memilih sofa bed

Mengapa Memilih Sofa Bed? Ini Alasan dan Rekomendasinya

Sofa bed menjadi perabot favorit banyak orang, terutama bagi mereka yang tinggal di apartemen studio dan rumah minimalis. Soalnya, furnitur satu ini cukup multifungsi karena bisa dijadikan tempat duduk empuk, serta tempat tidur. 


Salah satu kelebihan dari sofa bed adalah tidak makan banyak tempat dan punya banyak fungsi. Bahkan, kamu bisa menjadikannya sebagai ranjang tambahan saat ada tamu yang menginap. Jadinya, kamu bisa membuat ruang tamu sebagai ruang keluarga yang nyaman juga untuk bersantai.

Lantas, Bagaimana Cara Memilih Sofa Bed yang Tepat?


Sofa bed hadir dari berbagai material, model, dan ukuran yang bervariasi. Namun, kamu harus memilih sofa bed yang tepat agar tampilan hunian tetap selaras dan nyaman untuk semua anggota keluarga.


Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membeli sofa bed.

1. Tentukan Model Sofa Bed


Secara umum, model sofa bed ini bisa kamu ubah menjadi tempat tidur dengan membuka lipatan ke belakang atau depan. Namun, ada beberapa model yang bisa kamu temukan, seperti berikut ini. 


- Sofa bed recliner


Model sofa recliner termasuk kategori sofa semi bed yang memiliki satu dudukan memanjang dan permukaan empuk. Sofa ini bisa kamu gunakan buat menonton film agar terasa seperti di dalam bioskop, lho!  


Nah, berikut ini kami punya rekomendasi sofa recliner yang bisa jadi pilihan buat kamu.

- Sofa Bed 2 dudukan


Untuk rumah minimalis, kamu dapat menggunakan sofa tidur dengan dua dudukan, yang tidak memakan banyak tempat dan membuat sempit. Soalnya, ukuran sofa bed 2 dudukan memiliki panjang sekitar 120-150 cm. Namun, ketika dijadikan tempat tidur, biasanya panjangnya menjadi sekitar 180-200 cm.  


Tipsnya, carilah bahan sofa yang lembut sehingga membuat kamu lebih nyaman saat bersantai.

sofa bed 2 dudukan

Selain itu, pilih warna-warna netral, seperti abu-abu, cokelat muda, agar ruangan tampak lebih luas, seperti berikut ini.

- Sofa Bed 3 Dudukan


Kalau kamu memiliki beberapa anggota keluarga, kamu mungkin membutuhkan sofa yang lebih besar, nih! Ada model sofa yang bagian sandaran di dorong ke belakang buat menjadi ranjang. 


Namun, ada juga yang model bagian dudukannya di tarik ke depan. Umumnya, ukuran sofa bed  3 dudukan memiliki panjang sekitar 180-200 cm.

sofa bed 3 dudukan

- Sofa Bed Lipat


Kalau kamu tidak mau repot menggeser dan merebahkan sandaran sofa, maka sofa bed lipat dengan gaya modern dan minimalis dapat menjadi alternatif untuk kamu. Pada sofa bed ini, kamu hanya perlu membuka lipatan pada dudukan dan sandaran untuk mengubahnya menjadi tempat tidur.  


Selain itu, kamu juga bisa membawa sofa ini ke mana pun yang kamu mau sehingga kamu dapat bersantai di mana saja. 


Kami mempunyai rekomendasi sofa bed dan kursi lipat yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan, seperti berikut ini.

sofa bed lipat

2. Pilih Material yang Tepat


Ada berbagai material sofa yang bisa kamu pilih, antara lain: 


- Fabric

- Kulit

- Beludru


Harga dan kualitas dari ketiga material ini tentunya juga berbeda-beda, tergantung dari bentuk dan material. Namun, kamu bisa memilih sesuai kebutuhan di rumah. Jika kamu punya hewan peliharaan berbulu di rumah, maka bisa pilih yang jenisnya kulit. Lain halnya jika kamu ingin menampilkan kesan minimalis di dalam ruangan, kamu dapat memakai sofa yang terbuat dari fabric, seperti berikut ini.

Lain halnya jika kamu ingin membuat ruangan terlihat elegan, maka sofa kulit dan beludru bisa jadi pilihan yang tepat, seperti rekomendasi sofa berikut ini.

Tenang saja, untuk menjaga kebersihan kedua jenis material tersebut tidak sulit. Intinya, kamu hanya perlu membersihkannya setiap hari dengan cara menyedot debu menggunakan vacuum cleaner.

alat-dapur-banner-sisip-desktop

3. Pilih Ukuran yang Sesuai Luas Ruangan


Ada baiknya kamu mengukur besar ruangan dulu sebelum membeli sofa bed supaya tidak terjadi kesalahan pemilihan ukuran. 


Perhatikan juga berapa besar ukurannya saat menjadi sofa maupun saat dibuka menjadi tempat tidur. Selain itu, cek juga kenyamanan ruangan saat sofa dibuka menjadi tempat tidur.

sesuaikan dengan luas ruangan

Itu dia alasan dan tips mengapa kamu perlu memilih sofa bed jika dibandingkan dengan jenis yang biasa. Jadi, apakah kamu tertarik memakai sofa satu ini?