7 Tips Menata Ruang Makan Berdasarkan Feng Shui

0
1114
ruang makan menurut feng shui

Ruang makan merupakan tempat untuk bersantap dan berkumpul bersama keluarga. Oleh karena itu, kita perlu menata ruang makan dengan bersih dan rapi untuk meningkatkan kenyamanan.

Untuk memberikan energi positif di dalam ruangan, kamu bisa mengikuti aturan feng shui ruang makan. Misalnya saja, kamu perlu memperhatikan tata letak meja makan dan pemilihan dekorasi dan warna cat dinding.

Ruparupa Banner

Apalagi, kedua hal ini bisa memengaruhi energi di ruang makan yang dapat berakibat pada kondisi kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Lantas, Bagaimana Cara Menata Ruang Makan Berdasarkan Feng Shui?

Nah, kali ini, kami punya tips menata ruang makan berdasarkan feng shui yang bisa kamu lakukan di rumah, seperti yang telah dilansir dari beberapa sumber.

1. Gunakan Meja Makan Kayu

Dilansir dari Home Edit, meja kayu dapat menciptakan kestabilan dan memberikan kesan hangat. Apalagi, tampilan tekstur kayu dapat meningkatkan estetika pada ruang makan.

Jadi, kamu bisa menggunakan meja makan kayu yang kuat dan kokoh, seperti  rekomendasi berikut ini.

menata ruang makan kayu
Yericho Set Meja Makan 4 Kursi – Cokelat Muda
Set meja makan kayu yang dapat memberikan nuansa hangat pada ruangan.

Beli di sini

2. Gunakan Pembatas Ruangan

Bila ruang makan menyatu dengan ruang keluarga, kamu bisa menggunakan pembatas berupa perabot kayu, seperti rak buku untuk menjaga energi positif.  Apalagi, setiap area tetap mempunyai peruntungannya masing-masing, meski berada dalam satu ruangan.

Baca Juga:   Rekomendasi Meja Makan Kursi Bayi Tahun 2021

Kamu juga bisa menambahkan karpet untuk memberikan identitas dan menstabilkan energi di dalam ruang makan. Ini dia rekomendasi rak dan karpet yang bisa kamu pakai di ruang makan.

rak buku ruang makan
Kubos Rak Buku 12 Kompartemen – Putih
Desain rak modern minimalis dapat diletakka horizontal atau vertikal sebagai pembatas.

Beli di sini

karpet untuk ruang makan
Ilano 120×170 Cm Karpet – Cokelat Mink
Permukaan karpet halus dan lembut untuk mempercantik ruangan.

Beli di sini

3. Hindari Meletakkan Meja Makan di Depan Pintu

Dikutip dari Your Chinese Astrology, meletakkan meja makan di depan pintu dapat menghilangkan kenyamanan di dalam ruangan. Soalnya, pintu adalah tempat keluar masuknya energi buruk.

Hindari juga menempatkan meja makan di seberang pintu kamar mandi karena dapat menurunkan nafsu makan dan kesehatan keluarga. Jika kamu tidak bisa menghindari hal tersebut, gunakanlah partisi ruang untuk membatasi meja makan dengan pintu.

4. Tempatkan Meja Makan di Sisi Selatan

Selain itu, kamu bisa meletakkan meja makan di sisi selatan rumah. Arah selatan merupakan lambang api dari lima elemen yang mewakilkan kemakmuran dan kesejahteraan.

Tambahkan pencahayaan agar aktivitas makan jadi lebih nyaman. Bila kamu mempunyai lemari es di ruang makan, letakkan ke arah utara agar semakin makmur.

5. Tambahkan Cermin Sebagai Dekorasi

Tidak dapat disangkal bahwa cermin dapat memberikan kesan lapang pada ruangan. Melalui The Spruce, ahli Feng Shui, Anjie Cho, menyebutkan bahwa cermin dapat melipatgandakan energi positif dalam ruangan.

Baca Juga:   5 Model Meja Bar Modern untuk Mini Bar di Rumah

Oleh karena itu, pilihlah model cermin yang kamu suka dan pasanglah cermin tersebut di tempat yang dapat merefleksikan meja makan. Berikut model cermin yang bisa kamu gunakan.

cermin untuk ruang makan
Kris Cermin Dinding Dekorasi Round 60 Cm
Cermin dinding dengan refleksi yang jelas dan sempurna.

Beli di sini

cermin di ruang makan
Hiasan Dinding Set 5 Pcs K18
Cermin dinding yang dapat memberikan nuansa mewah dan luas pada ruangan.

Beli di sini

6. Hindari Warna Perabot Mencolok

Seperti yang kita tahu bahwa pemilihan warna dapat memengaruhi kondisi mental seseorang.  Nah, begitu pula dalam feng shui di ruang makan.

Melansir dari SFGATE, warna-warna yang digunakan pada ruang makan harus menciptakan ketenangan dan suasana rileks, seperti kuning, hijau, pink, biru muda, dan krem.

7. Hindari Memasang Jam di Ruang Makan

Menurut Praktisi Feng Shui, Sally Painter, dari Love To Know, mengatakan bahwa penempatan jam dinding di ruang makan dapat membuat kita terburu-buru dalam menyantap makanan.

Apalagi, kita bisa melihat sekaligus mendengar detak jam secara terus-menerus. Sebagai gantinya, pasanglah hiasan dinding kayu cantik yang dapat meningkatkan nafsu makan, seperti berikut ini.

hiasan dinding ruang makan feng shui
Pendopo Hiasan Dinding Talenan Kayu Paddle Mini Board Persegi Panjang
Mampu membawa suasana etnik pada ruang.

Beli di sini

hiasan dinding kayu
Hiasan Dinding Family 60×4.6×30.5 Cm – Putih/kayu
Hiasan dinding ruang makan elegan dengan tipografi yang menarik.

Beli di sini

Nah, itu tadi beberapa tips menata ruang makan menurut feng shui. Kamu bisa mengunjungi ruparupa.com untuk menemukan perlengkapan ruang makan terbaik.

Temukan berbagai set meja makan berkualitas hemat hingga 50% dengan
klik di sini

Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai perabot dan peralatan rumah tangga dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi. 

Yuk, ciptakan ruang makan yang nyaman di rumah.