Tips Memilih Kompor Gas Yang Tepat Untuk Dapur Anda

0
198
kompor gas

Kompor gas menjadi salah satu peralatan dapur yang sangat penting bagi banyak keluarga. Penggunaan alat masak yang satu ini dipandang lebih praktis dan juga mudah digunakan untuk memasak. Keunggulan lainnya adalah dari segi harga yang relatif cukup terjangkau dengan penggunaan yang relatif mudah.

Penggunaan alat masak berbahan bakar gas ini semakin menjadi primadona seiring dengan sistem keamanan yang semakin mumpuni. Dengan begitu para pengguna tidak lagi perlu khawatir dan ataupun was-was ketika memasak menggunakan alat yang satu ini.

Tips Memilih Kompor Gas Yang Tepat Untuk Perkakas Dapur Anda

Meskipun memilih kompor gas terlihat gampang, namun nyatanya ada banyak hal yang perlu diperrtimbangkan untuk bisa mendapatkan jenis alat masak yang sesuai dan juga berkualitas. Sebagai referensi, berikut adalah beberapa tips penting yang perlu Anda perhatikan apabila ingin memilih kompor gas yang sesuai untuk keperluan perkakas dapur Anda.

1. Perhatikan Ukuran Kompor Sesuai Dengan Luasan Dapur Yang Anda Miliki

Kris Kompor Induksi

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan ketika ingin memilih kompor gas adalah memperhatikan ukuran kompor dengan luasan dapur yang Anda miliki. Mungkin tips ini banyak diabaikan para pemilik dapur dan cenderung sembarangan dalam memilih kompor untuk memasak.

Padahal, perbandingan ukuran yang sesuai bisa memengaruhi kenyamanan Anda saat melakukan proses memasak. Oleh karena itu, ketika ingin membeli kompor sebaiknya Anda terlebih dahulu mengetahui ukuran yang Anda alokasikan untuk meletakkan kompor terlebih dahulu.

2. Sesuaikan Dengan Kebutuhan Memasak Anda

Kris Kompor Induksi Ceramic Glass 1300w

Seperti yang telah Anda ketahui, saat ini telah banyak hadir berbagai jenis peralatan kompor untuk memasak dengan fitur tambahan yang terbilang ‘canggih’. Mulai dari jenis alat  masak satu tungku, dua tungku, empat tungku, hingga jenis freestanding yang dilengkapi dengan oven.

Sebelum memutuskan untuk membeli kompor yang canggih, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kebutunan masak Anda hingga saat ini. Bila Anda termasuk orang yang jarang memasak atau tidak terlalu sering berkreasi dengan membuat aneka makanan, maka kompor dengan dua tungku sebenarnya sudah mencukupi untuk keperluan dapur Anda.

3. Pastikan Anda Memilih Kompor Yang Berkualitas

Kris Kompor Induksi 3500w – Hitam

Ketika ingin membeli kompor gas untuk melengkapi perkakas dapur, pastikan bahwa Anda memilih jenis kompor yang berkualitas. Hal ini dikarenakan kualitas kompor akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan pada kinerja, daya tahan, dan juga tingkat keamanan dari kompor yang akan Anda beli tersebut.

Sebenarnya ada banyak yang bisa digunakan untuk menilai kualitas suatu kompor gas. Salah satunya adalah dengan memperhatikan bahan material yang digunakan. Untuk kompor berkualitas, sebaiknya Anda memilih kompor yang dibuat dari bahan berupa stainless steel karena material ini cenderung lebih kokoh dan memiliki sifat anti karat. Sedangkan pada bagian burner pilih yang terbuat dari bahan kuningan karena bisa menyebarkan panas secara maksimal.

4. Jangan Mengabaikan Faktor Keamanan Kompor

Kris Kompor Listrik Induksi Yl-K81 – Hitam

Faktor safety adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh ditawar-tawar. Pastikan Anda memilih kompor gas yang memiliki tingkat keamanan memadai dan mencukupi karena pada umumnya kecelakaan di dapur yang diakibatkan oleh kompor bukanlah sesuatu hal yang bisa dikatakan sepele. Untuk memastikan tingkat keamanan kompor, pastikan Anda memilih alat dengan regulator yang sudah memenuhi standar SNI.

5. Tidak Ada Salahnya Memilih Kompor Yang Hemat Gas

Kris Kompor Induksi 2 Tungku 3500w

Kompor yang boros gas juga bisa menjadi masalah tersendiri bagi pengeluaran Anda karena harus membeli gas ekstra untuk operasional kompor. Oleh karena itu, memilih kompor yang hemat gas adalah pilihan yang sangat bijak untuk diambil karena Anda juga bisa jadi lebih menghemat pengeluaran bulanan Anda.

6. Perhatikan Jarak Antar Tungku Pada Kompor

Kris Kompor Listrik Keramik Induksi – Hitam

Disadari ataupun tidak, sebenarnya faktor jarak antar tungku kompor juga bisa menjadi salah satu pertimbangan penting yang perlu diperhatikan ketika ingin memilih kompor. Jarak antar tungku bisa mempengaruhi tingkat kenyamanan Anda dalam memasak dan mengolah makanan. Sebagai saran, Anda bisa memilih kompor dengan jarak tungku yang tidak terlalu dekat agar wajan atau panci tidak saling bersenggolan jika Anda menggunakan lebih dari satu tungku.

7. Garansi Adalah Hal Yang Sangat Penting

Kris Kompor Ceramic Yl-T49 – Hitam

Apabila Anda membeli kompor dengan harga yang relatif cukup mahal, mempertimbangkan keberadaan garansi adalah hal yang sangat penting. Dengan adanya garansi, Anda tidak lagi khawatir apabila kompor mengalami kerusakan sebelum waktunya karena Anda bisa melakukan klaim garansi apabila sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Melengkapi perlengkapan dapur termasuk kompor adalah hal yang sangat penting  untuk dapur Anda. Bila Anda ingin melengkapi perlengkapan dapur Anda, Ruparupa bisa menjadi tempat yang tepat untuk mewujudkannya. Di toko online yang satu ini, Anda bisa menemukan berbagai peralatan rumah tangga termasuk juga sejumlah peralatan dapur termasuk kitchen set.

Selain menyediakan aneka macam produk secara lengkap, harga yang dibanderol pun cukup terjangkau dengan kualitas yang mumpuni. Kini dengan hadirnya Ruparupa, Anda tidak perlu lagi bingung-bingug dalam memilih tempat yang tepat untuk melengkapi perkakas rumah tangga Anda.

Itulah beberapa tips yang perlu dicermati ketika Anda ingin membeli kompor gas untuk keperluan dapur kesayangan Anda. Kini dengan berbekal beberapa tips di atas, Anda bisa memilih produk yang tepat untuk melengkapi peralatan dapur Anda.