5 Tips Memilih Ukuran Sofa yang Tepat Agar Tidak Sempit

0
2361
ukuran sofa

Apakah kamu sedang ingin membeli sofa baru, tapi bingung memilih yang mana? Bila ya, tenang, kali ini kami punya beberapa ukuran, model, dan tips membeli sofa yang tepat.

Apalagi, setiap furnitur pasti mempunyai ukuran standarnya masing-masing. Sayangnya, kita sering lupa akan hal ini saat membeli perabot, teramsuk sofa.

Ruparupa Banner

Padahal, salah dalam memilih ukuran sofa dapat mengganggu kenyamanan dan aktivitas sehari-hari. Tidak hanya itu, sofa yang terlalu besar akan mengganggu ruang gerak. Sedangkan sofa yang terlalu kecil, bisa membuat kamu berasa kesempitan saat duduk.

Lantas, Apa Saja Ukuran Sofa Pada Umumnya?

Secara umum, sofa terbagi menjadi sofa single, sofa 2 seater, sofa 3 seater, dan sofa bentuk L. Tentu, setiap sofa ini mempunyai ukuran yang berbeda-beda, seperti berikut ini.

1. Sofa Single

Sofa single atau sofa satu dudukan merupakan ukuran terkecil yang hanya bisa diduduki oleh satu orang. Biasanya, ukuran sofa single punya panjang 75-110 cm, kedalaman 70-90 cm, dan tinggi 80-110 cm.

Selain cocok untuk ruangan mungil, sofa single bisa kamu gunakan sebagai dekorasi pada sudut ruangan, termasuk kamar tidur.

sofa single
Lexxy Sofa Kulit 1 Dudukan – Hitam/ Merah
Sofa ini terbuat dari rangka kayu solid dengan bantalan dan dudukan yang empuk sehingga nyaman saat digunakan.

Cek di sini

2. Sofa 2 Seater

Sofa 2 dudukan atau sofa loveseat cocok untuk ruangan berukuran sekitar 2×2 m. Umumnya, jenis sofa satu ini memiliki ukuran panjang kurang lebih 130-180 cm, kedalaman 72-95 cm, dan tinggi 65-110 cm.

sofa 2 seater
Barton Sofa Fabric 2 Dudukan – Cokelat Muda
Sofa dengan desain minimalis yang dapat diduduki oleh 2-3 orang dengan dudukan yang empuk.

Cek di sini

3. Sofa 3 Seater

Punya ruangan yang cukup luas dan anggota keluarga di rumah lebih dari 2 orang? Bila ya, maka sofa 3 seater bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu.

Baca Juga:   Rekomendasi Sofa Recliner untuk Ruangan Tamu Sempit

Secara umum, ukuran sofa 3 dudukan punya panjang sekitar 180-254 cm, kedalaman 75-100 cm, dan tinggi 85-110 cm.

sofa 3 dudukan
Barton Sofa Fabric 3 Dudukan – Cokelat Muda
Sofa dengan rangka yang kuat dan kokoh muat hingga 3-4 orang.

Cek di sini

4. Sofa L

Sofa L adalah kombinasi antara sofa recliner, sofa 2 dudukan atau 3 dudukan, yang membentuk sudut L. Biasanya, model sofa ini bisa diduduki oleh 3-4 orang. Jadi, cocok digunakan bila kamu mempunyai anggota keluarga yang banyak dan ruangan cukup luas.

Sofa L mempunyai ukuran panjang kurang lebih 200-286 cm, kedalaman 139-186 cm, dan tinggi mencapai 83-110 cm.

sofa sectional
Logan Sofa Sectional Fabric – Krem
Sofa sectional dengan kualitas bantalan yang tahan lama dan sofa panjang yang dapat diatur posisinya.

Cek di sini

5. Sofa Bed

Model sofa yang bisa dijadikan tempat tidur ini punya ukuran cukup beragam. Namun, umumnya sofa bed punya panjang 130-200 cm, dengan lebar kedalaman sekitar 50-60 cm. Ketika dibuka menjadi ranjang, ukuran lebar sofa bed bisa mencapai 100-150 cm.

Jadi, saat memilih sofa bed, pastikan kamu memiliki ukuran ruangan yang cukup besar untuk menjadi ranjang. Berikut rekomendasi sofa bed yang bisa jadi pilihan buat kamu.

