22 Tanaman Pagar untuk Menghiasi Rumahmu

0
841
Tanaman pagar untuk rumah

Kamu ingin halaman rumahmu terlihat lebih cantik ? Atau kamu mau rumahmu memiliki privasi yang lebih ? Cobalah menggunakan tanaman pagar alami. Halaman rumah kamu juga akan menjadi lebih hijau dan asri loh, Ruppers! Selain itu, biasanya tidak sulit untuk merawat tanaman ini jadi akan sangat cocok untuk di rumahmu.

22 Tanaman Pagar untuk Hiasi Rumah

Berikut 22 tanaman pagar yang dapat kamu gunakan untuk menghiasi halaman rumahmu atau memberinya privasi lebih :

Tanaman Boksus/Boxwood

Tanaman pagar Boxwood
Sumber : thespruce.com

Tanaman pagar pertama yang sering ada di rumah-rumah adalah boxwood. Boxwood ini dapat tumbuh subur dan memadat. Selain itu, tanaman ini sangat mudah dibentuk dengan berbagai kreasi kamu, seperti kotak, lingkaran, hati, dan lain-lain. Tanaman boxwood ini juga memerlukan pemotongan rutin ya, Ruppers. Tetapi dengan adanya tanaman ini, dijamin rumah kamu akan menjadi lebih asri, hijau, dan nyaman. 

Scarlet firethorn

Tanaman Scarlet Firethorn
Sumber : etsy.com

Tanaman satu ini dapat menjadi pelindung rumah yang ampuh loh, Ruppers. Scarlet firethorn memiliki bunga putih yang cantik dan buah merah yang menawan. Namun, pada cabangnya terdapat banyak duri dan juga kaku. Hal inilah yang menjadikannya sebagai tanaman pagar sekaligus pelindung rumah yang baik. 

Mawar

Bunga mawar
Sumber : stocksy.com

Siapa yang tidak menyukai keindahan bunga mawar ? Bunga yang sangat cantik dan harum ini juga dapat kamu jadikan tanaman pagar loh. Beberapa jenis mawar dapat tumbuh dengan mudah dan cepat tanpa perlu perawatan khusus. Dengan kecantikan bunganya ini, kamu pasti akan lebih betah di rumah.

Juniper

Tanaman pagar juniper
Sumber : thetreecenter.com

Tanaman satu ini dapat tumbuh dengan cepat menjadi semak atau pohon tegak yang cantik dan cocok menjadi pagar alami di rumahmu. Kamu juga dapat dengan mudah memangkas juniper ini sesuai dengan kreativitasmu. 

Cemara kipas

Pohon cemara kipas
Sumber : pixiesgardens.com

Pohon cemara kipas juga dapat kamu jadikan salah satu pilihan tanaman pagarmu. Sedikit berbeda cemara lainnya, pohon ini tumbuh tidak terlalu tinggi, yaitu sekitar 3 sampai 6 meter saja. Karena itulah pohon ini cocok untuk dijadikan tanaman pagar.

Hydrangea

Tanaman pagar hydrangea
Sumber : hgtv.com

Tanaman hydrangea ini akan sangat cantik jika kamu jadikan sebagai pagar rumahmu. Hydrangea dapat tumbuh di tempat yang sejuk dan terkena sinar matahari. Bunganya yang indah juga akan sangat memanjakan mata. 

Bunga mentega

Bunga mentega
Sumber : topinspired.com

Tanaman selanjutnya adalah bunga mentega. Bunga mentega ini mampu menyaring polusi udara dan juga dapat menahan angin ataupun panas. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 4,5 meter. Tetapi, kamu harus berhati-hati ya, karena semua bagian bunga mentega mengandung racun. 

Spirea

Tanaman pagar spirea
Sumber : jardinpourvous.com

Tanaman satu ini sangat unik dengan daun yang halus dan dapat berguguran. Spirea memiliki bunga dengan warna putih atau pink. Kamu dapat menanamnya di tempat yang subur, lembab, dan dengan drainase yang baik. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 2,5meter sehingga akan sangat cocok dijadikan tanaman pagar. 

Japanese euonymus

Japanese euonymus
Sumber : thespruce.com

Selanjutnya, tanaman pagar yang juga cocok untuk di rumahmu adalah japanese euonymus. Tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat dan dapat mencapai 4,5 meter. Jika kamu rasa sudah terlalu tinggi, kamu dapat memangkasnya sesuai dengan keinginanmu.

Tanaman bambu

Tanaman bambu
Sumber : weatherstationary.com

Ternyata bambu juga dapat menjadi tanaman pagar yang sangat bagus loh, Ruppers Bambu dapat memberikan kesan menawan pada rumah dan karena tumbuh tinggi dapat membuat rumah lebih memiliki privasi. 

Bunga soka

Bunga Soka Jawa
Sumber : multiflorafernandopolis.blogspot.com

Tanaman satu ini mungkin sering kamu temukan di rumah orang. Tanaman semak satu ini tumbuh cukup lambat sehingga kamu tidak perlu sering-sering memangkasnya. Bunga soka akan sangat cantik saat bermekaran, jadi tentunya akan membuat rumahmu menjadi lebih indah.

