14 Tradisi Natal untuk Memeriahkan Suasana Bersama Keluarga

0
4080
tradisi natal
Sumber: unsplash.com

Setiap tanggal 25 Desember, umat kristiani merayakan Natal sebagai hari kelahiran Yesus Kristus. Tidak heran, perayaan hari Natal  menjadi tradisi yang membawa kebahagiaan tersendiri.

Bila kamu bosan dalam melakukan tradisi Natal yang sama setiap tahunnya, kamu bisa mencoba berbagai ide kegiatan lain yang dapat memberikan kesenangan bagi kamu dan anggota keluarga.

Ruparupa Banner

Ide Tradisi Natal Seru Bersama Anggota Keluarga

Berikut beberapa ide  tradisi yang dapat kamu lakukan bersama anggota keluarga saat memperingati hari lahirnya Yesus Kristus.

1. Tradisi Natal Hide and Seek

Salah satu hal yang disukai anak-anak dari perayaan Natal adalah mendapatkan kado favorit mereka. Agar membuat momen ini semakin berkesan, kamu bisa mengajak si kecil untuk mencari hadiah yang telah disembunyikan.

Kamu bisa menyembunyikan hadiah berupa mainan kecil dan permen, baik di dalam laci penyimpanan maupun menggantungnya di pohon natal. 

Kado-natal
Source: Pixabay

2. Menghias Pohon Natal Bersama

Saat bulan Desember tiba, memasang dan menghias pohon Natal sudah menjadi tradisi yang paling ditunggu-tunggu. Pohon ini menggambarkan simbol agar kehidupan rohani kita selalu bertumbuh dan menjadi saksi yang indah bagi orang di sekitar.

Kegiatan ini juga bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kreativitas anak, melatih motorik, dan melatih kemampuan komunikasinya.

pohon-natal
Source: Pixabay

3. Menggantung Kartu Berisi Pesan Manis

Saat ini, mengirimkan pesan dengan kartu memang sudah jarang dilakukan. Namun, tidak ada salahnya jika kamu kembali menuliskan pesan singkat di kartu buat keluarga dan menggantungnya di pohon Natal.

Baca Juga:   7 Rekomendasi Film Natal di Netflix Siap Tayang 2022, Jangan Sampai Terlewatkan
menggantung kartu tradisi natal
Sumber: unsplash.com

4. Beribadah ke Gereja

Beribadah bersama keluarga dan teman di momen Natal tentu menyenangkan. Nah, kamu bisa mengajak mereka untuk melakukan ibadah di gereja terdekat. Lalu, luangkan waktu untuk berkumpul agar semakin dekat.

tradisi natal beribadah bersama
Sumber: unsplash.com

5. Maraton Film

Menonton film merupakan salah satu aktivitas menyenangkan untuk mengisi malam Natal bersama seluruh anggota keluarga. Kamu bisa memilih film bertemakan Natal yang bisa ditonton bareng anak-anak.

banner inspirasi natal

Supaya lebih seru, kamu bisa membuat popcorn dengan mesin berikut ini.

mesin popcorn tradisi natal
Ariete Mesin Pembuat Pop Corn

Beli di sini

mesin pembuat popcorn tradisi natal
Klaz Mesin Pembuat Popcorn 1200w – Merah

Beli di sini

6. Membuat Kue Natal

Kamu bisa memeriahkan Natal dengan membuat hidangan dessert dan kue Natal. Tidak hanya bisa dinikmati bersama keluarga, kamu bisa menjadikannya sebagai buah tangan buat teman yang datang berkunjung.

