7 Perlengkapan Wajib Ada Saat Mudik Pakai Motor

0
1072
mudik pakai motor
Sumber: Unsplash.com

Selain mudik dengan mobil dan transportasi umum, seperti bus dan kereta,  motor juga menjadi alah satu opsi kendaraan untuk pulang kampung. Soalnya, menggunakan motor dinilai lebih cepat dan praktis, terlebih jika kita hanya berkendara sendiri.

Namun, tidak seperti mobil yang memang didesain untuk perjalanan jauh, tentunya kita perlu ekstra hati-hati ketika mengendarai sepeda motor.

Ruparupa Banner

Nah, salah satu caranya adalah dengan menggunakan perlengkapan motor yang mampu menunjang kenyamanan dan keselamatan saat menempuh perjalanan mudik.

Apa Saja Perlengkapan Motor Untuk Perjalanan Jauh?

Bila kamu akan melakukan perjalanan pulang kampung dengan motor, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, mulai dari merencanakan rute perjalanan hingga menyiapkan perlengkapan mudik.

Lantas, apa saja yang wajib dibawa oleh para pengedara motor agar perjalanan mudik tetap aman dan lancar? Berikut adalah jawabannya.

1. Helm Berstandar SNI

Benda satu ini merupakan alat pelindung diri dan keselamatan yang wajib kamu punya. Tidak hanya untuk mudik, tentu kamu juga harus menggunakan helm saat berkendara motor sehari-hari.

Agar lebih aman, gunakanlah helm full face dengan kaca bening, yang tidak menggangu pandangan kamu. Pastikan juga memakai helm yang nyaman dan tidak kekecilan atau terlalu longgar.

2. Jas hujan

Cuaca yang tidak bisa diprediksi seringkali menjadi hambatan saat kamu mudik pakai motor. Tanpa adanya persiapan, seperti jas hujan, bisa-bisa kamu kehujanan di tengah perjalanan sehingga menimbulkan ketidaknyamanan saat berkendara.

Oleh karena itu, pilihlah jas hujan dengan material yang tidak menyerap air, seperti rekomendasi berikut ini.

jas hujan mudik motor
Krisbow Jas Hujan Ukuran M – Biru Navy
Jas hujan dengan bahan PVC berkualitas yang tidak menyerap air

Beli di sini

jas hujan
Krisbow Jas Hujan Pvc Ukuran L – Kuning
Jas hujan yang kuat dan tidak mudah sobek sehingga nyaman dipakai.

Beli di sini

3. Sarung tangan

Sarung tangan berguna untuk melindungi tangan kamu dari sengatan matahari. Selain itu, bila kamu memakai sarung tangan, maka bisa mencegah agar tidak licin ketika memegang stang motor dalam waktu yang lama.

Nah, sebagai saran, gunakanlah sarung tangan full finger dengan bantalan khusus yang mampu memberikan kenyamanan ekstra saat berkendara, seperti rekomendasi kami berikut ini.

sarung tangan motor
Motoboy Sarung Tangan Motor Full Finger – Merah
Sarung tangan full finger dengan bantalan luar untuk menghindari benturan nyaman digunakan sehari-hari atau saat touring.

Beli di sini

sarung tangan mudik motor
Krisbow Sarung Tangan Pengaman Synthetic Leather Ukuran L – Oranye
Sarung tangan full finger dengan dot PVC untuk meningkatkan grip dan mencegah benturan.

Beli di sini

4. Masker

Perjalanan mudik dengan menggunakan motor tentu akan membuat kamu rentan terkena debu dan asap kendaraan lain. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan masker khusus untuk naik motor. Selain itu, selalu siapakan masker cadangan di dalam tas.

Nah, kami mempunyai rekomendasi masker yang dilengkapi dengan neoprene dan filter N95 yang mampu menyaring partikel kecil, seperti debu, bakteri, dan virus secara efektif.

masker mudik motor
Promask Masker Motor Neoprene Dengan Filter N95 – Hitam
Masker motor untuk menyaring debu dan virus.

Beli di sini

masker untuk mudik pakai motor
Promask Masker Motor Neoprene Dengan Filter N95 – Camo
Jaga kebersihan udara dengan masker berikut ini.

Beli di sini

5. Obat-obatan

Benda berikutnya yang tidak boleh ketinggalan adalah obat-obatan. Mengingat kamu akan terkena angin dalam waktu yang cukup lama, setidaknya kamu perlu memiliki obat anti mabuk dan masuk angin agar perjalanan mudik tidak tertunda.

Baca Juga:   5 Tips Hemat Tenaga Membersihkan Rumah Saat Puasa

Tentunya, pastikan tubuh kamu berada dalam kondisi prima sebelum memulai perjalanan, ya!

6. Tali Jaring

Apakah kamu berniat membawa oleh-oleh untuk keluarga dan sanak saudara di kampung halaman? Kalau ya, maka kamu memerlukan tali jaring untuk menjaga barang agar tidak jatuh dari motor.

Meski begitu, ingat untuk tidak membawa muatan berlebih karena dapat membuat motor cepat rusak dan meningkatkan risiko keselamatan.

Kami juga mempunyai rekomendasi tali jaring motor multifungsi, seperti di bawah ini.

tali jaring motor
Hebe Tali Jaring Motor
Tali dengan 6 unit pengait dan lenutr sehingga dapat ditarik untuk memperpanjang ukuran tali.

Beli di sini

tali jaring pengait motor
Hebe Tali Jaring Motor M010
Tali untuk mengikat barang di bagian belakang motor sehingga lebih aman dan praktis saat berkendara.

Beli di sini

7. Smartphone Holder

Bermain ponsel memang tidak diperbolehkan saat berkendara. Namun, ketika kamu membutuhkannya untuk melihat peta, maka kamu memerlukan penyangga agar tetap bisa berkendara tanpa harus memegang ponsel.

Berikut adalah rekomendasi penyangga ponsel yang bisa kamu gunakan buat di motor.

penyangga ponsel motor
Hypersonic Holder Smartphone Motor Hpa578-3 – Hitam
Penyangga ponsel anti slip untuk semua jenis ponsel dan dapat diputar 360 derajat.

Beli di sini

Nah, itu tadi beberapa perlengkapan mudik pakai motor yang wajib kamu punya agar perjalanan lebih aman dan lancar. Tidak perlu bingung mencari perlengkapan di atas karena kamu bisa mendapatkannya dengan mudah hanya melalui ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai alat pengaman dan perabot rumah tangga lainnya dari brand-brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.

Yuk, pastikan perjalanan kamu tetap aman sampai tujuan.