7 Tips Memilih Kompor Gas Yang Tepat Buat Dapur Kamu

0
1420
tips memilih kompor gas

Kompor gas adalah alat masak yang mengeluarkan api dari tungku memakai bahan bakar gas. Untuk itulah, memakai kompor gas tidak boleh sembarangan. Nah, kali ini kami punya tips memilih kompor gas yang tepat buat di rumah.

Soalnya jika salah pilih, bisa-bisa kompor yang kita beli malah cepat rusak dan bisa berbahaya ketika digunakan. Tentu, kita ingin memakai alat masak yang aman dan tahan lama, bukan?

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Memilih Kompor Gas?

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika membeli kompor gas buat di rumah. Apa saja itu?

1. Perhatikan Ukuran Kompor

Tips pertama dalam kompor gas adalah memperhatikan ukurannya. Soalnya, ukuran kompor gas atau tanam yang sesuai bisa memengaruhi kenyamanan saat sedang memasak.

Pastikan ukuran kompor gas tanam sesuai dengan meja dan luas dapur. Untuk dappur kecil, kamu bisa memakai kompor dengan ukuran dimensi 30 cm atau satu tungku.

Sedangkan buat dapur yang luas, ukuran kompor 70 cm atau dua tungku bisa jadi pilihan tepat. Berikut rekomendasi kompor gas tanam satu tungku dan dua tungku yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan.

 

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan Memasak

Fungsi kompor gas adalah untuk memasak aneka jenis makanan. Umumnya, jenis kompor gas cukup beragam, dari satu tungku, dua tungku, empat tungku, hingga freestanding yang dilengkapi oven.

Nah pastikan kamu membeli kompor sesuai dengan kebutuhan masak kamu. Bila kamu jarang memasak, maka pilih kompor gas dua tungku. Jika kamu selalu masak setiap harinya, maka kamu bisa memakai kompor dengan empat tungku dan dilengkapi oven.

 

tips memilih kompor gas
Modena Kompor Gas Freestanding 60 Cm Fc 8643 L – Hitam

Cek di sini

tips memilih kompor gas
Sanken Kompor Gas 2 Tungku Sg-369dx2

Cek di sini

3. Pastikan Kompornya Berkualitas

Pilih kompor gas yang berkualitas supaya bisa kita gunakan dalam waktu lama. Kamu bisa memilih kompor dengan material stainless steel karena lebih kokoh dan memiliki sifat anti karat.

Kemudian, pilih yang burner-nya terbuat dari bahan kuningan supaya bisa menyebarkan panas secara maksimal.

Lantas, apa saja kompor gas yang bagus dan berkualitas? Nah, berikut rekomendasi merek kompor gas terbaik yang bisa kamu beli di ruparupa.com.

 

tips memilih kompor gas
Ariston Kompor Gas Tanam Dd7622w1a Bk I

Cek di sini

tips memilih kompor gas
Rinnai Kompor Gas 2 Tungku Ri-602ag

Cek di sini

4. Utamakan Faktor Keamanan Kompor

Faktor keamanan juga jadi hal penting saat beli kompor gas. Untuk memastikan tingkat keamanan kompor, kamu bisa memilih alat dengan regulator yang sudah memenuhi standar SNI, seperti gambar kompor gas di bawah ini.

 

tips memilih kompor gas
Miyako Kompor Gas 2 Tungku Kg-302c

Cek di sini

tips memilih kompor gas
Modena 70 Cm Kompor Gas 2 Tungku Bh-1725 – Hitam

Cek di sini

5. Pilih yang Hemat Gas

Kompor yang boros gas juga bisa menjadi masalah tersendiri karena membuat pengeluaran kita jadi boros. Oleh karena itu, pilih kompor yang hemat gas supaya kamu bisa lebih hemat. Berikut rekomendasi kompor gas tanam yang bisa kamu gunakan.

Baca Juga:   5 Bagian Kitchen Set Utama yang Wajib Ada di Rumah

 

tips memilih kompor gas
Electrolux Kompor Tanam 3 Tungku 80 Cm Egt7838ck

Cek di sini

tips memilih kompor gas
Modena Kompor Tanam 4 Tungku 86.5 Cm Bh-1945

Cek di sini

6. Perhatikan Jarak Antar Tungku Pada Kompor

Tips memilih kompor gas yang satu ini sering kali dilupakan, padahal cukup penting karena bisa memengaruhi tingkat kenyamanan saat memasak.

Pilih kompor dengan jarak tungku yang tidak terlalu dekat agar wajan atau panci tidak saling bersenggolan ketika kita menggunakan lebih dari satu tungku. 

Berikut rekomendasi kompor gas freestanding dengan jarak tungku yang cukup besar.

 

tips memilih kompor gas
Electrolux Kompor Gas Freestanding 90 Cm Ekg-9686x

Cek di sini

tips memilih kompor gas
La Germania Kompor Gas Freestanding Tup95c32dx

Cek di sini

7. Utamakan Garansi

Saat kamu membeli kompor, pastikan ada garansi. Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir bila kompor mengalami kerusakan karena bisa melakukan klaim perbaikan selama masa garansi.

Tenang saja, seluruh kompor gas yang ada di ruparupa.com sudah memiliki garansi resmi yang berkisar dari 12-24 bulan, seperti beberapa kompor di bawah ini.

 

tips memilih kompor gas
Miyako Kompor Gas 1 Tungku Kg-101c – Hitam

Cek di sini

tips memilih kompor gas
Sanken Kompor Gas 1 Tungku Sg-221t

Cek di sini

Itu dia tujuh tips memilih kompor gas yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membelinya. 

dapatkan gratis ongkir
SETIAP BELI kompor gas  klik di sini

Situs ruparupa.com juga menyediakan berbagai perlengkapan dapur lainnya, mulai dari kitchen set, alat makan, hingga alat pembuat kue dari merek-merek terkenal, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan masih banyak lagi.