Rekomendasi Jenis Wajan Penggorengan dan Cara Memilihnya

0
331
wajan penggorengan

Memasak dan menggoreng di wajan penggorengan merupakan pekerjaan yang menyenangkan, apalagi bila dengan menggunakan peralatan memasak yang modern dan sehat. Peralatan memasak dan menggoreng sekarang ini juga tersedia dalam berbagai model. Bahannya pun juga bermacam-macam, dengan berbagai kualitas yang bisa anda pilih.

Memasak selain memperhatikan soal rasa, juga harus memperhatikan kehigienisan dari peralatan memasak yang digunakan. Hal tersebut karena peralatan memasak juga berpengaruh pada hasil masakan yang diolah. Sehingga dalam hal ini, memilih peralatan yang baik untuk kesehatan juga harus menjadi perhatian utama.

Rekomendasi Jenis wajan penggorengan

Wajan penggorengan merupakan salah satu peralatan memasak yang banyak digunakan sehari-hari. Bahkan bisa dikatakan, peralatan ini hampir setiap hari digunakan. Karena dalam sehari-hari, menu masakan keluarga hampir bisa dipastikan, pasti ada masakan yang diolah dengan cara digoreng. Demikian juga dengan makanan cemilan atau jajanan gorengan.

Wajan penggorengan sendiri ada bermacam-macam. Baik dilihat dari bahan, model, maupun kegunaannya. Mengetahui berbagai jenis wajan serta kegunaannya, perlu untuk anda ketahui sebelum anda memutuskan untuk membelinya. Berikut ini beberapa jenis wajan penggorengan menurut bahan, serta manfaatnya.

1. Frypan

Flonal 24 Cm Meteora Wajan Penggorengan

Wajan penggorengan ini memiliki ciri bentuknya datar, berbahan Teflon. Wajan ini membutuhkan sedikit minyak untuk menggoreng, dan memiliki kelebihan bahan masakan tidak mudah lengket. Karena sifatnya ini, wajan jenis ini banyak disukai oleh para ibu rumah tangga, dan juga banyak digunakan para ahli masak di resto-resto ternama.

Baca Juga:   10 Cookware Serbaguna untuk Ramadhan

2. Wajan berlapis keramik

Chef Topf 24 Cm Wajan Penggorengan – Pink

Wajan jenis ini selain terlihat cantik dan menarik, juga baik bagi kesehatan. Bahan keramik yang dipakai akan tidak bereaksi dan membentuk zat berbahaya setelah terkena panas pada saat memasak. Akan tetapi, harga dari wajan ini juga cukup mahal karena bahan keramik yang digunakan.

3. Grilled dan grilled pan

Char-Broil Pemanggang Arang Dan Gas

Wajan jenis ini biasanya digunakan untuk memanggang. Wajan penggorengan jenis ini memiliki ciri permukaan lapisan atas yang bergerigi. Lapisan bergerigi ini yang berfungsi untuk meletakkan bahan makanan yang dipanggang, seperti daging untuk sajian steak, roti, tape, dan yang lainnya.

Kelebihan dan kekurangan wajan dari berbagai bahan

Flonal 24 Cm Meteora Wajan Penggorengan

Merawat wajan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Hal ini dikarenakan, setiap bahan yang digunakan untuk membuat wajan memiliki sifat sendiri-sendiri. Merawat dengan benar sesuai dengan sifat bahan wajan selain membuat wajan menjadi awet, juga bisa  terhindar dari resiko berbahaya akibat reaksi kimia yang mungkin timbul akibat kerusakan bahan.

Wajan yang terbuat dari teflon. Bahan teflon memang mudah dalam pemakaian, karena selain tidak membutuhkan banyak minyak, bahan teflon tidak mudah lengket bila digunakan untuk memasak. Akan tetapi bahan Teflon akan cepat rusak dan menjadi racun apabila lapisan teflon sudah mengelupas karena panas dan bercampur dengan bahan masakan.

Wajan berbahan keramik. Wajan dengan bahan ini lebih sedikit risiko keracunan yang ditimbulkan. Karena bahan keramik tidak mudah bereaksi akibat panas kecuali pada suhu yang teramat tinggi yang bisa merusak lapisan keramik  yang digunakan.

Baca Juga:   Kenali Kegunaan Hand Blender yang Kaya Manfaat

Wajan berbahan kaca. Wajan jenis ini selain cantik dalam penampilan juga cukup aman bagi kesehatan. Dalam suhu yang cukup panas, bahan kaca tidak bereaksi menimbulkan zat berbahaya, bahkan aman dari toxid atau bahan kimia.

Wajan berbahan stainless steel. Merupakan wajan paling aman bagi kesehatan. Bahan stainless steel tidak menimbulkan reaksi berbahaya saat terkena panas. Wajan jenis ini juga terlihat sangat cantik dan elegan dalam penampilan.

Tips Memilih wajan penggorengan yang  baik untuk kesehatan

Memilih wajan penggorengan memang harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati. Sebaiknya anda bukan hanya melihat bentuk dan modelnya yang terlihat cantik dan menarik. Akan tetapi anda juga harus mengetahui terbuat dari bahan apa, dan apakah berbahaya bagi kesehatan atau tidak. Secara umum, bahan wajan yang aman untuk kesehatan adalah:

  1. Wajan yang terbuat dari keramik
  2. Wajan yang terbuat dari kaca
  3. Wajan yang terbuat dari stainless steel
  4. Wajan yang terbuat dari besi

Baik wajan yang terbuat dari Teflon, dari besi, stainless steel, kaca, ataupun keramik, semua bisa anda dapatkan dengan lengkap di ruparupa.com. berbelanja di sini berbagai pilihan wajan penggorengan tersedia. Di sini anda juga bisa mendapatkan wajan penggorengan dari harga terendah hingga harga ekslusif ‘

Model yang disediakan juga bermacam-macam, dari model klasik hingga model ter update sekelas dengan wajan penggorengan yang digunakan oleh master chef ternama. Berbelanja di ruparupa.com akan membuat anda merasa sebagai chef ternama dan memasak dengan penuh rasa gembira.

Editor: Ariel Natasya