12 Urutan Shio Beserta Sifat dan Kecocokannya

0
133368
12 urutan shio

Bagi orang Tionghoa, penggunaan astrologi Cina, yang dikenal dengan sebutan shio, masih sangat kental. Umumnya, ada 12 urutan shio berdasarkan tahun lahir yang memiliki simbol berbagai jenis hewan. Nah, ramalan shio ini ternyata dapat menentukan karakteristik seseorang. Tidak heran bila banyak orang menggunakan shio untuk melihat kecocokannya dengan pasangan. 

Sifat 12 Urutan Shio dan Pasangan yang Cocok

Berikut 12 karakter shio dan pasangan yang cocok, serta keberuntungannya.

1. Tikus (Rat) : 1960, 1972, 1984, 1996, 2008. 2020

Pada urutan shio pertama adalah tikus. Shio tikus termasuk golongan yin dengan elemen air. Biasanya, orang dengan shio tikus ini dikenal ceria, cerdas, dan juga memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi.

Dalam hal kecerdasan, shio tikus dapat dengan mudah memahami suatu kondisi atau permasalahan yang ada. Karakternya yang ceria pun bisa membuat orang-orang disekitarnya menjadi lebih bahagia dan tertarik padanya. Inilah yang membuatnya punya banyak teman. Shio tikus juga merupakan sosok yang bertanggung jawab pada pekerjaannya.

Namun, shio tikus ternyata memiliki kekurangan, yaitu mereka sangat perhitungan terhadap setiap hal dan selalu memikirkan keuntungan bagi dirinya. Mereka juga adalah orang yang pemarah, suka merasa tidak tenang,dan tidak suka dinasehati orang lain

Pasangan yang cocok: Shio monyet dan naga.

2. Kerbau (Ox) : 1961, 1973, 1985, 1997, 2009, 2021

Urutan shio yang kedua adalah kerbau. Shio ini juga termasuk ke dalam golongan yin dengan elemen tanah. Karakteristik orang dengan shio ini adalah dapat dipercayai dan dikenal pasti bisa menepati janjinya. Mereka juga punya sifat tidak suka mengecewakan orang lain. Selain itu, orang dengan shio kerbau dikenal berbakti kepada orang tua.

Kelebihan lainnya dari shio kerbau, antara lain orang yang rajin dan berani, serta memiliki semangat yang tinggi dalam bekerja. Mereka dikenal pintar menghadapi berbagai cobaan dalam kehidupan ini, termasuk saat sedang kesulitan. 

Kekurangan dari shio kerbau adalah mereka terlalu suka mengatur sehingga terkadang membuat orang lain risih dan terpaksa harus mendengarkan omongan mereka. Shio ini juga dikenal keras kepala dan sulit menjalin komunikasi dengan orang lain.

Pasangan yang cocok: Shio ayam dan  ular

3. Macan (Tiger) : 1962, 1974, 1986, 1998, 2010, 2022

Selanjutnya, di urutan ketiga ada shio macan. Shio ini termasuk ke dalam golongan  dengan elemen kayu. Karakteristik orang dengan shio macan adalah serius dan teliti. Mereka tidak pernah bermain-main ataupun ceroboh saat mengerjakan sesuatu. 

Shio macan juga dikenal sebagai orang yang jujur dan penyayang. Mereka selalu apa adanya dan suka menolong orang lain. Inilah yang membuatnya disukai banyak orang. Selain itu,  karakter shio macan yang paling menginspirasi banyak orang adalah sifatnya yang ambisius. Ia akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, tanpa kenal rasa takut. 

Di sisi lain, shio macan memiliki banyak kekurangan, antara lain  mudah curiga terhadap orang lain. Inilah yang membuat mereka mudah salah langkah. Shio ini juga keras kepala karena tidak mau menerima perintah, kritik dan saran dari orang lain. Mereka juga sosok yang sombong dan sering meremehkan pendapat orang lain. Hal inilah yang sering membuat orang-orang berpaling menjadi tidak menyukai mereka.

