Bebas Kusut dengan Setrika Uap

0
3407
perbandingan setrika uap dibanding setrika biasa

Dalam merawat pakaian, menyetrika merupakan hal yang sangat penting. Sama seperti noda, baju yang kusut pun akan sangat mengurangi estetika pakaian dan mengganggu mata yang memandang. Memang tidak semua pakaian perlu disetrika. Tetapi agar lebih rapi dan mudah dalam penyimpanan di lemari, akan lebih baik jika disetrika terlebih dahulu. Ada beberapa jenis setrika yang dapat digunakan, salah satunya adalah setrika uap.

Setrika uap adalah setrika yang sumber panasnya berasal dari uap air.

Berbeda dengan setrika biasa, plat setrika ini tidak hanya menghasilkan panas. Platnya juga menghasilkan uap air sehingga panas yang dihasilkan menjadi rata. Oleh karena itu setrika ini juga bisa menjadi pengering dan pelicin pakaian.

Ketahuilah bahwa tidak semua jenis pakaian bisa disetrika dengan menghabiskan waktu yang lama. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kebanyakan orang berulang-ulang membolak balik pakaian untuk digosok dalam waktu yang lama sampai kondisi pakaian rapi dan licin. Padahal ada beberapa bahan seperti chiffon, silk atau jenis pakaian seperti kebaya, jas dan bahan-bahan lembut lainnya yang sulit atau tidak bisa sembarangan di setrika. Untuk itu, setrika uap melakukan tugas lebih baik dan cepat dalam menghilangkan kerutan atau kusut di pakaian jika dibandingkan dengan setrika pada umumnya. Memiliki setrika jenis ini tentunya akan menghemat waktu Anda.

Sebenarnya, setrika uap sangat popular digunakan di laundry atau di butik-butik untuk memelihara kualitas pakaian. Selain unggul dalam efisiensi waktu dan tenaga kerja, setrika ini juga memiliki kecepatan menyetrika tiga kali lebih cepat dan hasil tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan setrika listrik biasa. Selain itu, dengan menggunakan setrika uap bisa mengurangi kemungkinan pakaian lengket atau robek karena aman untuk segala jenis sablon.

Setrika uap harus diperlakukan berbeda dengan setrika biasa.

Cara pemakaian yang salah dalam menggunakan setrika uap bisa menyebabkan hasil yang kurang maksimal. Alih-alih membuat rapi, pakaian jadi semakin kusut dan bau apek. Biasanya hal ini terjadi karena beberapa faktor seperti pakaian yang belum kering 100%, atau ada bau menyengat yang masih menempel dan belum hilang saat proses pencucian atau penjemuran. Hal tersbut bisa berasal dari pewangi atau detergen yang tidak dibilas bersih. Selain itu, langsung melipat dan mengemas pakaian setelah selesai disetrika juga bisa membuat pakaian Anda menjadi bau apek. Pakaian yang dilincikan dengan setrika uap akan menjadi sedikit basah. Oleh karena itu sebaiknya pakaian tidak langsung disimpan, namun biarkan kering secara alami tanpa harus dijemur.

Kini Anda bisa mendapatkan baju yang benar-benar rapi dan bebas kusut dengan setrika uap. Temukan berbagai jenis steam iron (setrika uap) yang bisa Anda miliki untuk kebutuhan Anda, baik di rumah maupun untuk bepergian.

Tentunya, di manapun Anda berada, kekhawatiran Anda akan pakaian yang kusut sudah terselesaikan bukan?

Selamat menyetrika!