6 Perabot Wajib Untuk Bikin Perpustakaan Mini Di Rumah

0
1284
perpustakaan mini
Sumber: Unsplash

Sebagai penggemar baca buku, tentu memiliki perpustaan mini di rumah menjadi impian yang ingin diwujudkan. Nah, kali ini, kami punya tips membuat perpustakaan mini di rumah agar semakin nyaman.

Apalagi, membuat perpustakaan mini di rumah sebenarnya tidak mudah. Selain membutuhkan ruangan, memilih perabot yang digunakan pun juga jadi hal yang penting.

Ruparupa Banner

Bila salah memilih perabot dan menatanya dengan tepat, bisa-bisa perpustakaan mini hanya berubah sebagai tempat penyimpanan buku atau gudang. Tidak mau hal ini terjadi, bukan?

Cara Bikin Perpustakaan Mini Di Rumah

Lalu, kira-kira apa saja yang kita perlukan untuk membuat sebuah perpustakaan di rumah? Nah, agar perpustakaan mini di rumah terlihat lebih nyaman, mewah, dan estetik, simak daftar perabot berikut ini.

1. Rak buku

Hal pertama yang harus kamu miliki untuk membuat perpustakaan adalah rak buku. Tentunya, fungsi rak buku ini berguna untuk meletakkan koleksi buku yang kamu miliki.

Kamu bisa meletakkan rak buku di bagian dinding ruangan agar tidak menghalangi jalan. Nah, supaya susunan buku jadi lebih menarik, kamu bisa menatanya berdasarkan kategori warna yang sama.

Berikut ini kami punya rekomendasi rak buku dengan kualitas terbaik.

rak buku
Pablo Rak Buku 6 Tingkat – Oak 

Beli di sini

2. Sofa

Untuk membuat kamu lebih nyaman saat membaca, kamu bisa meletakkan sofa di dalam perpusatakaan mini. Letakkan sofa di depan rak buku atau membelakangi jendela agar tidak menyilaukan mata saat sedang membaca.

Baca Juga:   Apa Arti Kata Town House? Ini Dia Jawabannya!

Namun, dalam memilih sofa, pastikan kamu mengukur ruangan terlebih dahulu. Jadinya, kamu bisa menggunakan ukuran sofa yang tidak terlalu besar agar perpusatakaan mini tidak terlihat sempit dan sesak.

Lain halnya jika kamu memiliki ruangan yang cukup besar, maka kamu bisa memilih menggunakan sofa bed atau sofa recliner, seperti produk di bawah ini.

sofa bed
Abbington Lux Sofa Tidur Fabric – Cokelat Tua 

Beli di sini

 

sofa recliner
Ashley Ludden Sofa Recliner Fabric 1 Dudukan – Cokelat 

Beli di sini

3. Meja kecil

Pastikan perpustakaan mini di rumah memiliki meja. Tidak perlu menggunakan meja yang besar, kamu bisa menggunakan meja kecil, seperti meja sudut atau meja nakas.

Meja kecil ini bisa berfungsi untuk meletakkan minuman dan camilan saat kamu membaca buku.

Selain itu, meja ini juga bisa menjadi tempat untuk meletakkan dekorasi ruangan, seperti bingkai foto atau tanaman hias.

Kamu bisa menggunakan meja kecil multifungsi, yang bisa jadi tempat penyimpanan, seperti produk berikut ini.

meja tamu kecil
Topaz Meja Tamu Dengan Penyimpanan – Hitam 

Beli di sini

4. Lampu gantung

Untuk memberikan tampilan estetik dan klasik pada perpustakaan, kamu bisa meletakkan lampu gantung di area membaca.

Dengan adanya lampu gantung, kamu akan mendapatkan cahaya yang cukup, terutama saat membaca di malam hari. Namun, pilihlah lampu yang memiliki warna cahaya yang nyaman di mata, ya.

Kami juga memiliki rekomendasi lampu gantung yang bisa kamu gunakan di dalam perpustakaan mini, seperti berikut ini.

5. Jam dinding

Pastikan juga kamu meletakkan jam dinding di dalam perpustakaan mini. Hal ini bisa menjadi pengingat waktu saat kamu membaca buku. Jadinya, kamu tidak terlarut dalam bacaan sehingga lupa waktu untuk mengerjakan aktivitas lain.

Kamu bisa menggantungnya di bagian dinding yang mudah terlihat. Nah, kami juga memiliki rekomendasi  jam dinding minimalis, beserta set dekorasi dinding lainnya, seperti  di bawah ini.

jam dinding
Arthome Set 7 Pcs Bingkai Foto Dan Jam Dinding – Hitam 

Beli di sini

6. Karpet

Agar menambah kesan homey di dalam perpustakaan, kamu bisa menambahkan karpet sebagai hiasan. Lantai perpustakaan kamu pasti akan jadi lebih menarik dan tidak tampak kosong.

Tipsnya, hindari menggunakan karpet dengan motif berlebihan. Cukup gunakan karpet dengan motif sederhata atau karpet bulu berbentuk bulat yang nyaman, seperti berikut ini.

karbet bulat
Karpet 120 Cm Frosty Faux Fur – Abu-abu 

Beli di sini

Nah, itu tadi beberapa perabot wajib untuk perpustakaan mini di rumah. Selain bisa menjadi dekorasi interior, perabotan ini juga bisa membuat rumah jadi lebih rapi, loh.

Kamu bisa menemukan berbagai perlengkapan rumah tangga dari brand terkenal milik Kawan Lama Group hanya di Ruparupa.com.

Situs e-commerce ini menyediakan berbagai furnitur, alat kantor, dan masih banyak lagi dari ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi, lho. Yuk, bikin perpustakaan mini di rumah terlihat lebih menawan.