14 Tradisi Natal untuk Memeriahkan Suasana Bersama Keluarga

0
652
Kado-natal
Source: Pixabay

Setiap tanggal 25 Desember, umat kristiani merayakan Natal sebagai hari kelahiran Yesus Kristus. Namun, saat ini perayaan Natal telah menjadi tradisi yang membawa kebahagiaan tersendiri.

Promo 12 12 Ruparupa

Tentunya, kita akan bosan dengan tradisi yang sama setiap tahunnya. Tenang, Anda dapat mencoba ide tradisi berikut ini.

Berbagai tradisi natal yang seru dilakukan bersama anggota keluarga

Berikut beberapa ide-ide tradisi yang dapat Anda lakukan bersama anggota keluarga saat memperingati hari lahirnya Yesus Kristus

1. Hide and seek

Kado-natal
Source: Pixabay

Salah satu hal yang disukai anak-anak dari perayaan Natal adalah mendapatkan kado favorit mereka. Agar membuat momen ini semakin berkesan, Anda bisa mengajak buah hati untuk mencari hadiah yang telah disembunyikan.

Anda bisa menyembunyikan hadiah berupa mainan kecil dan permen, baik di dalam laci penyimpanan atau menggantungnya pada pohon natal. Meskipun sederhana, cara ini dapat memberikan kebahagiaan tersendiri buat anak-anak.

2. Memasang pohon natal bersama

pohon-natal
Source: Pixabay

Saat bulan Desember tiba, memasang dan menghias pohon Natal sudah menjadi tradisi yang paling ditunggu-tunggu. Pohon ini menggambarkan simbol agar kehidupan rohani kita selalu bertumbuh dan menjadi saksi yang indah bagi orang di sekitar kita.

Ajak seluruh anggota anggota keluarga Anda untuk melakukan aktivitas menyenangkan ini. Karena cara ini juga bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kreativitas pada anak, seperti melatih motorik halus dan membantu mereka belajar berkomunikasi.

3. Menggantung kartu berisi pesan manis

kartu-ucapan-natal
  Sampaikan pesan singkat untuk orang tersayang

Di era modern saat ini, mengirimkan pesan menggunakan kartu jarang dilakukan. Namun, tidak ada salahnya jika sekali-kali Anda kembali menuliskan pesan singkat menggunakan kartu untuk keluarga dan menggantungnya di pohon Natal.

Baca Juga:   13 Resep Kue Natal Paling Favorit dan Populer

Agar pesan yang disampaikan terasa lebih menyentuh, Anda membuat kartu ucapan hasil kreatifitas sendiri, seperti menggunakan kertas warna warni.

4. Beribadah ke Gereja

Perayaan-natal

Rasanya sangat indah jika dapat beribadah bersama keluarga dan teman di momen  berharga ini. Akan tetapi, karena pandemi masih melanda seluruh dunia, banyak gereja yang lebih memilih untuk melakukan ibadah online.

Memang cukup menyedihkan dan akan terasa berbeda, tapi beruntung sudah ada internet yang menghubungkan orang orang di seluruh belahan dunia. Jadi, meskipun tidak bisa bertemu secara langsung, Anda tetap dapat merayakan hari Natal dengan penuh sukacita melalui video call.

5. Maraton Film

Film natal

Menonton film merupakan salah satu aktivitas menyenangkan untuk mengisi malam natal bersama seluruh anggota keluarga.

Ada beberapa pilihan film, seperti Klaus, Angela’s Christmas, Super Monsters Save Christmas, Alien Xmas, The Polar Express, dan sebagainya yang bisa Anda tonton bersama anak-anak.

Supaya nonton makin asyik seperti di bioskop, jangan lupa bikin camilan favorit semua orang, yaitu popcorn. Anda bisa beli mesin pembuat popcorn di sini.

mesin-pembuat-popcon
Nonton film natal paling asyik sambil menikmati popcorn

6. Membuat kue natal

kue-natal

Meriahkan spesial ini dengan hidangan dessert dan kue special. Tidak hanya bisa dinikmati bersama keluarga, Anda bisa menjadikannya sebagai buah tangan untuk teman yang datang berkunjung.

