6 Peralatan Rumah Tangga Hemat Energi Wajib Punya

0
2949
SUmber: Freepik

Tanpa disadari hampir setiap perangkat yang ada di dalam rumah kita menggunakan daya listrik yang menghabiskan biaya besar. Tagihan listrik yang membengkak pun bisa menjadi hal yang menakutkan.

Namun, sekarang tidak khawatir karena kamu bisa mengganti perangkat elektronikdengan peralatan rumah tangga hemat energi.

Ruparupa Banner

Meski akan mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mengganti beberapa perangkat teresebut, tetapi kamu akan mendapatkan manfaat jangka panjang, yang bisa menghemat tagihan listrik setiap bulannya.

Apa Saja Peralatan Rumah Tangga yang Hemat Energi?

Lalu, apa saja peralatan rumah tangga yang hemat energi yang bisa kamu gunakan di rumah? Cek berikut ini.

1. Lampu LED

Penerangan di rumah merupakan hal yang paling penting. Nah, kamu bisa mengganti lampu bohlam dengan lampu LED yang lebih hemat energi. Tidak hanya itu, lampu LED juga memiliki cahaya yang lebih terang serta durasi pemakaiannya lebih lama.

Meskipun harganya cukup mahal, tetapi jika kamu hitung penggunaan lampu LED jauh lebih menghemat biaya. Berikut rekomendasi lampu bohlam LED yang bisa kamu gunakan di rumah.

lampu led
Krisbow Set Bohlam Led 7w 5 Pcs – Cool Daylight

Beli di sini

lampu led
Kris Bohlam Led Dengan Sensor Gerak 6w – Cool Daylight

Beli di sini

2. Kulkas hemat energi

Kulkas terkenal menyerap energi yang paling besar daripada peralatan lainnya karena alat elektronik satu ini bekerja selama 24 jam penuh. Inilah yang terkadang akan membuat  tagihan listrik jadi membengkak.

Baca Juga:   Ketahui 5 Tips Menyimpan Oven Toaster dan Rekomendasi Terbaiknya

Tipsnya, kamu bisa menggunakan kulkas hemat energi,  meskipun harganya lebih mahal.

peralatan rumah tangga hemat energi
Sumber: Freepik

3. AC hemat energi

Biaya listrik untuk menggunakan AC atau air conditioner bisa jadi sangat besar tanpa kita sadari. Untuk itu kamu harus mencari AC hemat energi yang memiliki fitur programmable thermostat atau pengatur suhu ruangan.

Dengan adanya fitur ini, daya listrik yang dikeluarkan akan lebih hemat dan tidak membuat kantong jebol, seperti rekomendasi AC berikut ini.

ac hemat listrik
Panasonic Air Conditioner 1/2 Pk Cs/cu-zn5wkp

Beli di sini

ac hemat energi
Daikin Air Conditioner Inverter 3/4 Pk Stkq20uv

Beli di sini

4. TV LED

Peralatan rumah tangga hemat energi selanjutnya yang bisa kamu gunakan, yaitu TV LED, yang membutuhkan energi jauh lebih sedikit daripada jenis TV lama atau TV tabung.

Jika daya yang TV tabung butuhkan mencapai 200 watt, TV LED hanya membutuhkan daya sekitar 50 watt saja. Jadi, ada baiknya kamu segera mengganti TV tabung dengan TV LED, seperti berikut ini.

peralatan rumah tangga hemat energi tv led
Samsung 50 Inci Led Smart Tv 4k 50 Ua50au8000kxxd – Hitam

Beli di sini

tv led
Sony Led Tv Smart 50 Kdl-50w660g

Beli di sini

5. Mesin cuci 1 tabung

Mesin cuci juga merupakan salah satu peralatan yang memakan daya listrik yang besar. Selain itu, mesin cuci juga bisa membuat penggunaan air jadi lebih boros.

Sebagai alternatif penghemat energi, kamu bisa menggunakan mesin cuci satu tabung, yang tidak memakan listrik sebesar mesin cuci 2 tabung.

Baca Juga:   10 Cara Mengusir Ular di Dalam dan Pekarangan Rumah

Selain itu, mesin cuci ini juga tidak memerlukan terlalu banyak air untuk mencuci. Meskipun demikian, hasil cucian akan terlihat tetap bersih. Berikut rekomendasi mesin cuci satu tabung yang bisa jadi pilihan buat rumah kamu.

mesin cuci satu tabung
Panasonic Mesin Cuci Front Loading 8 Kg Na-128xb1lne – Abu-abu

Beli di sini

peralatan rumah tangga hemat energi mesin cuci
Sharp Mesin Cuci Front Loading 7 Kg Es-fl1073w

Beli di sini

6. Laptop

Dengan perkembangan jaman, penggunaan PC atau komputer mulai ditinggalkan. Hal ini karena bentuknya yang terlalu besar dan tidak dapat dibawa ke mana pun.

Selain itu, penggunaan komputer dengan CPU juga memakan daya listrik yang cukup besar, terutama bagi penggunaan untuk waktu yang lama. Nah, kamu bisa menggantinya dengan laptop atau notebook yang lebih hemat daya listrik.

Untuk meletakkan laptop kesayangan, kamu bisa menggunakan meja lipat yang sangat nyaman, seperti berikut ini.

peralatan rumah tangga hemat energi meja lipat
Odi Meja Lipat Laptop Dengan Mouse Pad – Cokelat

Beli di sini

Nah, itu dia beberapa rekomendasi peralatan rumah tangga hemat listrik yang bisa kamu gunakan. Dengan begitu, kamu akan mulai merasakan perbedaan nominal tagihan listrik setelahnya.

Bagi kamu yang sedang mencari peralatan hemat listrik di atas, kamu bisa menemukannya hanya  di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga dari brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Selamat menghemat listrik di rumah.