Resep Alpukat Kocok Segar Mudah dan Pasti Enak

0
4335

Selain rasanya yang nikmat, alpukat memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Nah, kalau kamu bosan mengonsumsi buah alpukat begitu saja, kamu bisa membuatnya menjadi alpukat kocok yang lezat, lho!

Alpukat kocok merupakan salah satu minuman kekinian yang akan terasa segar jika kamu nikmati di siang hari. Selain untuk minuman yang melegakan dahaga, alpukat kocok juga bisa jadi menu buka puasa, lho.

Ruparupa Banner

Minuman berbahan dasar alpukat yang ditambah dengan susu dan es batu ini, juga bisa memberikan rasa kenyang dalam waktu lama. Lalu, apakah sulit untuk membuat alpukat kocok?

Tenang saja, cuma butuh waktu 20-30 menit kamu sudah bisa menyajikan kelezatan dari buah avokad berwarna hijau ini. Caranya dengan mengikuti resep alpukat kocok seperti berikut ini.

Bahan-bahan

resep alpukat kocok bahan

  • 1 buah alpukat
  • 4 sdm susu kental manis (boleh lebih)
  • 1 sdt selasih
  • 250 ml susu full cream
  • Secukupnya es batu
  • Santan instan (opsional)
  • Topping sesuai selera: bisa memakai mangga potong, nata de coco, irisan cokelat, dan sebagainya

Cara Membuat Alpukat Kocok

1. Belah buah alpukat menjadi dua, lalu buang bagian bijinya. Kemudian, kerok daging atau isi alpukat menggunakan sendok.

alpukat kocok belah alpukat

2. Masukkan hasil kerokan buah alpukat ke dalam wadah dan lumatkan dengan kasar. Jika menginginkan tekstur yang lebih halus dan lembut, kamu bisa menghaluskannya menggunakan blender.

resep alpukat kocok

3. Kemudian, seduh selasih dengan air panas secukupnya dan tunggu hingga mengembang.

resep alpukat kocok

4. Sambil menunggu, kamu dapat mencampurkan kental manis dengan alpukat di dalam wadah tersebut sampai merata. 

Baca Juga:   Resep Tongseng Kambing Empuk dan Anti Gagal

resep alpukat kocok

5. Lalu, saring selasih yang sudah mengembang dan masukkan ke dalam campuran alpukat. 

6. Tambahkan susu full cream dan es batu sesuai selera. Jika kamu menginginkan rasa yang lebih creamy dan gurih, kamu bisa menambahkan sedikit santan instan. 

resep alpukat kocok

7. Aduk campuran susu dan es batu tersebut agar rasanya semakin nikmat. Kamu bisa menambahkan topping, seperti susu kental manis, mangga potong, nata de coco, keju, coklat, hingga bubuk milo.

resep alpukat kocok

Nah, itu dia resep alpukat kocok yang dapat kamu buat dengan mudah di rumah. Selain itu, kamu bisa membuatnya kapan saja untuk dinikmati bersama orang-orang terdekat, khususnya saat ada acara keluarga ataupun di bulan Ramadan.

Tips Memilih Alpukat Segar dan Matang

Pastikan kamu membeli buah alpukat yang segar dengan tingkat kematangan yang pas ya, Ruppers. Ini dia beberapa cara untuk memilih alpukat yang bagus.

  • Berwarna hijau tua yang hampir menghitam.
  • Tekstur kulitnya sedikit bergelombang.
  • Saat ditekan terasa lembut, tetapi tidak meninggalkan bekas tekanan pada kulitnya.
  • Tarik ujung batang yang menempel di alpukat. Kalau berwarna coklat atau hijau tua berarti sudah matang. Namun, kalau masih berwarna hijau muda, alpukat masih belum siap dimakan dan bertekstur keras.

Kalau saya biasanya selalu membeli buah-buahan segar hanya dari Segari. Alpukat dari Segari memiliki kesegaran terbaik dan daging yang empuk sehingga sangat cocok untuk kamu gunakan dalam membuat resep ini. 

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi baik bagi kesehatan tubuh. Tidak heran kalau buah ini sering menjadi pilihan sebagai menu makanan sehat.

Baca Juga:   Resep Seblak Kuah Pedas Nampol ala Rumahan

Kandungan lemak sehat dan serat di dalam buah alpukat juga bisa membuat kita terasa kenyang lebih lama. Inilah yang membuat alpukat bisa dijadikan sebagai makanan untuk program penurunan berat badan.

Lalu, apa saja manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh? Simak berikut ini.

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Mengontrol tekanan darah
  • Menjaga kesehatan mata
  • Mencegah penyakit kanker

Nah, agar alpukat terasa semakin nikmat, kamu bisa mengolahnya menjadi minuman jus segar dan juga alpukat kocok seperti resep di atas. Cukup siapkan beberapa peralatan berikut ini.

Philips Hand Blender
Philips Hand Blender beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Kels Set 3 Pcs Belle Blender
Kels Set 3 Pcs Belle Blender beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Kamu juga akan memerlukan mangkuk saji dan gelas cantik agar dapat menyajikannya lebih lebih menawan. Berikut rekomendasi produk yang dapat kamu gunakan. 

Appetite 255 Ml Set 3 Pcs Jordan Mangkuk Saji
Appetite 255 Ml Set 3 Pcs Mangkuk Saji

Beli di sini

Krischef 312 Ml Set 6 Pcs Gelas
Krischef 312 Ml Set gelas

Beli di sini

Semua peralatan masak dan perlengkapan dapur tersebut dapat kamu temukan di Ruparupa.com, lho.

Tidak hanya itu, situs satu ini juga menjual berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan masih banyak lagi, lho. 

Nah, pastikan juga kamu membeli semua bahan masakan berkualitas, seperti sayuran, buah, dan daging segar hanya di Segari dengan klik link berikut ini: https://segari.id/. Belanjaan kamu langsung sampai ke rumah, lho.

Selamat membuat kreasi alpukat kocok yang lezat di rumah.