header_banner_dekstop_cta_memilih_jam_dinding

6 Cara Memilih Jam Dinding buat Di Rumah dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Keberadaan jam dinding di rumah memang  penting. Gak cuma hanya menjadi hiasan dan sekadar mengisi dinding yang kosong, jam dinding juga dapat berfungsi sebagai pengingat waktu. Kamu pun bisa memakai jam dinding untuk menciptakan ruangan yang lebih menarik.


Untuk itulah, selain perlu memperhatikan bentuk dan model, tata letak jam dinding juga penting. Jadinya, kamu bisa melihat waktu dengan lebih mudah dan bisa mempercantik ruangan di rumah.

Nah, berikut cara memilih jam dinding yang tepat dan sesuai buat di rumah. 

1.  Tentukan ruangan untuk meletakkan jam dinding


Pertama-tama, pastikan kamu mengetahui ruangan atau lokasi untuk meletakkan jam dinding. Jadi, kamu bisa lebih gampang mencari jam dinding yang sesuai dengan tema ruangan. 


Kalau untuk di kamar tidur, kamu bisa memakai jam dinding dengan model bulat dan ukuran yang tidak terlalu besar. Sedangkan untuk di area ruang keluarga, kamu bisa memakai jam dinding dengan model yang lebih unik untuk mempermanis ruangan.

2.  Sesuaikan ukuran jam dengan luas dinding 


Jam dinding harus diletakkan di bagian yang cukup tinggi  atau agak ke atas. Biar terlihat dari sisi mana saja, kamu perlu memastikan ukuran jam dinding cukup besar.  Umumnya, ukuran jam dinding memiliki diameter sekitar 25-30 cm.


Jika ruangan tidak terlalu besar, jam dinding dengan diameter 20-25 cm sudah cukup. Lain halnya kalau ruangan sangat besar, pastikan kamu memakai jam dinding dengan diameter di atas 30 cm.


Nah,  berikut rekomendasi jam dinding yang dapat jadi pilihan.

3. Pilih bahan yang tahan lama


Pastikan kamu tidak memilih jam hanya karena jatuh cinta pada modelnya.  Mengenali bahan adalah hal pertama yang harus kamu lakukan. Umumnya, bahan jam dinding terdiri dari kayu, plastik, dan stainless steel. 


Jadi, kamu bisa menyesuaikan dengan tema ruangan. Kalau mau bergaya klasik, kamu bisa memakai jam dinding kayu. Sedangkan untuk ruangan bergaya modern, kamu bisa memakai berbahan metal, seperti stainless steel, perunggu, atau bahkan perak.

alat-dapur-banner-sisip-desktop

4. Perhatikan bentuk dan model jam dinding


Karena diletakkan pada area dinding, biasanya jam ini menjadi titik fokus di dalam ruangan. Kamu bisa memakai bentuk jam dinding yang unik, seperti asimetris atau oval. Namun, pastikan modelnya tetap sederhana dan tidak terlalu ramai.  Namun, kalau kamu mau mencari bentuk yang simpel, jam dinding bulat dan oval bisa jadi pilihan yang tepat. 


Yuk, cek beberapa rekomendasi model jam dinding untuk hiasan rumah berikut ini.

5. Pastikan jam dinding punya warna yang kontras


Pastikan juga kamu memakai jam yang warnanya berbeda dari area dinding atau lebih terang. Kalau cat dinding berwarna putih, kamu bisa memakai jam yang warnanya  lebih gelap, seperti hitam, abu-abu, dan biru tua, seperti berikut ini.

Sebaliknya, kalau dinding di dalam ruangan agak gelap, maka kamu bisa pilih jam dinding yang lebih terang, seperti kuning, merah, dan hijau. Berikut rekomendasi jam dinding warna terang.

6. Sesuaikan desain dengan tema ruangan


Desain jam dinding juga sangat beragam. Jadi, kamu perlu menyesuaikan dengan tema ruangan biar terlihat lebih harmonis dan menawan.  Selain itu, pilih model jam dinding yang memiliki angka mudah dibaca. Jadi, kamu pun tidak akan salah membaca jam meski dari kejauhan.