10+ Model dan Tips Menata Kamar Minimalis

0
266
Sumber: unsplash.com/@spacejoy

Menerapkan tren kamar tidur minimalis merupakan salah satu jalan untuk membuat tampilan kamar tampak bersih dan rapi. Berbeda dengan tren lainnya, konsep minimalis memprioritaskan hal-hal yang esensial, sehingga tidak memerlukan banyak perabotan ataupun furnitur di dalamnya. Interiornya sendiri identik dengan sesuatu yang berbau netral tanpa ornamen yang berlebihan.

Promo 12 12 Ruparupa

Tips Menata Kamar Minimalis

Sebelum kamu mencoba mengaplikasikan konsep bergaya minimalis di kamarmu, ada baiknya kamu memahami sejumlah tips yang tidak boleh kamu lewatkan bila ingin memeroleh tampilan kamar yang estetik dan nyaman. Mari simak 3 tips menata model kamar minimalis berikut ini.

Pilih perabotan multifungsi

Memilih perabotan multifungsi merupakan pilihan yang terbaik untuk menghindari barang berlebih di rumah. Dengan selektif memilih perabotan yang tepat, kamar juga akan terasa lebih nyaman dan tak sesak. Contohnya kamu dapat memilih tempat tidur dengan laci penyimpanan pada bagian bawahnya yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan peralatan agar ruangan terlihat menjadi lebih rapi dan tak berserakan.

Kamu juga dapat mencoba lemari dengan pintu kaca. Selain menghemat jumlah furnitur yang kamu gunakan, rupanya pantulan tampilan kaca juga dapat membuat ruangan kamu terlihat lebih luas.

Gunakan interior berwarna netral dan kecil

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakan konsep minimalis adalah pemilihan tema berwarna netral. Konsep ini cenderung menggunakan jumlah tone warna yang sedikit agar perpaduan warna ruangan tidak terlihat berantakan.

Tidak hanya pada penggunaan warna cat dinding, melainkan penggunaan warna dan ukuran furnitur juga perlu kamu perhatikan. Umumnya, furnitur berukuran besar akan memakan area yang lebih luas pula. Maka dari itu, bila kamu memiliki ruangan kecil, pastikan kamu memilih furnitur dengan ukuran yang juga kecil. Misalnya pada pemilihan lemari pakaian, ranjang tempat tidur, dan meja rias.

Permainan pencahayaan

Penggunaan pencahayaan sangat berdampak pada tampilan estetika kamarmu. Kamu bisa menggunakan pencahayaan alami dari matahari untuk menyoroti kamarmu ataupun menggunakan lampu. Tipsnya, pastikan kamu memilih lampu yang tidak terasa panas agar kamar tidak pengap ya.

Model Kamar Minimalis

Setelah memahami sejumlah tips mendekorasi kamar bergaya minimalis, kamu semakin tertarik untuk mencoba gaya desain ini ke kamar tidurmu? Kalau iya, yuk simak referensi inspirasi model kamar minimalis yang patut kamu coba di rumahmu.

Konsep kamar minimalis bertema monokromatik

Sumber: pixabay.com/@jeanvdmeulen

Tema minimalis monokrom ini membantu memancarkan aura maskulin dengan dominasi warna putih. Agar ruangan tidak terlihat monoton, kamu dapat mencoba menggunakan permainan motif abstrak. Misalnya pada bantal abstrak yang diletakkan pada posisi tengah untuk menarik perhatian siapapun yang melihatnya.

Baca Juga:   20 Desain Kamar Tidur Warna Cream yang Nyaman

Untuk membuat suasana tempat tidur menjadi lebih berwarna, kamu dapat menambahkan kain velvet gelap sebagai selimut. Jangan lupa juga untuk menambahkan permainan lampu pada sisi kiri dan kanan tempat tidur. Dengan teknik ini, kain velvet akan memantulkan pencahayaan dan membuat ruangan tampak semakin apik.

Gunakan kaca raksasa

Macey Set Kamar Tidur Queen

Model kamar minimalis yang satu ini merupakan model paling umum digunakan pada tampilan kamar minimalis. Uniknya, tampilan ruangan ini menambahkan penggunaan kaca raksasa dapat membantu untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas. Untuk menetralisir tampilan ruangan yang terlalu gelap, kamu bisa aplikasikan sprei berwarna putih.

Pada tema ini, hindari untuk mengaplikasikan warna yang terlalu kontras ataupun barang yang peletakannya terlalu ramai. Pilihlah satu atau dua furnitur utama dari bahan kayu yang compact yang bisa mengalihkan pandangan seperti lemari, narkas, dan juga rak laci.

Ekstra minimalis dengan warna putih

Sumber: pixabay.com/@jeanvdmeulen

Konsep kamar minimalis berwarna putih memang sudah sering menjadi pilihan sejuta umat. Hal ini dikarenakan tampilan warna cerah yang membuat ruangan tampak bersih dan luas. Pemilihan warna putih juga cenderung cocok bila dipadukan dengan furnitur warna apapun. Meskipun begitu, warna ini cenderung tricky dan membutuhkan perawatan extra agar tidak terkesan jorok dan kusam.

