Apa itu Walk In Closet dan Manfaatnya? Ini Hal yang Perlu Kamu Ketahui!

0
1906
manfaat walk in closet

Walk in closet adalah ruang penyimpanan khusus untuk merapikan pakaian, tas, sepatu, dan perlengkapan fashion lainnya. Tidak hanya sebagai tempat penyimpanan, manfaat walk in closet juga cukup banyak.

Biasanya, ruangan ini terletak tepat di dekat kamar tidur, terutama bila ruangan cukup luas. Berbeda dari wardrobe, ukuran walk in closet lebih besar.

Ruparupa Banner

Kalau wardrobe hanya berbentuk lemari yang ditempelkan ke dinding, walk in closet justru berupa ruangan kecil berukuran 6-13 meter persegi dan terdiri dari banyak sekat, rak, serta laci.

Hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran kedalaman lemari di dalam walk in closet yang berkisar sekitar 55-60 cm. Selain itu, pastikan walk in closet punya lebar sekitar 2-3 meter persegi.

Lantas, Apa Saja Manfaat Walk in Closet?

Nah, buat menjawab kebingungan kamu, kami ingin membagikan beberapa manfaat jika memiliki walk in closet di rumah.

1. Lebih Mudah Dirapikan  

manfaat walk in closet
Seluruh pakaian bisa lebih tertata jika disimpan di walk in closet

Kalau lemari pakaian hanya digunakan untuk menyimpan baju, lain halnya dengan walk in closet. Di sini, kamu bisa menyimpan sepatu, perhiasan, dan kosmetik di dalam satu ruangan khusus.

Baca Juga:   Rekomendasi Lemari Pakaian Dua Pintu Untuk Keluarga

Jadinya, seluruh perlengkapan pun akan lebih tertata dengan rapi dan mengurangi risiko kehilangan barang.

2. Bisa Menjadi Ruang Ganti yang Nyaman

manfaat walk in closet
Ketika memiliki walk in closet, kamu bisa berganti pakaian dengan lebih nyaman dan leluasa

Tentu, manfaat walk in closet juga bisa menciptakan ruang ganti yang lebih nyaman. Soalnya, kamu tidak perlu bolak-balik mengambil pakaian, sepatu, dan aksesoris fesyen dari berbagai tempat.

Bahkan, kamu bisa menambahkan cermin di dalam ruangan. Jadi, kamu bisa mencoba berbagai model pakaian dengan melihat cermin tersebut.

3. Meningkatkan Keamanan

Buat kamu yang memiliki berbagai barang berharga, seperti koleksi kalung emas dan cincin berlian, maka penggunaan walk in closet jadi sangat menguntungkan.

Soalnya, kamu bisa menyimpan seluruh koleksi di laci khusus daripada menyembunyikannya di antara rak pakaian. Buat meningkatkan keamanannya, kamu bisa meletakkannya di dalam brankas dan membuat pintu khusus.

4. Meningkatkan Nilai Jual

Walk in closet merupakan fasilitas yang bisa meningkatkan nilai jual rumah kita, apalagi kalau tampilannya tertata rapi. Soalnya, banyak orang yang mulai memprioritaskan adanya walk in closet dalam mencari rumah baru.

Lantas, Apa Saja yang Wajib Ada di Walk in Closet?

Itu dia beberapa manfaat memakai walk in closet. Nah, supaya ruangan yang juga disebut sebagai dressing room ini tertata dengan rapi, kamu perlu menyiapkan beberapa perabot berikut.

1. Lemari Pakaian

Lemari pakaian jadi perabot esensial yang wajib ada di walk in closet. Pilih lemari pakaian dengan model pintu geser supaya tidak bikin sempit ruangan. Kamu bisa memilih lemari yang sudah ada kacanya, seperti rekomendasi berikut ini.

Baca Juga:   Inspirasi Kamar Dengan Dekorasi Dinding Kamar Tidur
manfaat walk in closet
Selma Alexa Lemari Pakaian Pintu Geser – Putih

Cek di sini

2. Rak Sepatu

Selain pakaian, kamu bisa menyimpan seluruh koleksi sepatu, flat shoes, hingga high heels di dalam rak khusus. Pilih rak bertingkat dan susun sepatu sesuai jenisnya. Ini dia rekomendasi rak sepatu terbaik yang bisa kamu dapatkan.

manfaat walk in closet
Thomas Kabinet Sepatu 4 Tingkat Dengan 2 Laci – Putih

Cek di sini

3. Laci

Manfaat laci di dalam walk in closet adalah untuk mengelompokkan berbagai aksesoris supaya tidak berantakan, seperti dasi, jam tangan, dan perhiasan. Pilih laci yang warnanya putih agar dressing room jadi terlihat minimalis modern, seperti berikut ini.

manfaat walk in closet
Irvin Laci Penyimpanan 5 Tingkat – Putih

Cek di sini

4. Set Meja dan Kursi Rias

Meja dan kursi rias juga wajib ada di dalam walk in closet. Pilih meja rias yang memiliki laci supaya kita bisa menyimpan berbagai peralatan kecantikan. Biasanya, setiap meja juga sudah dilengkapi dengan kaca buat melakukan kegiatan make up, seperti di bawah ini.

manfaat walk in closet
Claire Meja Rias 6 Laci Dengan Cermin – Putih

Cek di sini

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang walk in closet, mulai dari pengertian, manfaat, sertaa perabot esensialnya.

miliki perabot walk in closet
hemat hingga 50% klik di sini

Di situs ruparupa.com, kamu juga bisa menemukan berbagai alat kebersihan, mainan anak, dan perkakas dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, dari ACE, Krisbow, Informa, dan masih banyak lagi.