6 Perbedaan Kompor Induksi dan Kompor Gas, Mana yang Lebih Hemat?

0
2305

Memasak menggunakan kompor gas sudah menjadi kebiasaan sebagain besar masyarakat Indonesia. Namun, ada juga yang memakai kompor induksi untuk memasak di rumah. 

Apalagi, penggunaan kompor ini ternyata bisa membantu kita lebih hemat saat memasak dibandingkan memakai kompor gas. Pastinya, hal ini bisa membantu kamu menekan pengeluaran rumah tangga, bukan?

Ruparupa Banner

Namun, ada beberapa orang yang mengira kalau kompor listrik dan induksi itu sama, padahal keduanya berbeda. Kompor listrik biasanya mengeluarkan panas melalui kumparan logam yang berada di bawah permukaan kompor berbahan kaca atau keramik.

Sedangkan kompor induksi merupakan salah satu jenis kompor listrik yang menggunakan radiasi elektromagnetik untuk memanaskan alat masak. Berbeda dengan kompor listrik, kompor ini bisa cepat kembali dingin.

Lain halnya dengan jenis kompor gas yang memakai bahan bakar gas dalam bentuk padatan cairan LPG atau lewat pipa saluran. Jadi, kita harus sering membeli tabung gas baru setiap kali isi bahan bakar tersebut habis.

Namun, Apa Bedanya Kompor Induksi dan Kompor Gas?

Nah, kali ini kami akan membahas perbedaan kompor gas dan kompor listrik induksi, meski keduanya memang berfungsi buat masak.

1. Sumber energi

Perbedaan utama antara kedua jenis kompor ini adalah sumber energi yang digunakan. Sesuai namanya, kompor listrik induksi bergantung pada arus listrik, sedangkan kompor gas membutuhkan gas LPG. 

Baca Juga:   Semakin Langka, Ini Dia 8 Pengganti Minyak Goreng

Saat terjadi pemadaman listrik, kita tetap bisa memasak di atas kompor gas. Soalnya, kita tidak membutuhkan daya listrik untuk mendapatkan panas.  

kompor gas dan kompor listrik
Sumber: unsplash.com

2. Efisiensi energi

Kompor induksi dipercaya lebih hemat energi daripada kompor gas. Jenis induksi ini mampu mematangkan 1 liter air dalam waktu 1 menit. Sedangkan kompor gas, membutuhkan waktu 8 menit untuk mematangkan 1 liter air.

Hal ini karena kompor induski bekerja dengan memusatkan energi pada wadah perantaranya sehingga lebih mudah menghantarkan panas. Berbeda dari kompor gas yang berfokus pada kekuatan api yang bisa saja terganggu oleh angin ataupun tekanan gas.

Kels Terra Kompor Induksi - Hitam

3. Penggunaan alat masak

Tidak semua peralatan masak bisa kita gunakan untuk kompor listrik induksi. Umumnya, kita perlu menggunakan panci dan wajan khusus yang bisa digunakan di atas lapisan induksi.

Lain halnya dengan kompor gas.  Kita bisa menggunakan berbagai jenis alat masak untuk membuat makanan. 

Scanpan 26 Cm Techniq Panci Bistro Induksi
Scanpan 26 Cm Techniq Panci Bistro Induksi

Beli di sini

Scanpan 32 Cm Classic Induction Panci Casserole
Scanpan 32 Cm Classic Induction Panci Casserole

Beli di sini

4. Tingkat keamanan

Kompor dengan lapisan induksi memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada kompor gas.  Soalnya, kompor gas lebih rawan terjadinya kebocoran pada bagian tabung ataupun selangnya, yang bisa menyebabkan kebakaran.

Namun, menggunakan jenis induksi juga perlu hati-hati karena dikhawatirkan terjadinya korsleting listrik. Jadi, saat menggunakannya, pastikan untuk selalu memeriksa setiap komponennya. 

5. Desain produk

Rumah bergaya minimalis modern tentu akan membeli perlengkapan rumah tangga dengan desain yang lebih estetik. Tidak heran jika rumah modern banyak menggunakan kompor jenis induksi ketimbang kompor gas. 

Baca Juga:   4 Tips Menyimpan Makanan Segar Agar Tahan Lama

Apalagi, jenis kompor listrik ini memiliki desain minimalis dan dilapisi oleh kaca induksi. Namun, kita perlu merawatnya dengan baik karena mudah meninggalkan goresan.

Berbeda dari kompor gas yang memiliki desain sederhana, tetapi tidak takut lecet. Berikut ini perbandingan desain kompor gas dan kompor induksi.

Sanken Kompor Gas 2 Tungku Sg-369dx2
Sanken Kompor Gas 2 Tungku Sg-369dx2

Beli di sini

Kels Terra Kompor Induksi
Kels Terra Kompor Induksi- Hitam

Beli di sini

6. Kebersihan

Membersihkan kompor sering kali menjadi pekerjaan rumah yang menyulitkan, terutama kompor gas. Soalnya, kita juga perlu mengangkat tungku kompor untuk dibersihkan.

Lain halnya dengan jenis induksi yang lebih mudah dibersihkan. Kita hanya perlu mengelap permukaan kompor yang datar tersebut menggunakan tisu dapur atau kain lap microfiber.

Ace Set 10 Pcs Lap Microfiber
Ace Set 10 Pcs Lap Microfiber

Beli di sini

Nah, itulah beberapa perbedaan kedua jenis kompor yang perlu kamu ketahui. Jadi, sudah siap beralih untuk menggunakan jenis kompor listrik?

Bila ya, kami punya beberapa rekomendasi kompor listrik jenis induksi yang bisa kamu beli di ruparupa.com seperti berikut. 

Kels Terra Kompor Induksi
Kels Terra Kompor Induksi- hitam

Beli di sini

Kris Kompor Induksi 2 Tungku 3500w
Kris Kompor Induksi- 2 Tungku 3500w

Beli di sini

Kris Kompor Induksi 1300 Watt
Kris Kompor Induksi- 1300 Watt

Beli di sini

Kels Kompor Induksi Round - Putih
Kels Kompor Induksi- Round – Putih

Beli di sini

Temukan  peralatan masak terbaik
hemat hingga 50% klik di sini

Di situs belanja online ruparupa.com, kamu juga bisa membeli perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama, seperti ACE, Informa, Krisbow, Ataru, dan lain-lain.