Sumber: unsplash.com/@sidekix

Untuk memperindah tampilan kamar polos ini, kamu dapat mencoba bermain dengan corak dan warna kontras. Misalnya dengan menggunakan selimur bercorak dan bantal bulu bertekstur unik. Selain itu, kamu dapat menggunakan permainan cahaya untuk meningkatkan warna tone putih agar tidak tampak membosankan.

Minimalis Multifungsi

Ostrina Set Kamar Tidur

Kunci dari suasana kamar yang rapi adalah dengan memilih perabotan yang kamu butuhkan saja. Oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkan perabotan multifungsi untuk menghemat penggunaan furnitur di rumah kamu. Contohnya seperti inspirasi kamar di atas yang mengggunakan ranjang tempat tidur dengan tambahan laci di bawahnya sebagai tempat penyimpanan tambahan.

Vernon Set Kamar Tidur Anak

Selain itu, kamu juga dapat menghemat penggunaan kaca dengan menggunakan lemari sekaligus tambahan tampilan kaca meninggi di kamar tidurmu. Tampilan kamar yang satu ini sangat ringkas dan lengkap, serta cocok digunakan pada ruangan sang buah hati.

Kamar tidur rustic

Sumber: pxfuel.com

Siapa bilang konsep ruangan minimalis hanya berpatokan pada penggunaan dinding berwarna cerah saja? Buktinya, kamu dapat mencoba menggunakan tema rustic bak nuansa alam di dalam kamar tidur impianmu. Ciri khas dari tampilan kamar minimalis rustic ini adalah penggunaan furnitur kayu yang mendominasi keseluruhan furnitur. Untuk hiasan dindingnya, kamu dapat memasang lukisan dengan tema natural tanaman.

Kamar bergaya maskulin

Sumber: unsplash.com/@sidekix

Kamar minimalis bergaya maskulin ini memang terlihat hampir mirip dengan kamar bertema monokromatik. Walau terlihat mirip, namun satu sama lain memiliki perbedaan unsur warna loh. Kamar ini memiliki gaya minimalis dengan ciri khas pada penggunaan pencahayaan yang difokuskan pada sisi dinding tempat tidur.

Baca Juga:   11 Warna cat ruang tamu agar terlihat mewah

Ciri khas dari tema ini adalah dengan penggunaan dinding dan lantai kayu. Kombinasi ini terlihat semakin cantik apabila didukung dengan peletakan furnitur yang tidak begitu ramai. Misalnya dengan menggunakan LED pada pertengahan dinding untuk menciptakan tampilan gradasi pada salah satu sisi permukaan dinding.

Minimalis one set

Harvest Set Kamar Tidur

Jika kamu memiki area kamar yang luas, kamu dapat mencoba desain satu set yang satu ini. Komposisi warna putih dan kayu yang senada menyelimuti seluruh permukaan membuat tampilan kamar tampak bersih dan rapi. Selain itu, dekorasi di atas juga memiliki cukup banyak kompartemen laci dan lemari yang mempermudah kamu untuk menyusun ataupun mensortir barang keperluanmu. Serta pemilihan komponen furnitur yang ringkas sehingga tidak menghambat area berjalanmu.

Floating shelves

Kirana Washington Set

Konsep floating shelves atau sering disebut rak yak melayang ini merupakan salah satu jalan alternatif untuk mengakali kamar dengan keterbatasan area di lantai. Cara ini sangat efisien untuk membuat tampilan kamar tidak berantakan. Selain dapat digunakan sebagai tempat hiasan pajangan favoritmu, kamu juga dapat meletakkan perkakas kamu ke dalam sebuah box khusus, kemudian barulah kamu letakkan di atas rak supaya terlihat lebih rapi.

Jangan lupa juga untuk menambahkan tanaman hias hijau di dalam kamar minimalis putih polos untuk memberikan sentuhan suasana yang lebih asri dan adem. Kamu juga bisa menggunakan tanaman segar yang tidak perlu terlalu sering terkena air untuk mempermudah perawatannya.

Model minimalis apartemen

Sumber: unsplash.com/@sidekix

Model kamar minimalis yang satu ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang tinggal di apartemen dengan pencahayaan maksimal dari matahari. Untuk mempermanis tampilan ruangan, kamu dapat mencoba menambahkan unsur alam seperti tanaman artifisial pada bagian sudut ruangan. Ataupun dengan menambahkan hiasan lampu dan cermin pada kedua sisi tempat tidur.

Minimalis klasik modern

Sumber: unsplash.com/@spacejoy

Model minimalis tidak hanya selalu berpatokan pada konsep clean putih. Buktinya, kamu juga dapat memvariasikan tema netral dan rustic secara bersamaan. Penggunaan konsep dinding bermotif membuat tampilan kamar terlihat lebih elegan, dipadukan dengan kursi berbahan anyaman membuat suasana ruangan ala rustic yang modern. Uniknya lagi, kamu dapat menggunakan tempat tidur dengan kerangka besi yang tidak memakan banyak wilayah.

Nah, itu dia sejumlah inspirasi model kamar minimalis dengan beragam modifikasi yang dapat kamu coba agar tampilan kamarmu tidak terkesan bosan dan monoton. Selain itu, ruparupa.com juga menyediakan beragam pilihan furnitur dan dekorasi menarik dengan kualitas terbaik yang dapat kamu coba. Yuk, segera berbelanja kebutuhan rumahmu hanya di ruparupa.com.