Ruppers, pernah mendengar istilah tanaman obat? Istilah itu merujuk pada beberapa tanaman yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan dan meredakan berbagai penyakit. Tanamannya pun ada berbagai macam, mulai dari buah, rempah-rempah, tanaman berdaun, serta berbunga.

Nah, Anda pasti mengetahui beberapa tanaman yang sudah terkenal khasiatnya. Misalnya seperti jahe, temulawak, buah pepaya, dan lain-lain. Tapi, beberapa tanaman ini mungkin masih asing di telinga Anda. Padahal, ternyata tanaman-tanaman berikut ini juga kaya manfaat, lho! Anda pun bisa menanamnya di pekarangan rumah agar lebih mudah saat dibutuhkan. Ini dia 15 tanaman obat dan manfaatnya!

Promo hari ini

1. Tanaman Obat Meniran

tanaman obat meniran
Sumber : commons.wikimedia.org

Anda mungkin sering melihat tanaman yang mirip dengan putri malu ini. Tanaman ini sering ditemui di pinggir jalan dan dikira tanaman liar tanpa manfaat. Tapi jangan salah. Ternyata meniran hijau punya banyak khasiat, lho. Seperti menurunkan gula darah, mencegah batu ginjal, meningkatkan kesehatan hati, menangkal radikal bebas, bersifat antimikroba, mengobati rematik, mengatasi penyakit kulit, dan bahkan mengobati penyakit kuning.

2. Rempah Khas Indonesia : Temu Mangga

temu mangga
Sumber : commons.wikimedia.org

Rempah yang satu ini merupakan rempah khas Indonesia yang sayangnya kurang dikenal. Tapi, khasiatnya juga tidak kalah dari rempah lainnya. Dilansir dari Brilio.net, temu mangga mengandung antiseptik alami, bersifat laksatif yaitu kandungan yang sering ditemukan pada obat pencahar. Rempah ini bermafaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, antioksidan tinggi, mengandung kandungan anti kanker, mengandung antiinflamasi, dan juga meremajakan kulit.

3. Sambiloto : “The King of Bitter”

tanaman obat sambiloto
Sumber : my.m.wikipedia.org

Tanaman ini juga banyak ditemui di Indonesia. Rasanya pahit, namun khasiatnya juga tidak kalah banyak. Manfaat tanaman obat yang sering dijuluki “King of Bitter” ini adalah untuk menurunkan demam, anti-parasit dan bakteri, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, mencegah diabetes, mengatasi flu, meningkatkan fungsi hati, mencegah penyakit jantung, membantu menyembuhkan infeksi sinusitis, baik untuk pencernaan, serta mengatasi anemia.

4. Tanaman Obat Daun Saga

daun saga
Sumber : commons.wikimedia.org

Selain meniran, ada juga tanaman liar lain yang kaya manfaat. Namanya adalah daun saga. Dilansir dari health.grid.id, daun saga mengandung Protein, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B6, Vitamin C, Saponin, Flavonoid, Tannin, Alkaloid, Kalsium oksalat, Glisirizin, Flisirizinat, Polygalacturomic acid, dan Pentosan. Tak heran, tanaman ini dapat bermanfaat untuk berbagai penyakit seperti membantu mengatasi demam, batuk, sakit tenggorokan, sakit perut, flu, asma, sakit mata, malaria, gigitan serangga dan ular, hingga membantu merawat rambut.

5. Kumis Kucing : Bunga yang Kaya Manfaat

kumis kucing
Sumber : flickr.com

Mungkin, diantara tanaman obat lainnya, tanaman inilah yang paling sering Anda dengar. Tanaman herbal yang dikenal memiliki zat anti radang ini memiliki banyak khasiat sehingga banyak digunakan untuk menyembuhkan dan meredakan berbagai penyakit. Antara lain yaitu melancarkan saluran kemih, mengobati rematik, asam urat, batuk, diabetes, hipertensi, gusi bengkak, serta meringankan luka di kulit.

Bagian yang dimanfaatkan dari kumis kucing untuk menyembuhkan masuk angin dan sakit pinggang adalah daunnya. Cara mengolah daun kumis kucing ini pun cukup mudah. Anda tinggal merebus beberapa helai daun pada air secukupnya, lalu diminum. Selain bermanfaat, bunganya yang cantik juga cocok untuk ditanam di pekarangan rumah, bukan?

6. Bunga Kenop, Tanaman Obat yang Cantik

bunga kenop
Sumber : needpix.com

Ada lagi tanaman herbal yang mampu memberikan kesan cantik pada pekarangan rumah Anda. Tanaman ini adalah bunga kenop atau yang biasa disebut bunga kancing dan kembang puter ini berasal dari Amerika dan Asia. Selain berfungsi sebagai tanaman hias, bunga kenop juga kaya manfaat. Diantaranya berkhasiat mengobati radang mata, sakit kepala, demam, disentri, batuk, asma, juga menambah nafsu makan.

Cara menanam bunga tanaman obat ini juga cukup mudah. Bunga hanya perlu dipelihara dengan tetap disiram, memeriksa sensor kelembaban tanah, dan pemupukan secara reguler. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa merebus sepuluh kuntum bunga bersama jahe, lalu meminum air rebusannya sebanyak tiga kali sehari secara rutin. Ramuan ini bermanfaat untuk menyembuhkan asma atau sesak napas.