Berikut adalah cetakan kue lucu yang bisa kamu gunakan.

cetakan kue tradisi natal
Krischef Set 4 Pcs Cetakan Kue Bentuk Cangkir

Beli di sini

cetakan kue natal
Wiltshire Set 3 Pcs Cetakan Kue Color Cookie

Beli di sini

7. Gunakan Warna Baju Senada

Saat Natal tiba, akan menyenangkan jika seluruh anggota keluarga mengenakan baju kembaran. Kamu bisa memakainya ketika menyantap makan malam dan membuka hadiah bersama. Lalu, abadikan momen tersebut dan pasang di dalam bingkai foto berikut ini.

bingkai foto
Arthome Set 10 Pcs Bingkai Foto – Hitam/abu-abu

Beli di sini

8. Menggantung Kaus Kaki Natal

Menggantung kaos kaki sudah menjadi tradisi turun-temurun. Konon, Santa Claus akan meletakkan hadiah pada kaos kaki untuk setiap anak yang berbuat baik. Nah, berikut adalah dekorasi kaus kaki Natal yang bisa kamu beli.

 

kaus kaki tradisi natal
Noelle 10 Cm Set 2 Pcs Dekorasi Kaus Kaki Gantung Homy Checker Christmas

Beli di sini

hiasan kaus kaki tradisi natal
Noelle 50 Cm Dekorasi Natal Christmas Stocking Deer Y22d

Beli di sini

9. Berbagi Hadiah

Ada banyak cara untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Salah satunya adalah memberi kado Natal untuk kepada banyak orang, baik untuk anak-anak di panti asuhan maupun panti jompo. Aktivitas ini dapat menjadi tradisi Natal yang membawa nilai positif.

Baca Juga:   10 Ide Hampers Natal yang Unik dan Menarik

 

Berbagi hadiah natal
Source: wonderlust

10. Membuat Playlist Lagu Natal

Suasana Natal akan semakin menyenangkan dengan musik khas Natal. Cobalah buat beberapa playlist lagu Natal yang disukai banyak orang, seperti White Christmas, Silent Night, dan First Noel. Kemudian, setel lagu tersebut di rumah melalui speaker audio.

speaker audio tradisi Natal
Samsung Speaker Soundbar Hw-a650xd – Hitam

Beli di sini

sound bar tradisi Natal
Sony Speaker Soundbar Ht-s350

Beli di sini

11. Menghias Ruangan dengan Berbagai Ornamen Natal

Dekorasi natal terbaik bisa menghadirkan sukacita di hari yang penuh kebahagiaan ini. Gunakan hiasan bernuansa Natal, seperti pajangan Santa Claus, hiasan berbentuk rusa, dan pohon Natal kecil untuk mempercantik rumah. Berikut adalah rekomendasinya.

 

dekorasi natal santa claus
Noelle 4.5 Cm Miniatur Dekorasi Natal Christmas Santa Y22

Beli di sini

tradisi natal menghias ruangan
Noelle Pohon Natal Christmas Meja 40cm – Warna Gold

Beli di sini

12. Membuat Rumah Jahe

Sejak dulu, rumah dari kue jahe sudah menjadi hiasan Natal yang unik. Bahkan, dekorasi ini telah menjadi tradisi selama berabad-abad. Untuk membuat  cukup mudah sehingga kamu dapat melibatkan anak-anak dalam prosesnya.

Kue jahe natal

13. Bertukar Kado

Salah satu tradisi Natal yang sering dilakukan adalah bertukar kado dengan anggota keluarga. Tidak hanya untuk memeriahkan suasana natal, acara ini juga bisa membuat kenangan bersama keluarga. Pilih hadiah tukar kado yang bisa  berkesan.

tradisi natal tukar kado
Source: pixabay

14. Makan Malam

Belum lengkap rasanya jika merayakan hari Natal tanpa makan bersama keluarga. Apalagi, tradisi bersantap ini dapat menjadi momen untuk membangun keakraban dan berbagi cerita kehidupan sehari-hari.

Tradisi natal
Source: Pixabay

Itulah beberapa tradisi yang dapat dilakukan bersama anggota keluarga dan kerabat terdekat.

Agar suasana hari Natal lebih terasa, kamu wajib menggunakan dekorasi Natal dari ruparupa.com.

miliki dekorasi natal terlengkap
hemat hingga 50% klik di sini

Situs belanja ini juga menyediakan berbagai peralatan dan perabot rumah tangga dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.