Kelebihan dan Kekurangan Lemari Pintu Geser Minimalis

0
3178
pintu geser
sumber: homify.in

Apakah kamu merasa kerepotan dengan memiliki lemari berpintu engsel? Apakah lemari milik kamu memakan banyak tempat dan terasa karena kerap kali sulit untuk kamu tutup? Bila ya, kamu bisa mulai beralih ke model lemari pintu geser.

Lemari dengan pintu engsel memang memiliki desain yang terbilang cukup tua dan lebih klasik. Apalagi, model lemari pintu engsel lebih cocok bila kamu letakkan pada ruangan berukuran besar.

Ruparupa Banner

Memang, bila kamu bandingkan dengan lemari pintu geser, lemari dengan pintu engsel terbilang lebih mudah untuk kamu perbaiki dan praktis ketika dibersihkan. Sayangnya, lemari pintu engsel justru bisa membuat kamar tidur jadi terasa lebih sempit.

Tidak heran bila masa sekarang banyak orang mencari lemari yang lebih minimalis dan dapat digunakan secara lebih praktis, serta tidak memakan tempat. Salah satunya adalah lemari dengan model pintu geser atau sliding.

Lalu, seperti apa model lemari pintu geser? Simak berikut ini.

pintu geser
sumber: unsplash.com

Mengenal Model Lemari Pakaian Pintu Geser

Lemari pakaian adalah barang yang kamu gunakan dalam kurun waktu yang panjang, penggunaannya akan bertahun-tahun hingga lemari rusak atau sudah tidak layak pakai.

Maka dari itu, faktor seperti ukuran, warna, bentuk, hingga material perlu menjadikan pertimbangan saat memilih lemari pakaian. 

Umumnya, lemari ini didesain dengan model pintu bergerak secara horizontal ke kanan dan kiri. Jalur pintu ada pada bagian atas dan bawah lemari sehingga akan memudahkan membuka dan menutup pintu.

Salah satunya adalah seperti lemari baju dengan  pintu geser bermodel klasik berikut ini.

 

Nalaya Lemari Pakaian 2 Pintu Geser- Beli di Ruparupa.com

Beli di sini 

Lemari pintu geser minimalis
Parla Lemari Pakaian 2 Pintu Geser – Abu-abu- Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

 

Kelebihan Menggunakan Lemari

Lemari baju ini dapat digunakan pada berbagai ruangan yang tidak memiliki ukuran cukup besar. Selain itu, bentuk lemari ini kerap kali memiliki ruang penyimpanan yang jauh lebih besar daripada model lemari pakaian lainnya. 

Baca Juga:   6 Keunggulan Menggunakan Pintu Sliding Kayu

Jadi, buat kamu yang memiliki banyak pakaian dan barang, jenis lemari seperti ini sangat  direkomendasikan. Tenang saja, model lemari baju ini cukup beraneka ragam, yang bisa kamu pilih sesuai dengan tema ruangan di rumah.

Tipsnya, pilih lemari pakaian dengan kaca untuk menciptakan kesan lebih luas di dalam ruangan, seperti rekomendasi lemari berikut ini. 

Model lemari pakaian geser
Komet Lemari Pakaian 2 Pintu Geser 236x66x220 Cm-Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Ada berbagai lemari dengan tipe ini yang juga memfungsikan pintu sebagai kaca. Keunggulan lain yang bisa kamu dapatkan, kamu bisa membuat ruangan menjadi terkesan lebih luas dengan kaca pada lemari.

Namun, ada pula pintu geser yang berbahan transparan. Sehingga, kamu bisa melihat pakaian yang ada di dalam lemari tanpa harus membukanya, serta berbagai macam material pintu lainnya.

Bila kamu memiliki banyak pakaian yang harus kamu gantung seperti kemeja, dress, dan berbagai pakaian sejenis lainnya yang membutuhkan space lebih luas secara vertikal, lemari model ini akan sangat membantu.

Lemari pintu geser akan memberikan kamu lebih banyak ruang untuk menggantung pakaian.

Penggunaan lemari jenis ini akan memberikan kesan minimalis, dan membuat ruangan menjadi terasa lebih modern. Kamu tidak perlu ragu untuk menempatkan berbagai barang lain, seperti kursi di depan lemari.

Lemari tetap dapat kamu fungsikan dengan maksimal, karena sistem pintu lemari adalah digeser ke kanan dan kiri untuk membuka serta menutupnya.

Kamu dapat menghadirkan kesan elegan pada suatu ruangan dengan menambahkan lemari model ini di dalamnya. Namun, tentu perlu kamu sesuaikan dengan warna dan material yang kamu gunakan pada lemari.

Baca Juga:   5 Model Dipan Ranjang Minimalis Kekinian

Kelemahan Lemari Pakaian Geser

Tidak hanya keuntungan, kali ini mari kita pertimbangkan juga kelemahan dari penggunaan lemari model ini. Lemari dengan pintu geser akan mudah terbanting, terutama bila kamu tidak menutupnya dengan hati-hati.

Inilah yang membuat lemari jadi lebih mudah lecet dan tergores. Selain itu, pintu geser yang terlalu sering kamu buka dan tutup, justru bisa merusak engselnya. Belum lagi tumpukan debu, yang dapat menghambat jalur pintu geser.

Bila kamu memakai pintu geser dengan kaca, maka kamu perlu lebih rutin membersihkannya karena akan jauh lebih mudah terlihat kotor. Misalnya, terkena sidik jari dan juga debu yang menempel.

pintu geser
sumber: unsplash.com

Namun, bagaimana pun baik lemari dengan pintu geser maupun engsel, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan, mengingat lemari akan kamu gunakan dalam jangka waktu lama.

Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan desain interior yang ingin kamu hadirkan dalam ruangan. Apalagi, setiap furnitur yang kamu gunakan akan mempengaruhi suasana ruangan.

Tentu, kamu akan merasa lebih nyaman bila ruangan memiliki desain yang menarik. Kamu bisa menyesuaikan lemari dengan desain seperti apa yang ingin kamu hadirkan, entah itu modern minimalis maupun klasik.

Nah, kamu bisa menemukan membeli berbagai model lemari pakaian yang praktis sesuai keinginan dan kebutuhan hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini menyediakan berbagai perabot rumah tangga terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.