5 Langkah Jenius Merapikan Gudang Berantakan

0
5479

Lihat kembali bagaimana kondisi gudang di toko atau kantor Ruppers saat ini. Jika gudang memiliki kondisi sebagai berikut: penuh dengan kotak dan kardus berserakan, lautan peralatan tanpa tatanan, dan sesak akan barang-barang tidak jelas asal muasalnya; mungkin inilah waktu untuk merapikan gudang.

Duh, bagaimana merapikannya jika baru membayangkannya saja sudah membuat sakit kepala. Tenang, tidak usah khawatir lagi karena kami akan memberikan tips untuk membuat gudang menjadi rapi. Nggak percaya? Ikuti langkah-langkahnya dan buktikan sendiri hasilnya!

Menyulap area gudang menjadi rapi dengan cara yang mudah dan gunakan furniture yang mendukung. Untuk mendapatkan produk terbaik beli disini

1. Keluarkan Semua Benda yang Berserakan

Langkah pertama untuk merapikan gudang adalah mengosongkan segala kekacauan di gudang. Pilih satu bagian dari area yang ada, dan kemudian mari segera mulai untuk membersihkannya.

Sebagai langkah awal dan tarik semua barang keluar untuk disortir kembali, mungkin ini akan sedikit melelahkan tapi akan sangat memudahkan di masa mendatang saat mencari barang secara mendadak.

Merapikan gudang dengan cara mengosongkannya terlebih dahulu juga akan memungkinkan kamu untuk melihat seberapa besar space yang sesungguhnya tersedia. Tujuan lainnya adalah juga memudahkan saat menentukan jenis rak penyimpanan apa yang paling cocok digunakan untuk mengatur barang-barang yang akan di simpan nantinya.

2. Pisahkan Sesuai Kategori Barang

Berilah kategori kepada semua barang yang Anda temukan sebagai ‘buang‘, ‘jual‘, atau ‘simpan‘. Pisahkan tiap kategori ke dalam tiga kardus besar atau berilah zona-zona dengan kapur di lantai agar tidak tercampur. Buang semua barang yang sudah tidak layak pakai atau expired. Sementara untuk barang-barang yang masih terpakai, namun sudah tidak berguna lagi pastikan untuk segera menjual atau mendonasikannya.

Untuk melakukan hal di atas memang tidak mudah, namun tipsnya adalah jadilah orang yang tegas! Carilah cara apapun untuk menyingkirkan barang yang tidak termasuk dalam kategori ‘simpan’. Jangan sampai tergoda lagi dengan barang-barang yang tidak akan terpakai dan hanya memakan space. Dalam The Life Changing Magic of Tidying Up, penulis Marie Kondo memberi sebuah nasihat:

“If an object isn’t bringing you joy…then get rid of it.”

3. Kelompokkan Benda Berdasarkan Fungsi

Memasang rak pada gudang adalah langkah yang wajib jika kamu menginginkan gudang yang rapi dan teratur. Selain mudah untuk menemukan barang, rak juga mendorong keinginan kamu untuk menaruh kembali barang pada tempatnya. Dari point ini dapat terlihat bukan kalau dengan penempatan rak ini memberikan manfaat yang luar biasa.

Namun saat memiliki rak pastikan untuk menyesuaikan kembali dengan kebutuhan kantor atau rumah. Jika tempat kerja berkaitan dengan peralatan industri dan bengkel yang penuh dengan alat-alat berat, maka kamu bisa memilih rak besi dengan kapasitas hingga ratusan kilogram. Sementara untuk gudang perkantoran biasa, memasang beberapa rak plastik yang lebih ringan dan kuat menjadi alternatif yang baik.

4. Susun Barang dalam Rak

Memasang rak pada gudang adalah langkah yang wajib jika kamu menginginkan gudang yang rapi dan teratur. Selain memudahkan untuk menemukan barang, rak juga mendorong keinginan kamu untuk mengembalikan barang pada tempatnya. Dari point ini dapat terlihat bukan kalau dengan penempatan rak ini memberikan manfaat yang luar biasa.

Namun saat memiliki rak pastikan untuk menyesuaikan kembali dengan kebutuhan kantor atau rumah. Jika tempat kerja berkaitan dengan peralatan industri dan bengkel yang penuh dengan alat-alat berat, maka kamu bisa memilih rak besi dengan kapasitas hingga ratusan kilogram. Sementara untuk gudang perkantoran biasa, memasang beberapa rak plastik yang lebih ringan dan kuat menjadi alternatif yang baik.

5. Beri Ruang Lebih dengan Gantungan Dinding

Gunakan kait dinding untuk menggantung alat seperti gergaji, garpu rumput, sekop, dll. Pasalnya beberapa barang dengan bentuk lebar dan dimensi datar akan lebih efektif jika disimpan dengan cara menggantungnya pada dinding.

Pengait ini juga akan membuat lantai menjadi bersih dari barang- barang berukuran kecil yang berserakan dan akan memberi space lebih pada rak.

Dari tips di atas kamu dapat mengambil kesimpulan kalau kunci untuk gudang yang teratur adalah memilih rak yang tepat untuk menyimpan barang, menaruh barang kembali setelah menggunakannya, dan terakhir kelompokkan barang sesuai fungsinya. Dengan cara ini kini mempunyai gudang rapi dan menawan tak lagi sebatas angan-angan.

Untuk mendapatkan semua produk yang berkualitas, serta memiliki ketahanan yang awet pastikan untuk mempercayakannya pada Ruparupa yang menjadi e-commerce dengan konsep one stop solution.