Ini Dia Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, Handsfree, dan Earbuds

0
18446

Musik adalah salah satu elemen penghibur banyak orang yang bisa menemani berbagai aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, banyak teknologi yang dikembangkan agar kita dapat mendengarkan musik dengan nyaman dan menyenangkan.

Tidak heran bila alat untuk mendengarkan musik  semakin beragam, dari headphone, headset, earphone, hingga earbuds. Memang, fungsi keempat alat tersebut sekilas terlihat sama, tetapi ada banyak perbedaan yang bisa kita perhatikan.

Ruparupa Banner

Bukan hanya dari bentuk, tetapi juga dari beberapa fitur yang ditawarkan. Jadinya, kita bisa memilih alat yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. 

Lantas Apa Saja Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, dan Earbuds?

Agar tidak salah beli, simak beberapa perbedaan dari keempat alat untuk mendengarkan musik tersebut berikut ini. 

1. Headphone 

Headphone adalah aksesori yang berfungsi untuk mendengarkan audio tanpa adanya microphone. Jadi, kamu tidak dapat menggunakannya untuk berkomunikasi. 

Bentuk alat audio satu ini biasanya mengikuti lengkungan kepala dan lengkap dengan bantalan penutup telinga yang cukup besar. Jadi, suara yang dihasilkan bisa punya kualitas yang lebih jernih karena dapat meminimalisir gangguan suara dari luar. 

Saat ini, headphone sudah hadir ke dalam dua bentuk yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, yaitu wireless (tanpa kabel) dan wired (berkabel). Berikut ini rekomendasi headphone yang bisa kamu beli.

Baca Juga:   11 Ide Hadiah untuk Penghargaan Karyawan Terbaik
Ataru Headphone Bluetooth P2 - Pink
Ataru Headphone Bluetooth P2

Beli di sini

2. Headset

Headphone dan headset sering dikira sama karena punya bentuk yang mirip. Padahal, fitur pada headset lebih lengkap daripada headphone

Headset memiliki microphone yang dapat kita pakai untuk berkomunikasi. Namun, suara yang dihasilkan oleh headset tidak sejernih pada headphone. Hal tersebut dikarenakan headset mengoptimalkan input dan output audio.

Biasanya, alat satu ini lebih sering digunakan untuk acara meeting online, main game, dan buat aktivitas online lainnya yang memerlukan komunikasi secara langsung.

Headset memiliki dua model, yaitu berbentuk lengkungan kepala tanpa kabel dan berupa kabel ringkas. Nah, kalau kamu lebih suka model yang mana nih?

Imoo Earcare Headset Green E2001ao
Imoo Earcare Headset Green E2001ao

Beli di sini

3. Earphone

Earphone merupakan versi lebih ringkas dari headphone. Alat satu ini memiliki bentuk yang lebih kecil berupa kabel praktis dengan konsep speaker in-ear

Desainnya yang simpel dan ringan membuat earphone menjadi pilihan utama banyak orang untuk mendengarkan lagu sambil beraktivitas. Sayangnya, earphone tidak dilengkapi dengan microphone. Berikut ini rekomendasi earphone yang dapat kamu gunakan.

Ataru Simple Earphone - Kuning
Ataru Simple Earphone – Kuning

Beli di sini

4. Handsfree

Pernahkah kamu mendengar istilah handsfree? Nah, handsfree merupakan alat pendengar musik yanglebih lengkap dari jenis lainnya. 

Handsfree memiliki beberapa fitur tambahan lebih lengkap, antara lain tombol volume, skip/pause, serta untuk mengangkat atau mematikan panggilan telepon.

Baca Juga:   7 Inspirasi Outfit Liburan yang Keren dan Fashionable

Tujuan dari fitur ini adalah untuk membantu para pengguna yang sibuk beraktivitas dalam berkomunikasi. Handsfree juga tersedia dalam bentuk kabel dan nirkabel via Bluetooth.

5. Earbuds

Earbuds dapat dikatakan sebagai teknologi terbaru dari alat pendengar musik.  Alat satu ini berbentuk kecil menyesuaikan dengan lubang telinga.

Namun, kamu tidak perlu ribet dengan kabel karena alat ini wireless. Earbuds juga dilengkapi dengan charging case. Jadi, kita cukup masukkan kembali ke case setelah digunakan untuk mengisi dayanya.

Nah, earbuds juga memiliki nama lain, yaitu “tws”, seperti rekomendasi kami berikut ini.

Ataru Wireless Earphone Tws Sa35 - Pink
Ataru Wireless Tws Sa35 – Pink

Beli di sini

Jadi, sekarang kamu sudah tahu ‘kan apa saja perbedaan dari kelima jenis alat pendengar musik ini? Kira-kira alat mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu?

Kamu bisa membeli alat pendengar musik canggih, seperti headphone, speaker, dan lainnya, hanya dari Ataru di ruparupa.com.

Miliki aksesori gadget canggih
hemat hingga 50% klik di sini

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, Pendopo, Selma, Toys Kingdom, Pet Kingdom, dan lain-lain.