

Namun, saat menjemurnya, pastikan untuk tidak menggantung sweater pada hanger. Hal  ini dapat membuat sweater cepat melar dan mengubah pola rajutannya. 

waktu mencuci pakaian sweater
Sumber: unsplash.com

 

7. Jaket dan blazer

Jaket dan blazer juga sering kita gunakan untuk beraktivitas. Biasanya, pakaian ini kita gunakan sebagai luaran kaos sehingga tidak langsung menyerap keringat tubuh.

Oleh karena itu, kamu bisa mencucinya setelah lima sampai enam kali penggunaan. Namun, pastikan mengeringkannya dengan sempurna  agar jaket atau blazer tidak berjamur atau bau ya, Ruppers.

waktu mencuci pakaian blazer
Sumber: unsplash.com

Itu dia waktu yang tepat untuk mencuci berbagai jenis pakaian. Jadinya, pakaian kamu bisa lebih awet dan tahan lama.

Selain mencuci baju dengan tangan, kamu juga bisa memakai mesin cuci agar lebih praktis.

Nah, jika sedang mencari berbagai perlengkapan untuk mencuci baju, seperti mesin cuci, papan pencuci, kantung cuci pakaian, dan lain-lain, kami punya rekomendasinya seperti berikut ini.

Lg Mesin Cuci Front Loading 7 Kg - Putih
Lg Mesin Cuci Front Loading 7 Kg – Putih

Beli di sini

Bagus Sikat Pakaian W-20930
Bagus Sikat Pakaian W-20930

Beli di sini

Keyway Papan Pencuci 43.5 X 25 X 5cm - Biru
Keyway Papan Pencuci 43.5 X 25 X 5cm – Biru

Beli di sini

Kantung Cuci Pakaian Dalam
Kantung Cuci Pakaian Dalam

Beli di sini

Temukan perlengkapan mencuci pakaian terbaik dengan klik di sini

Melalui ruparupa.com, kamu juga bisa menemukan berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain. 

Yuk, pastikan baju di rumah tetap bersih dan wangi karena #BerawalDariRumah hari baru akan terasa lebih indah.