Pasangan yang cocok: Shio kuda, babi, anjing

4. Kelinci (Rabbit) : 1963, 1975, 1987, 1999, 2011, 2023

Urutan shio keempat adalah kelinci. Shio kelinci termasuk golongan yin dengan elemen kayu. Karakteristik shio ini adalah lemah lembut, tidak mudah marah, dan tidak suka berdekat dengan orang lain. Shio kelinci dikenal sangat perhatian dan sopan sehingga banyak orang yang nyaman berteman dengan mereka. 

Namun, shio kelinci memiliki kekurangan, yaitu mereka tidak punya prinsip dan selalu ragu-ragu saat akan membuat keputusan. Mereka juga mudah menyerah dan setengah-setengah dalam melakukan pekerjaan. Shio ini juga tidak percaya diri, apalagi jika berhadapan dengan orang asing. 

Pasangan yang cocok: Shio anjing, babi, kambing

5. Naga (Dragon) : 1964, 1976, 1988, 2000, 2012, 2024

Di urutan kelima adalah shio naga. Shio ini termasuk golongan yang dengan elemen tanah. Karakteristik orang dengan shio ini adalah setia, baik kepada pasangan maupun temannya. Shio naga juga kompeten dalam pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya. Mereka dikenal telaten dalam mengasah kemampuannya agar bisa sukses. 

Di sisi lain, shio naga juga memiliki sifat yang dapat merugikan mereka, yaitu mereka mudah percaya dengan omongan orang lain. Hal ini membuat mereka suka tidak waspada terhadap setiap orang sehingga mudah dibohongi. 

Baca Juga:   15 Desain Jam Dinding Unik Sesuai Kepribadian!

Pasangan yang cocok: Shio tikus, monyet, macan

6. Ular (Snake) : 1965, 1977, 1989, 2001, 2013, 2025

Urutan shio keenam adalah ular. Shio ini termasuk golongan yin dengan elemen api. Karakteristik shio ini adalah menawan dan memukau sehingga seringkali menjadi perhatian banyak orang. Shio ular juga sosok yang suka membantu orang lain. Inilah yang membuatnya  memiliki banyak teman. 

Namun, shio ular memiliki sifat buruk, yaitu bermuka dua. Mereka memiliki penampilan yang dapat menipu orang lain. Selain itu, mereka suka  berpikiran negatif terhadap orang lain. Shio ular juga merupakan orang yang sangat posesif, terlebih kepada pasangan mereka. 

Pasangan yang cocok: Shio monyet, kerbau, ayam

7. Kuda (Horse) : 1966, 1978, 1990, 2002, 2014, 2026

Selanjutnya, pada urutan ketujuh ada shio kuda. Shio ini termasuk golongan dengan elemen api. Karakteristik shio ini adalah memiliki sifat yang ceria sehingga mudah bergaul dan memiliki banyak teman. Mereka juga dikenal humoris dan dapat menghibur banyak orang. Selain itu, orang dengan shio kuda punya sifat penyabar dan pemaaf kepada orang yang pernah menyakiti mereka. 

Namun, sifat buruk dari shio kuda adalah mereka selalu terburu-buru saat melakukan sesuatu sehingga membuat mereka suka mengabaikan nasihat orang lain. 

Pasangan yang cocok: Shio kambing, anjing, macan

8. Kambing (Sheep) : 1967, 1979, 1991, 2003, 2015, 2027

Urutan shio kedelapan adalah kambing. Shio ini termasuk dalam golongan yin dengan elemen tanah. Karakteristik shio ini adalah tidak suka pamer. Mereka juga lebih mencintai kedamaian dan mau mengalah. Shio kambing merupakan sosok yang sangat perhatian dan merupakan pendengar yang baik bagi orang sekitarnya. 

Sayangnya, shio kambing memiliki sifat buruk yang dapat membuat karakteristik baiknya menjadi hilang, yaitu mereka suka ikut-ikutan apa yang dilakukan orang lain. Mereka dikenal sebagai sosok yang tidak mau ketinggalan tren kekinian.

Pasangan yang cocok: Shio babi, kuda, kelinci

9. Monyet (Monkey) : 1968, 1980, 1992, 2004, 2016

Pada urutan kesembilan ada shio monyet. Shio ini termasuk golongan yang dengan elemen logam. Karakteristik shio monyet adalah  humoris dan dapat menghibur orang lain. Mereka juga dikenal sebagai sosok yang pemaaf. 

