5 Makna dan Aturan Pemberian Angpao Imlek

0
4536
Sumber : https://www.herworld.co.id/

Salah satu perayaan yang tidak boleh terlewatkan setelah pergantian tahun adalah tahun baru imlek. Tidak heran bila banyak orang mulai sibuk mempersiapkan berbagai kebutuhan, seperti dekorasi, pakaian, dan makanan serba merah. Nah, salah satu tradisi yang paling tidak boleh ketinggalan adalah momen pemberian angpao imlek.

Makna dan Aturan Pemberian Angpao di Tahun Baru Imlek

Namun, pemberian angpao tidak boleh sembarangan. Agar tidak salah, simak beberapa makna dan aturan yang harus Anda patuhi saat memberikan angpao berikut ini.

1. Kertas angpao warna merah

angpao merah
Sumber : https://www.behance.net/

Warna merah memiliki arti keberuntungan. Nah, biasanya kertas angpao merah ini digunakan saat pembagian angpao di tahun baru imlek.

Angpao merah menjadi lambang perantara keberuntungan berupa materi dan berkat, baik bagi si pemberi maupun penerima.

Hal yang perlu dihindari adalah menggunakan amplop putih, terutama di tahun baru imlek. Amplop putih merupakan lambang kesialan atau tanda dukacita.

Jadi, pastikan Anda membagikan angpao menggunakan kertas amplop berwarna merah, ya.

Baca Juga:   Ini Dia 5 Shio yang Beruntung di Tahun 2023!

2. Tidak boleh menitipkan angpao

Aturan pemberian angpao
Sumber : https://www.pinterest.com/

Pemberian angpao tidak boleh melalui perwakilan, jadi harus Anda berikan secara langsung. Selain tidak sopan, pemberian angpao juga merupakan sebuah tanggung jawab pribadi yang harus dilakukan sendiri.

Biasanya, waktu pemberian angpao berlangsung selama 14 hari. Jadi, Anda memiliki banyak waktu untuk berbagi berkat secara langsung.

3. Hanya diberikan oleh pasangan yang sudah menikah

pemberian angpao
Sumber : https://www.behance.net/

Aturan pemberian angpao yang umum, yaitu orang yang lebih tua memberikan kepada yang lebih muda.  Selain itu, pemberian angpao hanya bisa dilakukan pada orang yang sudah menikah.

Bila Anda sudah berusia dewasa 40 tahun ke atas, Anda juga boleh memberikan angpao. Hal ini untuk menandakan bahwa si pemberi angpao sudah mapan.

Jika Anda belum menikah, tetapi ingin memberikan angpao, Anda bisa memberikannya setelah lewat 14 hari atau sebelum hari raya.

4. Isi angpao tidak boleh ganjil atau berangka 4

angpao
Sumber : https://www.pinkoi.com/

Masyarakat di negara Asia memiliki kepercayaan bahwa angka 4 berarti kematian dan musibah. Nah, saat hari raya Imlek, hindari mengisi angpao dengan nominal uang yang mengandung angka 4 di dalamnya, seperti 400 ribu, 140 ribu, dan sebagainya.

Selain itu, isi angpao juga tidak boleh berjumlah ganjil karena dianggap sebagai kesialan. Sebagai alternatif, Anda bisa memberikan nominal yang mengandung angka 8. Angka ini melambangkan keberuntungan dan kesejahteraan yang tidak berujung.

Baca Juga:   9 Warna Keberuntungan Feng Shui di Tahun Macan Air

5. Bentuk ucapan syukur

Angpao
Sumber : https://www.viettravelmagazine.com/

Makna pemberian angpao lainnya adalah sebagai bentuk ucapan syukur akan hadirnya tahun yang baru. Apalagi, kita juga bisa masih mendapat kesehatan dan kesempatan untuk berkumpul bersama kerabat.

Pemberian angpao juga digambarkan sebagai bentuk syukur bagi si pemberi karena berkat yang diterima selama setahun terakhir.

***

Nah, itu dia beberapa makna pemberian angpao beserta aturan yang tidak boleh Anda langgar selama perayaan imlek, ya.

Selain menyiapkan angpao, Anda juga sudah bisa mulai mendekorasi rumah dengan berbagai furnitur khas Imlek,seperti berikut ini.

sofa 1 dudukan merah Ebonia Latte Sofa 1 Dudukan – Merah – Temukan berbagai furniture imlek hanya di Ruparupa.com

sofa 1 dudukan merah

alat masak
Ataru Set 9 Pcs Alat Masak Silikon – Merah – beli di Ruparupa.com

Beli di sini

lilin aromaterapi
Yankee Fresh Apple Lilin Aromaterapi 340 Gr – Temukan hanya di Ruparupa.com

Beli di sini

Anda bisa menemukan produk-produk rumah tangga di atas dengan warna serba merah, seperti furniture, tea cup set, toples, dan lain-lain hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online terlengkap satu ini jugua menyediakan berbagai furnitur terbaik dari brand terkenal miliki Kawan Lama Group, seperti informa, ACE hardware, Toys Kingdom, Pet Kingdom, dan masih banyak lagi.

Selamat merayakan tahun baru Imlek!