Pakis

Tanaman pakis
Sumber : amazon.com

Kamu dapat mencoba menanam tanaman pakis di pagar atau tembok rumahmu untuk membuatnya terlihat cantik. Selain itu, kamu juga dapat menanamnya di tanah agar pakis dapat berkembang lebih besar. Rumahmu pasti akan menjadi lebih asri. 

Glossy abelia

Glossy abelia
Sumber : plants.ces.ncsu.edu

Tanaman satu ini memiliki bau yang sangat harum dan juga daun yang hijau mengkilap. Bunga dari glossy abelia ini berbentuk terompet. Kamu dapat memangkasnya untuk membuat pagar yang rendah. Tanaman pagar satu ini mampu bertahan selama 5 bulan.

Morning glory

Morning glory
Sumber : bobvila.com

Si cantik satu ini dapat menjadi salah satu pilihan tanaman pagar untuk rumahmu. Morning glory tumbuh merambat pada pagar rumah dan memiliki bunga biru yang sangat cantik. Selain itu, bunganya akan sangat harum saat mekar di pagi hari. 

Kembang sepatu

Kembang sepatu
Sumber : deavita.fr

Tanaman yang cocok untuk menjadi pagar rumahmu selanjutnya adalah kembang sepatu. Kembang sepatu ini tidak memerlukan perawatan yang sulit. Kamu hanya perlu membiarkannya tumbuh lalu bentuklah seperti pagar. 

Clematis

Tanaman clematis
Sumber : hometalk.com

Jika kamu memiliki pagar rumah yang sudah mulai usang, cobalah untuk mengakalinya dengan menggunakan tanaman rambat clematis ini. Tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat dan cepat beradaptasi. Tentunya clematis dapat menjadi pilihan tanaman pagar yang bagus untuk rumah kamu.

Privet

Tanaman privet
Sumber : etsy.com

Banyak orang yang juga sering memakai tanaman privet ini sebagai tanaman pagar rumahnya. Privet dapat tumbuh dengan cepat dan juga kuat, sehingga dapat menahan angin dan polusi udara.

Pittosporum

Pittosporum
Sumber : pinterest @ryanreed

Tanaman selanjutnya adalah pittosporum yang merupakan semak hijau yang sangat menawan. Susunannya yang padat membuatnya sangat mudah untuk dipangkas sesuai kreasi kamu. Tidak heran kalau tanaman ini menjadi favorit.

Pucuk merah

Tanaman pucuk merah
Sumber : kwekersvergelijk.nl

Pastinya kamu sudah tidak asing dengan tanaman satu ini karena sering ada di taman-taman. Tanaman ini memiliki ciri khas sesuai namanya yaitu memiliki daun berwarna merah pada bagian atas dan hijau di bawah. Kamu juga dapat memangkasnya sesuai kreativitas untuk membuat tanaman pagar yang indah. 

American Holly

American Holly
Sumber : fast-growing-trees.com

Pohon american holly ini memiliki kemiripan dengan pohon cemara, hanya saja pohon ini memiliki bentuk yang lebih unik, yaitu menyerupai piramida. American holly juga memiliki bunga putih cantik dan juga buah dengan warna merah. Kamu dapat rutin memangkasnya agar pohon ini dapat tumbuh dengan cantik. 

Bougenville

Tanaman bougenville
Sumber : monrovia.com

Tanaman satu ini juga dikenal dengan bunga kertas karena kelopaknya yang tipis. Tetapi, bougenville memiliki warna yang sangat cantik dan memanjakan mata, seperti merah muda, ungu, dan putih. Kamu dapat menggunakan bougenville untuk menjadi pagar rumahmu. 

Lidah mertua

Lidah mertua (sansevieria)
Sumber : theplanthunter.com.au

Tanaman ini cukup istimewa loh, Ruppers. Bagaimana tidak, lidah mertua ini dapat menyaring berbagai senyawa berbahaya yang ada di udara, salah satunya adalah karbon dioksida. Hal itulah yang membuat lidah mertua sangat cocok dijadikan tanaman pagar. Tanaman ini mampu tumbuh hingga 75 cm, dan kamu dapat menambahkan dudukan agar dapat terlihat semakin tinggi. 

Nah, jadi itu tadi 22 tanaman pagar yang dapat kamu gunakan untuk halaman rumahmu. Kira-kira mana nih yang kamu suka ? Berikut rekomendasi produk dari Ruparupa.com yang dapat kamu gunakan untuk merawat tanaman pagarmu : 

Yardsmith Bypass Pruner Gunting Dahan
Yardsmith Bypass Pruner Gunting Dahan beli di Ruparupa.com
Kris Garden Penyiram Tanaman 5 Ltr
Kris Garden Penyiram Tanaman 5 Ltr beli di Ruparupa.com