Namun, kekurangan dari shio ini adalah mereka kurang tekun dan tidak suka bersemangat dalam mengerjakan sesuatu. Mereka juga dikenal sebagai orang yang merepotkan karena suka menginginkan sesuatu tanpa mau berusaha. Selain itu, mereka suka menuntut orang lain yang untuk memenuhinya.

Pasangan yang cocok: Shio naga dan tikus

10. Ayam (Rooster) : 1969, 1981, 1993, 2005, 2017

Urutan kesepuluh adalah shio ayam. Shio ini termasuk golongan yang dengan elemen logam. Karakteristik shio ayam dikenal sebagai sosok yang modis dan selalu memperhatikan penampilan. Mereka juga memiliki sifat perfeksionis dan selalu ingin melakukan sesuatu dengan sempurna. Karakter lainnya yang disukai dari shio ayam adalah baik hati dan selalu tulus ketika membantu orang yang mengalami kesulitan.

Kekurangan dari shio ayam adalah mereka mudah marah, terlebih saat orang mengomentari penampilan mereka. Shio ayam juga orang yang egois sehingga dapat membuat orang-orang menjauhinya. 

Pasangan yang cocok: Shio ular dan kerbau

11. Anjing (Dog) : 1958, 1970, 1982, 1994, 2006, 2018

Pada urutan kesebelas ada shio anjing. Shio ini termasuk golongan yang dengan elemen tanah. Karakteristik shio ini adalah mereka menjunjung tinggi keadilan. Shio anjing juga selalu berkata jujur sehingga banyak orang yang menyukainya. Selain itu, mereka juga memiliki insting yang kuat. Inilah yang membuat mereka dapat menentukan rasa benar atau salah. Shio anjing juga tidak menyukai situasi yang tidak pasti. 

Kekurangan dari shio anjing adalah mereka kurang dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan. Shio anjing juga termasuk sosok yang keras kepala dan tidak memiliki inisiatif. Hal inilah yang dapat membuat orang-orang menjauhi shio anjing.

Pasangan yang cocok: kuda, macan, kelinci

12. Babi (Pig) : 1959, 1971, 1983, 1995, 2007, 2019

Pada urutan terakhir ada shio babi. Shio ini termasuk dalam golongan yin dengan elemen air. Karakteristik shio ini adalah jujur dan selalu menepati janjinya. Mereka juga sosok yang mau berkomitmen dan dikenal sederhana. Banyak orang yang suka dengan shio babi karena mereka termasuk orang yang bijaksana, cerdas, dan pekerja keras. 

Walau begitu, shio babi juga memiliki kekurangan, yaitu mereka sering bersifat sombong dan keras kepala. Hal inilah yang dapat menjatuhkan mereka dan membuat banyak orang jadi meninggalkannya. 

Baca Juga:   Ini Dia 5 Shio yang Beruntung di Tahun 2023!

Pasangan yang cocok: Shio kambing, macan, kelinci

Itu dia 12 urutan shio berdasarkan tahun lahir, beserta sifat dan pasangan yang cocok untuk mereka. Apakah sesuai dengan Anda? 

Nah, Anda dapat menemukan berbagai dekorasi rumah lucu yang sesuai dengan shio Anda hanya di Ruparupa.com, loh! Berikut beberapa rekomendasi produk yang dapat kamu beli: 

urutan shio
Set Keranjang Penyimpanan Ayam 2 Pcs beli di Ruparupa.com

Beli di sini

urutan shio
Arthome Bantal Leher Babi beli di Ruparupa.com

Beli di sini

urutan shio
Umbra Kotak Perhiasan Kelinci beli di Ruparupa.com

Beli di sini

 

Yuk, belanja perabot rumah tangga hanya di ruparupa dan dapatkan berbagai penawaran menarik. Temukan kategori terbaik ruparupa atau produk incaranmu dari list kategori di bawah ini:

17. Top Kategori Perlengkapan Kamar & Mandi

Tempat Tidur | Matras | Kasur | Spring Bed | Bed Cover | Bantal | Bantal Alas Duduk | Sprei | Karpet | Permadani | Kursi Teras | Kursi Santai | Kursi Taman | Aksesoris Kamar Mandi | Dipan | Keran Air | Shower