Perbedaan Sapu Ijuk dan Jenis Lainnya

0
3097
sapu ijuk

Alat bersih-bersih seperti sapu ijuk tentu harus ada di rumah dan di setiap tempat. Karena tanpa alat ini bukan hanya ruangan di dalam rumah yang kotor tetapi juga jalanan menjadi penuh dengan sampah dan daun yang berguguran. Ada perbedaan yang harus diketahui juga saat membersihkan ruangan di dalam rumah dengan membersihkan halaman rumah. Ada jenis ijuk dan lidi yang mana penggunaannya memang sudah diperuntukkan sesuai dengan fungsinya agar bisa digunakan maksimal.

Jika salah dalam menggunakan sapu ijuk dan lidi maka aktivitas bersih-bersih tidak akan sesuai dengan yang kita harapkan. Ruangan masih sangat kotor, tidak bisa dibersihkan hingga tuntas dan lain sebagainya. Lalu apa sebenarnya perbedaan dari sapu ijuk dan lidi ini? Manakah yang memang direkomendasikan untuk digunakan bersih-bersih setiap harinya?

Ruparupa Banner

Perbedaan Sapu Ijuk dan Lidi

Sapu ijuk biasanya juga disebut dengan sapu ijuk yang mana seringkali kita temui di tiap rumah. Harganya jugaa sangat terjangkau sehingga alat ini memang wajib ada agar kita bisa dengan mudah membersihkan debu, sampah atau material lain yang membuat rumah jadi kotor. Ada lembaran tebal tetapi lentur serta cocok digunakan untuk membersihkan lantai di dalam rumah atau ruangan dan di permukaan yang rata. Meski begitu, dalam penggunaannya Anda juga harus melihat sifat alami ijuk yang akan mengalami kerontokan.

Di awal penggunaan, Anda bisa membersihkan jenis sapu ini dengan mengibaskannya agar lembaran ijuk terlepas. Karena jika tidak dilakukan maka saat Anda menyapu yang ada malah tambah kotor. Lembaran ijuk akan ikut terlepas dan lantai tidak mudah bersih. Setelah di rumah ada sapu ijuk, baik sore, siang atau pagi pun tidak akan kesulitan untuk membersihkan rumah agar bebas dari kotoran dan debu yang menempel.

Baca Juga:   7 Tips Mudah Menyapu Lantai untuk Rumah Lebih Bersih

Berbeda halnya jika Anda memilih sapu lidi. Ketika di rumah sedang membersihkan pekarangan atau halaman yang penuh dedaunan, jenis sapu ini adalah yang terbaik. Jenis lidi yang dimilikinya umumnya terbuat dari pelepah kelapa atau aren sehingga cocok untuk membersihkan pekarangan rumah. Jenis ini juga tidak akan merusak halaman rumput di rumah Anda. Karena kerikil pun bisa ikut tersapu sehingga bersih sempurna.

Sapu jenis lidi bisa digunakan untuk waktu yang cukup lama karena bahannya yang awet. Cocok untuk menyapu jalanan atau aspal yang permukaannya tidak rata. Jenis ini sangat direkomendasikan jika ingin membersihkan banyak sampah yang berserakan di halaman rumah. Dengan teknik menyapu yang benar maka Anda akan mudah membersihkan banyak sampah yang berserakan.

Perbedaan dengan Jenis Sapu Lainnya

1. Jenis Sapu Plastik

Aricasa Sapu Plastik Indoor/Outdoor

Jika memilih sapu lidi dan ijuk dirasa sangatlah besar perbedaannya. Lalu bagaimana dengan sapu plastik? Anda bisa menemukan sapu plastik dengan warna cerah dan berbentuk atau bernuansa buah jeruk. Sapu ini pas jika memang Anda ingin tampilan lebih unik dan menarik untuk membersihkan ruangan di dalam rumah. Penggunannya disarankan untuk lantai dan permukaan yang rata.

2. Sapu Mini dan Kerokan

Sapu Dan Pengki Mini – Ungu Putih

Saat ini bukan hanya sapu dengan bentuk besar yang dijual di pasaran. Tetapi berukuran kecil atau mini, sapu jenis ini sedang banyak diburu. Mereka bisa menyimpan peralatan kebersihan ini dengan mudah karena tidak memakan banyak tempat. Dengan ukuran yang kecil, maka jenis ini bisa untuk membersihkan lekukan furniture atau area lain yang membutuhkan serokan saat Anda bersih-bersih.

Baca Juga:   10 Alat Kebersihan Wajib Ada di Rumah Baru

3. Sapu Lidi dengan Gagang Panjang

Proclean Sapu Dan Pengki – Krem

Jangan lupakan jenis sapu lidi yang memiliki gagang panjang ini. Sebab, jenis ini memang yang paling disukai karena memudahkan kita dalam memegang ataupun melakukan gerakan menyapu. Sapu lidi memiliki ketahanan mumpuni dan patut diperhitungkan untuk membersihkan halaman rumah. Anda bisa menyimpannya dengan menggantungnya begitu saja karena di ujung gagang sudah dilengkapi gantungan yang berfungsi dengan baik.

4. Sapu dan Pengki

Set Sapu Dan Pengki – Abu Abu Oranye

Perbedaan sapu ijuk dan pengki adalah dari bahannya. Untuk sapu dan pengki yang dijual dalam satu paket biasanya terbuat dari bahan yang lembut dan berkualitas. Sehingga untuk membersihkan lantai pun jadi lebih maksimal. Keistimewaan dari jenis ini adalah adanya tutup pengki yang bisa diayun agar mencegah kotoran keluar kembali saat Anda sudah membersihkannya. Penggunaan yang praktis dan penyimpanan yang mudah cocok untuk siapa saja yang ingin peralatan kebersihan ini awet. Cocok untuk yang suka kepraktisan karena Anda bisa membeli sapu jenis ini dalam 2 in 1.

Mengetahui perbedaan sapu ijuk dan lidi ataupun jenis lainnya akan memudahkan Anda dalam memilih manakah alat yang tepat untuk bersih-bersih. Jika jenis sapu yang Anda pilih tidaklah sesuai dengan tempat yang Anda bersihkan maka bisa jadi tempat tersebut makin kotor. Pilihlah sapu yang memang diperuntukkan sesuai dengan fungsinya.

Agar bisa menemukan berbagai macam jenis sapu seperti lidi, ijuk, bergagang panjang ataupun sapu plastik, Anda bisa mengunjungi ruparupa.com. Ruang dimana segala macam peralatan kebersihan atau dekorasi rumah tersedia dengan kualitas baik. Dapatkan harga terjangkau dengan mengunjungi ruparupa.com sekarang juga.

Editor: Ariel Natasya