7. Daun Patah Tulang untuk Patah Tulang

daun patah tulang
Sumber : flickr.com

Selain bermanfaat, tanaman yang memiliki bentuk menarik ini tak jarang dijadikan sebagai tanaman hias bagi sebagian orang. Seperti namanya, daun patah tulang bermanfaat untuk mengobati patah tulang dan berbagai penyakit lainnya. Mulai dari sakit gigi, penyakit kulit, juga cedera ringan. Tapi, Anda perlu berhati-hati saat hendak menggunakan tanaman ini sebagai obat. Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada ahli kesehatan. Getah tanaman ini berbahaya jika mengenai mata karena berpotensi menyebabkan kebutaan permanen.

8. Daun Tempuyung

daun tempuyung
Sumber : id.wikipedia.org

Anda mungkin pernah menemui tanaman yang satu ini. Siapa sangka, tanaman yang sering ditemui di sekitar kita ini ternyata memiliki banyak manfaat. Dilansir dari indtimes.com, daun tempuyung mengandung banyak sumber alami yang baik untuk tubuh seperti asam amino, polifenol, protein; alfa dan beta-amyrin, lipid, hidrokarbon polimer, lupeol, pseudotaraxasterol, dan taraxasterol. Tanaman herbal ini bermanfaat untuk mengurangi kadar asam urat, mengatasi batu ginjal, mencegah hipertensi, menyembuhkan peradangan, dan mengobati luka bakar atau memar.

9. Tanaman Obat Sosor Bebek

tanaman sosor bebek
Sumber : commons.wikimedia.org

Tanaman ini memang sering tumbuh liar di kebun. Tapi, tanaman sosor bebek juga banyak dijadikan sebagai tanaman hias dan khasiatnya dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Tanaman dengan bentuk seperti paruh bebek ini memiliki antiseptik untuk menyembuhkan luka, meredakan sakit kepala dan demam, mengatasi sakit gigi, mengobati wasir, melegakan pernapasan, mengatasi gigitan nyamuk, serta meredakan sakit amandel.

10. Keji Beling, Tanaman Obat dari Negara Tropis

keji beling
Sumber : su.wikipedia.org

Daun keji beling merupakan tanaman obat yang bisa tumbuh di negara tropis seperti Indonesia. Tanaman yang memiliki permukaan halus dan sedikit berbulu ini terkenal mampu membantu mengobati berbagai penyakit. Seperti penyakit diabetes, kanker, tumor, batu ginjal, wasir, ambeien, menangkal radikal bebas, dan juga bisa meringankan depresi, lho.

11. Daun Encok untuk Penyakit Sendi

daun encok
Sumber : flickr.com

Seperti namanya, tanaman ini digunakan untuk mengobati penyakit rematik, nyeri sendi, nyeri pinggang, dan juga beberapa penyakit lainnya seperti sakit kepala, penyakit kulit, pelancar buang air kecil, sampai kanker darah. Hal ini dikarenakan di dalamnya terdapat kandungan kimia yang baik untuk tubuh. Tetapi, Anda harus tetap berhati-hati ketika menggunakannya karena daun ini bersifat beracun. Jangan menempelkan daun encok terlalu lama agar kulit tidak melepuh.

12. Daun Sage

tanaman obat daun sage
Sumber : pixabay.com

Walaupun tidak seterkenal tanaman obat daun lainnya, daun sage ternyata biasa digunakan sebagai bumbu dan rempah bahkan banyak digunakan sebagai salah satu komponen pengharum pada sabun dan kosmetik. Daun ini mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh. Manfaatnya antara lain dapat menurunkan gula darah dan kolesterol, pengobatan alzheimer, mengendalikan peradangan, mengurangi gejala manapouse, menyehatkan mulut, mencegah diare, menyehatkan tulang, dan menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

13. Tanaman Obat Pasak Bumi

pasak bumi
Sumber : id.m.wikipedia.org

Tanaman obat yang satu ini sudah sejak lama dipercaya berkhasiat bagi vitalitas pria. Tapi ternyata manfaat pasak bumi lebih dari itu, lho. Tanaman ini juga dapat membantu mengatasi penyakit lainnya mulai dari mengatasi masalah kesuburan, menurunkan stress, membantu membentuk dan membesarkan otot, meningkatkan testosteron, hingga meningkatkan energi.

14. Gandheli : Tanaman Obat Langka

tanaman obat gandheli
Sumber : commons.wikimedia.org

Tahukah Anda? Tanaman obat bunga ini sangatlah langka bahkan sempat dianggap punah. Gandheli hanya terdapat di wilayah Borjan, Tinsukia, India. Meski langka, tanaman ini banyak diburu karena khasiatnya yang dapat membantu menyembuhkan penyakit kanker rahim, kanker usus, dan membantu melawan virus HIV.

15. Tanaman Obat Pegagan

tanaman obat pegagan
Sumber : pxhere.com

Kalau tanaman yang satu ini, mungkin banyak kaum hawa yang sudah tidak asing dengan nama latinnya yaitu Centella asiatica yang biasa digunakan dalam kandungan skincare. Manfaat daun pegagan untuk wajah adalah untuk mengatasi jerawat dan penuaan dini. Tapi selain itu, ternyata daun ini memiliki segudang manfaat lainnya. Seperti meningkatkan fungsi otak dan daya ingat, mengatasi depresi, memperbaiki sirkulasi darah, menyamarkan stretchmark, menyembuhkan luka, sampai mengobati penyakit alzheimer.

Nah, kelima belas tanaman obat tadi memiliki banyak manfaat, kan walaupun jarang terdengar? Anda juga bisa lho menanamnya di rumah mengingat terdapat beberapa jenis tanaman yang mudah ditemukan dan dirawat. Yang terpenting sebelum mulai menanam, sediakanlah pot berkualitas dengan ukuran yang sesuai kebutuhan. Yuk, temukan berbagai desain pot menarik di Ruparupa.com agar area taman dan pekarangan rumah Anda bisa terlihat lebih asri serta menarik!

Promo sepeda