ukuran brankas

5 Hal Penting Memilih Ukuran Brankas yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Brankas merupakan tempat penyimpanan yang terbuat dari besi dan memiliki fitur keamanan. Biasanya, brankas digunakan buat menyimpan uang, perhiasan, dokumen berharga, dan barang penting lainnya.

Selain memiliki fitur keamanan yang canggih, brankas tahan api dan tahan air juga, lho. Jadi, kita bisa menyimpan barang berharga tanpa perlu khawatir rusak akibat bencana alam, seperti banjir dan kebakaran. Namun, memilih ukuran brankas tidak boleh sembarangan. Soalnya, setiap ukuran brankas memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih brankas?

Untuk menjawab kebingungan kamu tersebut, simak beberapa hal yang perlu diperhatikan  saat memilih ukuran brankas buat di rumah.

1. Sesuaikan Dengan Tempat Meletakkan Brankas

Perhatikan lokasi buat meletakkan brankas terlebih dahulu. Jadinya, kamu bisa lebih mudah mencari ukuran yang tepat. Soalnya, bila kita memakai ukuran brankas yang salah bisa mengganggu nilai estetika dan artistik dari sebuah ruangan. Sebagai gambaran, jika kamu ingin menyimpannya di dalam lemari, maka kamu bisa memilih yang ukuran brankas kecil atau sekitar 20 cm.


Akan tetapi, kalau kamu memiliki ruangan khusus untuk menyimpan brankas, maka bisa pilih yang ukurannya besar atau sekitar 50 cm.

lokasi brankas

2. Perhatikan Kebutuhan Penyimpanan

Sebelum membeli brankas, sebaiknya  ketahui jenis dan besar barang yang ingin kamu simpan di dalamnya. Beberapa contoh barang berharga yang bisa kamu simpan di dalam brankas adalah emas, perhiasan, dan dokumen berharga. 


Jika kamu hanya ingin menyimpan dokumen, kamu dapat memilih ukuran brankas sebesar kertas dokumen supaya tidak terlipat saat disimpan.

3. Sistem Penguncian

Perhatikan juga sistem penguncian karena hal ini memengaruhi keamanan barang-barang yang disimpan. Sistem penguncian bisa terdiri dari beberapa jenis, seperti sistem tubular, analog, digital ataupun kunci ganda.

sistem penguncian brankas

Selain itu, saat membuat kode penguncian, sebaiknya gunakan kombinasi angka yang tidak mudah ditebak, tetapi gampang diingat.  Namun, hindari memasang sandi dengan tanggal lahir. Semakin mudah ditebak, tentu hal ini akan memudahkan terjadinya pembobolan. Berikut beberapa rekomendasi brankas besi dengan fitur penguncian yang canggih.

4. Pertimbangkan Fitur yang Ditawarkan

Tips berikutnya adalah mempertimbangkan fitur yang ditawarkan, seperti fitur alarm, fitur tahan api dan tahan air, serta fitur pengucian. Fitur-fitur canggih ini bisa melindungi barang yang kamu simpan dari kemungkinan terburuk dibobol. Soalnya, alarm akan berbunyi ketika ada orang lain yang mencoba membukanya.

fitur brankas

5. Perhatikan Material

Tentu kita harus mempertimbangkan material karena fungsinya yang melindungi barang berharga. Pastikan brankas terbuat dari material yang tahan karat dan api. Jadi, barang-barang yang kamu simpan pun tetap aman, meski terjadi bencana yang tidak terduga seperti kebakaran.   


Nah, berikut berapa rekomendasi brankas besi yang bisa kamu gunakan

Lalu, apa saja jenis dan ukuran brankas?

Tenang saja, kami sudah mengumpulkan berbagai ukuran brankas, dari paling kecil hingga besar, yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan.

1. Ukuran Brankas Portable

Bila kamu memerlukan  brankas kecil dengan desain sederhana untuk menyimpan uang, maka model brankas satu ini bisa jadi pilihan yang tepat. Ukuran brankas portable memiliki panjang sekitar 20 cm dengan lebar 16 cm dan tinggi 9 cm.

brankas portable

Kalau yang satu ini bisa menjadi brankas uang karena dilengkapi dengan partisi dan pegangan atau handle. Jadi, kamu bisa membawanya ke mana-mana dengan mudah.

2. Ukuran Brankas Kecil

Jenis brankas kecil biasanya berukuran 31x20x20 cm dan bisa diletakkan di dalam lemari. Model brankas ini dapat berfungsi untuk menyimpan berbagai perhiasan kecil, seperti cincin, anting, gelang, dan juga uang.

Hal yang paling penting, pilih bahan brankas yang terbuat dari besi kokoh dengan sistem pengunci berupa kode kombinasi atau PIN supaya lebih aman, seperti di bawah ini.

3.  Brankas Sedang

Bila kamu mencari brankas dengan ukuran yang sedikit lebih besar, maka brankas satu ini bisa jadi pilihan yang tepat. Dimensi brankas ini sekitar 36x33x45 cm. Jadi, dapat kita gunakan sebagai tempat menyimpan surat-surat berharga.

Namun, jika kamu ingin menyimpan lebih banyak barang berharga, maka brankas persegi  panjang sedang dengan ukuran sekitar 49x39x34,5 cm  bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu juga dapat menyimpan dokumen-dokumen penting, dari Kartu Keluarga (KK) hingga sertifikat tanah.  Pastikan brankas memiliki ketebalan sekitar 7 cm supaya lebih aman, serta dilengkapi alarm, seperti rekomendasi di bawah ini.

4. Brankas Kotak Besar

Apakah kamu memiliki banyak surat dokumen berharga? Bila ya, kamu bisa menyimpannya di dalam jenis brankas kotak besar yang berukuran panjang 60 cm, lebar 57 cm, dan tinggi sekitar 92 cm.

Jadi, kamu bisa dokumen tersebut tidak akan rusak karena terlipat. Bahkan, kamu bisa memakai brankas ini untuk menyimpan benda berharga lainnya, seperti emas batangan, uang tunai, dan sebagainya.

5.  Brankas Lemari Besar

Terakhir, ada brankas berbentuk lemari yang cukup besar. Brankas ini bisa diletakkan di dalam lemari khusus. Dnegan ukuran tinggi sekitar 140 cm, kamu bisa lebih banyak menyimpan barang berharga, dari uang tunai hingga surat berharga. Dengan begitu, seluruh barang berharga yang dibutuhkan tidak akan tercecer dan bisa ditemukan di satu tempat saja.


Tenang saja, brankas ini dilengkapi dengan dua buah kunci keamanan.

brankas besar