7 Tips Membersihkan Kamar Mandi Sendiri Tanpa ART

0
6536
tips membersihkan kamar mandi
Sumber: Freepik

Peran asisten rumah tangga atau ART ternyata sangat besar jika menyangkut tentang kebersihan rumah. Tidak heran, kita menjadi sangat ketergantungan dengan peran seorang ART.

Lalu, jika suatu hari ART harus melakukan perjalanan mudik saat lebaran, kita cenderung kebingungan dan kerepotan untuk membersihkan rumah.

Ruparupa Banner

Banyak hal yang harus kita lakukan, mulai dari mencuci piring, mengepel ruang tamu, hingga membersihkan kamar mandi. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi.

Kali ini, kami punya tips untuk membersihkan kamar mandi yang bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah.

Bagaimana Cara Membersihkan Kamar Mandi Saat ART Mudik?

Kamar mandi merupakan salah satu area di rumah yang paling mudah kotor. Untuk itu, kita harus membersihkannya secara rutin. Meski tidak ada ART di rumah, kamu bisa membersihkannya dengan mudah, lho. Berikut cara yang bisa kamu lakukan.

1. Buat Jadwal kebersihan

Jika memungkinkan, memang sebaiknya kita perlu membersihkan kamar mandi setiap hari secara bertahap. Namun, kalau kamu merasa kerepotan, kamu bisa membuat jadwal kebersihan setiap 3 hari sekali atau 5 hari sekali.

Pastikan membuat jadwal dengan rentang waktu yang tidak teralalu lama agar kotoran tidak menumpuk dan menjadi sarang kuman.

Baca Juga:   5 Alat Untuk Membersihkan Rumah Terbaik

2. Gunakan cairan pembersih noda kuning di toilet duduk atau jongkok

Bagian kamar mandi yang paling susah dibersihkan adalah ketika melihat toilet dalam keadaan kotor dan menyisakan noda kuning. Untuk itu, kamu perlu membersihkannya segera dengan menggunakan sikat WC dan cairan pembersih khusus.

Nah, kami memiliki rekomendasi sikat kamar mandi dan pembersih toilet yang ampuh membasmi noda di permukaan toilet berikut ini.

tips membersihkan kamar mandi
Tatay Sikat Toilet – Silver

Beli di sini

tablet pembersih toilet
Astonish Set 10 Pcs Tablet Pembersih Toilet

Beli di sini

3. Sikat kerak lantai menggunakan sikat lantai

Lantai kamar mandi cenderung mudah meninggalkan noda berkerak dan membuat lantai menjadi licin. Jadi, pastikan kamu menghilangkan kerak dan lumut menggunakan sikat lantai.

Tipsnya adalah gunakan bumbu dapur, seperti garam dan baking soda, untuk menghilangkan licin di lantai . Namun, jika ingin lebih praktis, kamu bisa menggunakan cairan pembersih lantai dengan aroma sereh atau lavender.

Nah, kami memiliki rekomendasi produk sikat lantai dan cairan pembersih khusus lantai keramik, seperti berikut ini.

sikat lantai
Satto Sikat Kamar Mandi – Putih

Beli di sini

tips membersihkankamar mandi
Astonish 1 Ltr Premium Pembersih Lantai Lavender

Beli di sini

4. Membersihkan kaca kamar mandi

Kamar mandi yang bersih juga akan tampak dari tampilan kaca kamar mandi. Hal ini karena kaca kamar mandi sering berembun dan menyebabkan noda mudah menempel di atasnya.

Nah, untuk menciptakan tampilan kamar mandi yang terawat, kamu bisa menggunakan wiper dan cairan pembersih kaca, seperti produk rekomendasi berikut ini.

tips membersihkan kamar mandi
Krisbow Alat Pembersih Kaca Dengan Handle 25.4 Cm

Beli di sini

cairan pembersih kaca
Mr Muscle 500 Ml Clear Pembersih Kaca Anti Bakteri

Beli di sini

5. Angkat sisa rambut di lubang kamar mandi

Masalah toilet mampet yang sering dialami banyak orang adalah adanya tumpukan rambut menutupi saluran pembuangan kamar mandi. Jadi, pastikan kamu rutin mengangkat sisa rambut di saluran pembuangan kamar mandi.

Baca Juga:   Resep Es Kuwut Kelapa Muda KW, Minuman Segar Buka Puasa

Nah, kamu bisa menggunakan sarung tangan karet agar tangan tetap higienis.

sarung tangan karet
Sarung Tangan Karet Latex All Size – Kuning

Beli di sini

tips membersihkan kamar mandi
Sarung Tangan Karet Dual Warna 21.5 Cm

Beli di sini

6. Basmi noda karat di keran atau shower

Dalam membersihkan kamar mandi tidak hanya berfokus pada bagian keramik lantai atau keramik dinding, tetapi kamu juga perlu memastikan bagian keran dan shower dalam keadaan bersih.

Segera bersihkan kedua benda ini jika terdapat noda karat di permukaannya. Kamu bisa membersihkan noda karat dengan menggunakan cairan pembersih khusus, seperti berikut ini.

cairan pembersih shower
Astonish 750 Ml Premium Limescale Remover

Beli di sini

tips membersihkan kamar mandi
Astonish 750 Ml Pembersih Kamar Mandi

Beli di sini

7. Ganti keset kamar mandi secara rutin

Tips membersihkan kamar mandi berikutnya adalah rutin mengganti keset kamar mandi dengan rajin. Selain handuk, keset mar mandi juga menjadi salah satu benda yang sangat kotor.

Nah, bila keset sudah dalam keadaan basah, kamu harus segera menjemurnya agar tidak berlumut. Tenang, kami memiliki rekomendasi keset kamar mandi sebagai cadangan saat memerlukan keset pengganti.

keset kamar mandi
Krishome 40×60 Cm Set 2 Pcs Keset Kamar Mandi Brick – Abu-abu Tua

Beli di sini

Nah, itu tadi beberapa tips membersihkan kamar mandi yang bisa kamu terapkan saat ART pulang ke kampung halaman dalam waktu yang cukup lama.

Bagi kamu yang mencari berbagai alat kebersihan untuk membersihkan rumah selama ART mudik, kamu bisa menemukannya hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini menyediakan berbagai kebutuhan home living dari brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.