Geneva Sofa Tidur Fabric – Merah

Cek di sini

Lalu, Bagaimana Cara Memilih Sofa yang Tepat?

Sekarang kamu sudah tahu ‘kan apa saja ukuran-ukuran sofa sesuai dengan jenisnya. Nah, kalau kamu bingung untuk menentukan model sofa yang tepat buat di rumah, kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Ketahui Luas Ruangan

Agar sofa tidak kebesaran dan kekecilan, pastikan kamu mengetahui luas ruang tamu atau ruang keluarga terlebih dahulu. Misalnya, untuk ruangan berukuran 2×2 meter, kamu bisa memilih sofa single atau sofa 2 seater.

Kemudian, kamu bisa memilih sofa 3 seater untuk ruangan berukuran 3×3 meter dan sofa L untuk ruangan luas ukuran 5×5 meter ke atas.

2. Perhatikan Ruang Untuk Lalu-Lalang

Setelah memastikan bahwa ukuran sofa yang kamu pilih sesuai dengan luas ruangan, kini kamu perlu memperhatikan kemudahan saat bergerak. Hindari membeli ukuran sofa yang dapat menganggu ruang gerak kamu. Tentu, sofa ini bisa membuat sempit ruangan.

Baca Juga:   3 Cara Merawat Karpet Sintetis Agar Tahan Lama

3. Perhatikan Bahan Sofa

Umumnya, material sofa terdiri dari dua jenis, yaitu kulit dan kain. Tentunya, sofa kulit dan sofa kain punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Sofa kulit terlihat lebih elegan dan tahan lama. Namun, perawatan sofa kulit lebih sulit daripada sofa kain.

Sedangkan sofa kain, mempunyai warna yang lebih bervariasi dan tidak mudah menimbulkan bekas goresan. Jadi, aman digunakan bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan.

Nah, berikut adalah rekomendasi sofa kain dan sofa kulit terbaik yang sudah kami siapkan.

bahan fabric
Ashley Tibbee Sofa Fabric 3 Dudukan – Abu-abu
Terbuat dari material kain berkualitas sehingga lebih tahan lama.

Cek di sini

bahan kulit
Selma Berwick Sofa Sectional Kulit – Cokelat
Sofa L berbahan kulit untuk ciptakan suasana bersantai di ruang keluarga.

Cek di sini

4. Pilih Model Sofa yang Sesuai dengan Gaya Ruangan

Supaya ruangan terlihat harmonis, kamu perlu cermat dalam memilih furnitur yang sesuai. Bila kamu ingin menciptakan ruang tamu ala Japandi, maka kamu bisa memilih sofa  abu-abu dengan desain minimalis.

Namun, kalau kamu suka ruangan bergaya Bohemian, pilih warna terang dan bercorak agar tampak lebih estetik. Ini dia rekomendasi sofa ala Japandi dan Bohemian yang bisa kamu pilih.

sofa bergaya bohemian
Monstera Sofa Tidur Fabric – Hijau
Hadirkan sofa tidur bergaya bohemian untuk mempercantik ruang tamu.

Beli di sini

sofa ala Japandi
Maine Sofa Tidur Fabric – Abu-abu
Sofa tidur multifungsi untuk ciptakan ruang bergaya Japandi.

Beli di sini

5. Pilih Sofa dengan Rangka yang Kuat

Terakhir, kamu perlu memperhatikan kualitas dan kekokohan rangka sofa sebelum membelinya. Jika tidak, bisa-bisa sofa malah jadi cepat rusak. Tentu, kamu tidak mau mengeluarkan biaya lebih untuk membeli sofa baru terus-menerus, ‘kan?

Nah, itu dia ukuran-ukuran sofa dan tips memilih sofa yang tepat. Kalau kamu sedang mencari sofa berkualitas dengan penawaran terbaik, kamu bisa langsung mengunjungi ruparupa.com.

Temukan berbagai model sofa hemat hingga 60% klik di sini

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai perlengkapan dan perabot rumah tangga lengkap, mulai dari lemari hingga penjernih udara.

Tentu, seluruh furnitur ini berasal dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi. Yuk, kunjungi ruparupa.com sekarang dan temukan berbagai penawaran menarik lainnya.

#BerawalDariRumah yang nyaman, kita jadi lebih bersemangat menjalani hari-hari.