7 Rekomendasi Jenis Wajan Penggorengan dan Cara Memilihnya

0
2235

Salah satu peralatan masak yang praktis dan wajib kita mililki di rumah untuk memasak adalah wajan penggorengan. Alat satu ini berfungsi untuk memasak bahan makanan yang memakai minyak.

Untuk itulah, memilih wajan penggorengan tidak boleh sembarangan. Soalnya,  alat masak ini akan berpengaruh pada hasil makanan dan kesehatan kita semua.

Ruparupa Banner

Lalu, Apa Saja Jenis Wajan Penggorengan?

Wajan penggorengan merupakan salah satu alat masak yang digunakan untuk menggoreng maupun menumis. Selain kita perlu memilih wajan yang antilengket dan tidak mudah mengelupas, kita juga bisa membeli wajan dari bentuknya.

Apalagi, setiap bentuk dan model wajan ini punya kegunaannya masing-masing. Nah, berikut adalah beberapa jenis wajan penggorengan menurut bahan dan manfaatnya.

1. Frypan

Frypan biasanya mempunyai bentuk datar dengan bahan teflon. Jenis wajan ini membutuhkan sedikit minyak untuk menggoreng dan tidak mudah lengket.

Tidak heran bila frypan menjadi primadona di antara ibu rumah tangga dan para ahli masak di resto-resto ternama.

wajan penggorengan
Flonal 24 Cm Meteora Wajan Penggorengan
Wajan penggorengan dari aluminium mampu menyebarkan panas secara merata.

Beli di sini

Cooking Color Wajan Penggorengan
Cooking Color 24 Cm Hoshiko Wajan Penggorengan
Wajan dengan lapisan anti lengket dan kualitas food grade.

Beli di sini

2. Wajan Berlapis Keramik

Selain terlihat cantik dan menarik, wajan berlapis keramik juga baik bagi kesehatan. Wajan ini juga disebut sebagai ceramic coated karena terbuat dari bahan dasar logam dan keramik. 

Bahan keramik yang dipakai tidak akan bereaksi dan membentuk zat berbahaya ketika terkena panas saat memasak, seperti berikut ini.

wajan keramik
Chef Topf 30 Cm Natural Wajan Induksi
Wajan dengan ceramic coating yang anti lengket dan tahan goresan.

Beli di sini

wajan berlapis keramik
Flonal 24 Cm Ecosphere Wajan Penggorengan High
Wajan dengan ceramic coating yang ringan dan mudah dibersihkan.

Beli di sini

3. Grill Pan

Wajan jenis ini banyak digunakan untuk memanggang. Grill pan memiliki ciri permukaan lapisan atas yang bergerigi. Lapisan bergerigi ini berfungsi untuk meletakkan bahan makanan yang dipanggang, seperti daging, roti, tape, dan lainnya.

Baca Juga:   Mana Lebih Bagus, Oven atau Airfryer?

Biasanya, grill pan dapat digunakan untuk oven, kompor gas, induksi, listrik, dan halogen, seperti berikut ini.

grill pan
Starfrit 28 Cm Wajan Panggang Cast Iron Grill pan dengan penyebaran panas yang cepat dan merata, bisa kamu pakai untuk oven.

Beli di sini

4. Wok Pan

Kamu pasti sudah tidak asing dengan jenis wajan ini. Bagian bawah wajan wok berbentuk cekung. Selain itu, kamu bisa menemukan 2 gagang di bagian kiri dan kanannya.

Jenis wajan ini biasanya dipakai untuk menumis dan menggoreng dengan memakai banyak minyak atau deep fried. Soalnya, cekungan wajan ini cukup dalam sehingga kita bisa seluruh bagian bahan makanan yang digoreng bisa tertutup minyak.

jenis wajan wok
Selma 32 Cm Wajan Penggorengan Bristol                Wajan antilengket dengan 2 gagang ergonomis untuk digenggam.

Beli di sini

wajang penggorengan wok
Culinart 34 Cm Wajan Ck-95-2a
Wajan wok yang dapat kamu gunakan untuk seluruh jenis kompor.

Beli di sini

5. Teflon Antilengket

Teflon merupakan jenis wajan antilengket yang umum dipakai dalam rumah tangga. Selain mudah dibersihkan, kamu juga bisa membuat makanan sehat tanpa menggunakan banyak minyak.

wajan penggorengan teflon
Sitram 22 Cm Wajan Penggorengan – Hitam
Wajan teflon antilengket dan dapat kamu gunakan untuk kompor induksi.

Beli di sini

6. Wajan Penggorengan Telur

Sesuai namanya, wajan satu ini dipakai untuk menggoreng telur. Meski begitu, kamu pun dapat membuat pancake dan kulit risol dengan menggunakan wajan tersebut.

