Lebih dari sekedar penunjuk waktu, jam dinding kini hadir untuk mempercantik dan menambah nilai estetika sebuah ruangan. Upaya menempatkan jam dinding, ternyata dinilai lebih efektif karena dapat dilihat dari berbagai arah oleh semua pengguna ruangan. Ada banyak jam dinding unik yang bentuknya memikat. Namun Anda harus mulai memilah-milah untuk dekorasi rumah Anda, karena penempatan jam dinding pun harus sesuai dan selaras dengan tempat dimana Anda akan meletakkannya. Jika pemilihannya tepat, maka akan menambah karakter dan daya tarik tata ruang di rumah Anda.

Berikut adalah kriteria yang harus Anda perhatikan dalam memilih jam dinding unik:

jam dinding untuk dekorasi rumahMengenali Bahan

Saat memilih jam dinding, usahakanlah agar Anda tidak hanya jatuh cinta pada modelnya. Namun Anda harus menyesuaikan jam dinding dengan gaya serta tata letak ruangan Anda. Mengenali bahan adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Jika ruangan Anda bergaya klasik, Anda dapat memilih jam dinding unik berbahan kayu yang memiliki kesan lebih natural. Sementara jika ruangan Anda bergaya modern, anda dapat memilih jam dinding berbahan metal, aluminium atau plastik. Dan jika ruangan Anda bergaya glamour, yang akan sangat tepat untuk melengkapi dinding ruangan Anda adalah jam dinding yang berbahan logam mahal seperti stainless steel, perunggu atau bahkan perak.

Kontraskan Warna

jam dinding untuk dekorasi rumahWarna pada elemen setiap furnitur ruangan ternyata dapat mempengaruhi mood seseorang saat berada di dalam ruangan tersebut. Jadi, pemilihan warna juga sangat menentukan. Pilihlah warna jam dinding yang bertolak belakang dengan warna dinding Anda. Jika warna dinding ruangan Anda putih, pilihlah warna jam dinding yang berwarna gelap. Menempatkan jam dinding unik berwarna gelap pada ruangan yang didominasi warna putih atau warna-warna pastel akan membuat ruangan jadi lebih menarik. Jika dinding rumah Anda didominasi putih, jangan ragu menaruh jam berwarna hitam atau biru navy.

jam dinding untuk dekorasi rumahTentukan Tempat

Pemilihan desain jam dinding sebaiknya disesuaikan dengan fungsi ruangan. Ruang keluarga dan ruang makan adalah tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga. Ruang keluarga harus bisa menjadi tempat yang memberikan kenyamanan bagi seluruh anggota keluarga. Nah, fungsi jam dinding sendiri pun jangan sampai mengganggu esensi ruangan tersebut. Ukurannya tidak perlu terlalu besar dan tidak perlu terlalu kecil. Tempatkanlah di tengah tengah ruangan agar seluruh anggota keluarga mudah untuk melihat waktu. Untuk ruang keluarga, taruhlah jam dinding unik yang warnanya lebih hangat sementara untuk ruang makan bisa menempatkan jam yang memiliki model tematis seperti dalam bentuk sendok garpu. Di dalam kamar tidur, keberadaan jam dinding tentulah sangat penting karena ini bisa digunakan sebagai penunjuk waktu agar Anda dapat mengingat waktu istirahat maupun waktu beraktivitas Anda.

Sebenarnya karakter penghuni ruangan sangat berpengaruh dalam menentukan model jam. Jika Anda memiliki hobi bermain musik, Anda bisa memilih jam yang memiliki gambar not balok. Sedangkan untuk kamar anak, Anda bisa memilih jam dinding dengan warna-warna terang atau bergambar tokoh kartun. Beberapa detil dalam jam seperti model angka, model jarum dan bentuknya juga mempengaruhi esensi jam dinding itu sendiri. Untuk ruangan yang bergaya vintage, jam dinding dengan angka romawi juga sangat cocok untuk ditempatkan dalam ruangan Anda.

Jika Anda memiliki rencana untuk menambah koleksi jam dinding unik untuk memperindah dekorasi rumah Anda, Anda bisa menemukannya di dalam pilihan jam unik untuk dinding. Selamat pilah-pilih jam dinding!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here