Jika bingung ingin membuat menu makanan yang cocok untuk disajikan, intip resep ini sebagai inspirasinya.

7. Gunakan warna baju senada

Merayakan natal menggunakan baju senada
Sourcee: Piqsel

Saat Natal tiba, akan sangat menyenangkan jika seluruh anggota keluarga mengenakan baju kembaran. Anda bisa memakainya ketika beraktivitas bersama, seperti menyantap makan malam atau saat membuka hadiah bersama. Jangan lupa abadikan momen bahagia ini, ya!

8. Menggantung kaus kaki natal

Kaos kaki natal
Source: piblic domain picture

Menggantung kaos kaki sudah menjadi tradisi turun temurun. Konon, Santa Claus akan meletakan hadiah pada kaos kaki, khusus untuk setiap orang yang berbuat baik. Jangan ragu untuk membuat kaos kaki sendiri agar terlihat lebih unik bersama anak-anak di rumah.

9. Berbagi Hadiah

Berbagi hadiah natal
Source: wonderlust

Ada banyak cara untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Salah satunya adalah memberi hadiah kepada banyak orang, seperti membagikan hadiah untuk anak-anak di panti asuhan atau panti jompo. Meskipun terlihat sederhana, aktivitas ini dapat menjadi tradisi yang membawa nilai positif dari waktu ke waktu.

Baca Juga:   Intip Sejarah Tukar Kado Natal dan Rekomendasinya

10. Membuat playlist lagu natal 

Lagu-natal
Source: crosswalk

Suasana natal akan semakin menyenangkan dengan musik yang melantun indah. Cobalah buat beberapa playlist lagu natal yang disukai banyak orang, seperti White Christmas, Silent Night, First Noel, dan masih banyak lagi.

11. Menghias ruangan dengan berbagai ornamen

Dekorasi-natal
Aplikasikan beberapa dekorasi natlaa untuk memeriahkan suasana

Dekorasi natal terbaik bisa menghadirkan sukacita di hari yang penuh kebahagiaan ini. Gunakan hiasan bernuansa christmas, seperti pajangan Santa Claus, hiasan berbentuk rusa, atau pohon natal kecil, untuk mempercantik rumah Anda. Dapatkan beragam dekorasi unik hanya di Ruparupa.

12. Membuat rumah jahe

Kue jahe natal

Sejak dulu, rumah dari kue jahe sudah digunakan sebagai hiasan natal yang unik. Bahkan, dekorasi ini telah menjadi tradisi selama berabad-abad.

Untuk membuat  cukup mudah sehingga Anda dapat melibatkan anak-anak dalam dalam prosesnya. Namun, jika Anda punya waktu untuk membuatnya sendiri, Anda bisa membelinya di toko kue favorit.

13. Bertukar kado

tradisi natal tukar kado
Source: pixabay

Salah satu tradisi natal yang sering dilakukan adalah bertukar kado dengan anggota keluarga. Tidak hanya untuk memeriahkan suasana natal, tapi acara ini juga bisa membuat kenangan bersama keluarga. Pilih hadiah yang bisa digunakan dalam waktu lama supaya kado Anda jadi lebih berkesan.

14. Makan malam

Tradisi natal
Source: Pixabay

Belum lengkap rasanya jika merayakan hari Natal tanpa adanya kebersamaan keluarga. Apalagi, tradisi bersantap bersama keluarga dapat menjadi momen untuk membangun keakraban, serta berbagi cerita kehidupan sehari-hari.

***

Itulah beberapa tradisi yang dapat dilakukan bersama seluruh anggota keluarga dan kerabat terdekat Anda. Apalagi, kesibukan kita sehari-hari membuat waktu berkumpul keluarga semakin sulit. Jadi, gunakan momen ini sebagai hari berkumpul dan bercerita bersama keluarga.

Namun, suasana Natal belum lengkap tanpa dekorasi yang tepat. Tenang, Anda bisa menemukan beragam hiasan yang unik dan menawan hanya di Ruparupa.com. Dapatkan ornamen natal unggulan dengan harga terbaik. Yuk, belanja sekarang!