6 Tips Memilih Kitchen Set Untuk Mempercantik Dapur di Rumah

0
5410
Dakota Kitchen Set 1.2 Mtr - Hitam
Dakota Kitchen Set 1.2 Mtr - Hitam

Memiliki kitchen set lengkap di dapur minimalis tentu menjadi hal yang diimpikan oleh banyak orang. Apalagi, ruangan satu ini kerap digunakan untuk aktivitas masak, dari menyimpan sampai mengolah bahan makanan.

Kitchen set adalah perlengkapan furnitur yang dibuat dengan fungsi utama untuk menyimpan peralatan dapur, dari wajan, spatula, pisau, hingga alat makan. Furnitur ini sendiri biasanya tersusun dari sejumlah kabinet dan rak dapur.

Ruparupa Banner

Dengan adanya kitchen set, seluruh peralatan dapur bisa tersimpan dan tertata dengan rapi berdasarkan kategorinya. Tentu, hal ini akan membuat momen masak kita jadi lebih menyenangkan. 

Lalu, Bagaimana Cara Memilih Kitchen Set Yang Tepat?

Supaya tidak bikin dapur sempit, simak beberapa cara memilih kitchen set berikut ini. 

1. Sesuaikan Ukuran Kabinet dengan Luas Ruangan

Ukuran kitchen set biasanya memiliki lebar sekitar 50-70 cm, tinggi sekitar 85-110 cm, serta panjang sekitar 120-200 cm. Namun, ukuran ini bisa disesuaikan dengan luas ruangan dan model yang dipilih.

Hal yang paling penting adalah kita perlu mengukur luas ruangan terlebih dahulu. Jadinya, kita pun akan lebih mudah dalam menentukan desain dan ukuran dari furnitur satu ini. 

Baca Juga:   Tips Merawat Rice Cooker Agar Tidak Cepat Mengelupas

Dengan ukuran yang sesuai, maka dapur yang kamu miliki akan terlihat lebih cantik, menarik, dan juga memiliki fungsionalitas yang baik. 

tips memilih kitchen set
Ivy kabinet dapur 1.2 Mtr – Oak/abu-abu

Cek di sini

2. Perhatikan Bentuk Kabinet

Pada umumnya, kitchen set berbentuk huruf L dan U. Namun, kamu juga bisa memilih kabinet dapur yang hanya ada di satu sisi dinding saja. Supaya dapur tidak terasa sempit, kamu bisa memilih konsep dapur yang minimalis.

Model dapur ini biasanya menggunakan kabinet di satu sisi saja, tetapi ada juga yang berbentuk siku atau huruf L, tergantung dari bentuk ruangan. 

tips memilih kitchen set
Dakota kabinet dapur – Hitam

Cek di sini

3. Pertimbangkan Bahan Kabinet Dapur

Ada beberapa jenis material yang umum digunakan untuk kabinet dapur antara lain,  alumunium, kayu solid, papan partikel, serta polywood. Setiap material tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Namun, kamu bisa menyesuaikan dengan bujet yang dimiliki. Agar dapur tetap terlihat bersih, kamu bisa menambahkan  backsplash dari keramik atau marmer. 

Nah, kami juga punya rekomendasi kabinet dapur yang bisa kamu gunakan di rumah. 

tips memilih kitchen set
Selma Giada Set Kabinet Dapur – Cokelat Oak

Cek di sini

tips memilih kitchen set
Dalton Kitchen Set

Cek di sini

4. Pilih Model yang Beragam Ruang Penyimpanan

Furnitur dapur satu ini biasanya terdiri dari beberapa jenis ruang penyimpanan, antara lain kabinet atas, laci penyimpanan, rak terbuka, serta kabinet bawah. Nah, untuk membuat dapur terlihat lebih rapi, pastikan kabinet memiliki banyak tempat penyimpanan.

Baca Juga:   8 Model Kitchen Set Minimalis untuk Dapur Kecil
memilih kabinet dapur
Susun perlengkapan dapur dalam kitchen set dengan rapi.

5. Pilih Warna Furnitur yang Senada

Komposisi warna juga menjadi salah satu yang penting mempercantik dapur. Sebaiknya pilih warna kabinet yang sesuai dengan tema interior dapur rumah.

Jika kamu bingung dalam memilih warna, putih adalah pilihan yang paling ‘aman’ karena bisa dikombinasikan dengan warna-warna lainnya. Selain itu, dapur warna putih juga bisa memberikan kesan ruangan jadi tampak luas. 

memilih kabinet dapur
Daisy Kitchen Set 2 Mtr

Cek di sini

6. Perhatikan Tata Letak Perabot Dapur Lainnya

Selain memperhatikan bentuk dan model kabinet, tata letak perabot lain di dapur juga menjadi hal penting. Hindari menggunakan meja makan dan meja dapur yang berukuran terlalu besar karena akan membatasi ruang gerak kita.

Pastikan ada jarak antara kabinet dapur dengan meja dan kursi makan yang kita letakkan di dapur, terutama bila area tersebut menyatu dengan ruang makan. 

Daisy Kitchen Set
Daisy Kitchen Set

Cek di sini

Furnitur dapur menjadi komponen penting di rumah. Untuk itu, kita harus memilihnya dengan tepat.

Nah, bila kamu yang sedang mencari berbagai jenis kitchen set untuk melengkapi dapur, kamu bisa mengunjungi ruparup.com.

cek sekarang promo perabot dapur hemat hingga 50% di sini 

Situs belanja online satu ini menyediakan perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, Informa Electronik, dan sebagainya.