Ada dua bentuk wajan penggorengan telur yang bisa kamu temukan, yaitu wajan kotak dan melingkar. Berikut rekomendasi wajan kotak yang bisa kamu gunakan di rumah.

wajan penggorengan telur
Krischef 13×18 Cm Wajan Penggorengan Telur Curling – Hitam
Wajan ini terbuat dari material berkualitas cocok untuk membuat omelet, pancake , dan kulit risol.

Beli di sini

7. Wajan Multifungsi

Wajan multifungsi bisa dipakai untuk membuat makanan secara bersamaan. Soalnya, wajan ini terdiri dari beberapa area masak untuk memanggang, menumis, dan menggoreng telur. Buat kamu yang cukup sibuk, wajan ini bisa menjadi pilihan tepat.

wajan serbaguna
Cooking Color 48×27 Cm Thor Wajan Panggang 3in1
Wajan dengan 3 area masak untuk membuat makanan secara bersamaan.

Beli di sini

wajan multifungsi
Selma Bima Wajan Panggang 3 In 1 – Abu-abu
Wajan multifungsi untuk memasak makanan lebih cepat dan mudah.

Beli di sini

Lantas, Bagaimana Cara Memilih wajan penggorengan yang  baik untuk kesehatan?

Setiap jenis wajan tentunya digunakan untuk memasak bahan makanan yang berbeda-beda. Nah, saat membeli wajan, kita harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Pilih wajan yang cekung atau cukup dalam

Model wajan yang cekung atau dalam akan memudahkan kita saat mengaduk bahan makanan. Jadi, masakan kita tidak mudah mengotori kompor di dapur.

2. Perhatikan gagang wajan

Pastikan gagang wajan tidak mudah panas dan lengket. Jadinya, kita bisa memasak dengan lebih cepat dan praktis.

3. Pilih material yang antilengket

Permukaan wajan yang antilengket bisa memudahkan kita saat memasak. Jadi, bahan makanan tidak mudah menempel di atas permukaan wajan.

Baca Juga:   5 Cara Menyimpan Bumbu Dapur agar Tahan Lama

4. Perhatikan material wajan

Permukaan wajan biasanya dilapisi dengan beberapa bahan, seperti teflon, kaca, keramik atau marmer, dan staineless steel. Tentunya, setiap material wajan tersebut punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Kelebihan dan Kekurangan Material Wajan yang Sering Digunakan

Kamu tidak boleh merawat wajan secara asal. Sebab, setiap materialnya mempunyai sifat masing-masing. Oleh sebab itu, kamu harus merawat wajan sesuai dengan sifat yang dimilikinya agar wajan jadi awet dan terhindar dari kerusakan.

1. Wajan Bahan Teflon

Wajan yang terbuat dari teflon tidak membutuhkan banyak minyak dan tidak mudah lengket. Jadi, kamu bisa menghemat kebutuhan minyak goreng.

Namun, bahan teflon akan cepat rusak dan menjadi racun bila lapisannya sudah mengelupas dan bercampur dengan bahan makanan.

2. Wajan Bahan Keramik

Risiko keracunan yang ditimbulkan oleh wajan keramik lebih sedikit karena bahan keramik tidak mudah bereaksi akibat panas, kecuali pada suhu yang teramat tinggi dan merusak lapisan keramik.

3. Wajan Kaca

Wajan kaca mempunyai tampilan yang cantik dan aman bagi kesehatan. Dalam suhu yang cukup panas, bahan kaca tidak bereaksi menimbulkan zat berbahaya dan aman dari bahan kimia. 

Meski begitu, kamu harus menyimpan wajan dan alat masak kaca lainnya dengan benar agar tidak pecah dan rusak.

4. Wajan Stainless Steel

Wajan stainless steel aman bagi kesehatan karena tidak menimbulkan reaksi berbahaya saat terkena panas. Jenis wajan ini terlihat sangat cantik dan elegan dalam penampilan.

Selain itu, wajan stainless steel juga mudah dibersihkan dan mempunyai masa pakai yang cukup lama. Berikut rekomendasi wajan stainless steel yang bisa kamu gunakan.

wajan stainless
Krischef 30 Cm Wajan Stainless
Wajan dengan kualitas food grade dan penyebaran panas yang merata.

Beli di sini

Bila kamu sedang mencari wajan yang terbuat dari teflon, besi, stainless steel, kaca, dan keramik, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah hanya melalui ruparupa

Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai peralatan dapur dan perabot rumah tangga dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi. Yuk, belanja sekarang!