Perbedaan Matras dengan Tempat Tidur

0
699
matras dengan tempat tidur

Matras dengan tempat tidur, bila mendengar kata matras, mungkin yang terbayang dalam pikiran anda adalah sebuah peralatan yang biasa Anda gunakan untuk berolahraga. Hal tersebut memang wajar, karena selama ini orang memang menganggap bahwa matras adalah sebagai peralatan dalam berolahraga. Sehingga anggapan tersebut memang sudah dianggap sebagai sebuah definisi bagi pengertian matras itu sendiri.

Apabila mengacu pada makna harfiahnya, matras memiliki arti sebagai alas berupa kasur dan terbuat dari busa, spon, latex , pvc, kapuk, dengan permukaan empuk dan padat. Matras bisa memiliki fungsi sebagai sarana olah raga, dan juga bisa sebagai alas untuk tidur. Ukurannya juga bervariasi, mulai dari yang peling kecil hingga yang paling luas dan lebar.

Macam-macam jenis matras

Kalau selama ini Anda mengenal matras hanya sebagai alas untuk berolah raga, di sini akan membahas mengenai bermacam-macam jenis matras sekaligus fungsinya. Sebenarnya ada banyak sekali jenis matras baik dari bahannya, bentuknya, maupun kegunaannya. Di sini Anda akan mengenal lebih jauh mengenai macam-macam matras dari bahannya, bentuknya, dan juga dari kegunaannya.

1. Matras dari bahan pembuatannya

matras olahraga
Akasha Matras Olahraga Pvc

Dilihat bahan untuk membuat matras memang ada bermacam—macam. Ada matras yang terbuat dari karet atau latex, pvc, katun, dan juga rami. Biasanya masing-masing bahan matras dibuat untuk keperluan yang berbeda-beda pula. Bahan pembuat matras ini juga sangat mempengaruhi kualitas dari matras terutama dalam hal kelekatannya.

Matras yang terbuat dari karet atau latex, memiliki daya lekat ke lantai yang sangat kuaat. Hal ini mengurangi risiko matras tergeser saat adanya gerakan, sehingga mengakibatkan tergelincir. Demikian juga dengan bahan dari pvc. Bahan ini juga memiliki daya lekat ke lantai yang cukup kuat. Kelemahannya, bahan karet dan pvc kurang bisa menyerap  keringat , dan ada juga yang berisiko alergi terhadap kedua bahan ini.

Bahan pembuat matras lainnya adalah dari bahan katun dan rami. Matras yang terbuat dari rami memiliki daya serap keringat yang cukup bangus. Sayangnya, bahan rami memiliki tekstur yang cukup kasar sehingga berisiko menimbulkan lecet pada kulit pemakai. Sedangkan bahan katun bagus karena lembut dan menyerap keringat dengan baik. Matras dari kain katun memiliki kelemahan, yaitu bahan yang lekat di kulit, membuat sulit saat melakukan gerakan perpindahan.

2. Matras berdasarkan kegunaannya

matras olahraga
Berwyn Matras Olahraga Wave 10 Mm – Pink

Matras sebenarnya memiliki arti yang luas. Matras bukan hanya sebagai alat untuk alas olahraga saja, akan tetapi juga bisa berfungsi sebagai alas untuk tempat tidur. Dengan kata lain, tempat tidur yang biasa kita gunakan untuk tidur juga termasuk jenis matras juga. Artikel ini akan membahas bermacam-macam jenis matras yang berdasarkan kegunaannya.

Matras untuk olahraga adalah matras yang biasa digunakan sebagai alas untuk olah raga. Biasanya olah raga yang menggunakan matras adalah senam lantai dan juga yoga. Di sini matras berfungsi sebagai alas olah raga, dan untuk melindungi anggota tubuh dari kemungkinan cidera akibat benturan langsung dengan lantai.

Fungsi matras lainnya adalah sebagai alas untuk tidur. Kasur, busa, springbed itu semua juga termasuk jenis matras. Hanya saja di sini matras untuk tempat tidur memiliki bermacam-macam jenis, berdasarkan ketebalannya, kelenturannya, dan juga dari keempukannya. Semua itu tentunya akan mempengaruhi kualitas dari tempat tidur itu sendiri.

Jenis Matras Tempat Tidur

Berikut ini bermacam-macam jenis matras tempat tidur.

1. Kasur angin

kasur angin
Bestway 185x76x22 Cm Kasur Angin Aslepa Dengan Sleeping Bag – Hijau

Sesuai namanya, kasur ini merupakan jenis matras yang terbuat dengan kontur yang di dalamnya berisi ruang yang bisa di isi oleh udara. Kasur angin memiliki sifat empuk, dan dari dalam kasur akan mengeluarkan angin saat digunakan atau mendapat tekanan dari atas. Kasur jenis ini sangat cocok untuk orang yang sakit dan harus berbaring dalam waktu yang lama.

2. Springbed

kasur
Verona 200×200 Cm Kasur – Putih/Abu-Abu

Alas tidur jenis ini sangat diminati banyak orang karena sifatnya yang lentur. Hal ini tejadi karena di dalam bantalan busa terdapat pegas penyangga. Kasur ini selain memberikan efek lentur dan juga sangat empuk. Kasur jenis ini sangat bagus untuk Anda yang memiliki masalah pada tulang punggung, karena bisa mengurangi rasa sakit pada punggung Anda.

3. Kasur lateks

kasur
Magniflex 90x200x25 Cm Kasur Memorable – Putih

Kasur ini memiliki desain yang tidak berbeda jauh dengan springbed. Yang membedakan, kasur latex memiliki tekstur lebih lembut dan memiliki kontur yang lebih fleksibel mengikuti bentuk tubuh. Kasur jenis ini juga mampu menyerap panas dengan dengan baik, ssehingga akan teras lebih sejuk. Kasur lateks kurang cocok untuk penderita sakit punggung.

Informasi tentang bermacam-macam tempat tidur dan jenis matras bisa anda dapatkan bila anda mengunjungi ruparupa.com Anda bisa mendapatkan berbagai jenis tempat tidur dan matras sesuai selera Anda, dan juga dengan pelayanan yang sangat memuaskan.

Editor: Sharon Suryaatmadja