Promo Anniversay Ruparupa

Lantai bersih adalah idaman setiap pemilik rumah, yang memberi kenyamanan dan kesan terawat. Akan tetapi dalam aktivitas bebersih yang terlihat sederhana, ternyata masih banyak orang yang melakukan kesalahan. Apalagi jika mengetahui adanya material penutup lantai yang beragam. Untuk mengatasi permasalahan di atas, Ruppers perlu tahu cara perawatan yang tepat

Jenis Lantai & Cara Membersihkannya

lantai bersih dengan produk produk berkualitas dari Ruparupa
Alat kebersihan

Setiap material penutup lantai memiliki jenis yang berbeda-beda sehingga Ruppers perlu mengetahui secara mendetail apa saja yang harus dilakukan maupun dihindari.

Lantai Kayu

lantai kayu
Lantai kayu

Memiliki lantai rumah dari kayu memang memberikan kesan alami dan cantik dipandang mata. Akan tetapi jika bicara soal perawatan maka akan berbeda, pasalnya cukup membersihkannya dengan sapu atau vacuum cleaner yang mampu mengangkat kotoran berukuran partikel kecil.

Namun jika ingin menggunakan kain pel yang basah untuk menghilangkan noda membandel tentunya boleh-boleh saja, dengan catatan tidak terlalu banyak air, serta menggunakan cairan pembersih khusus. Sebagai alternatif kamu dapat membuat cairan pembersih lantai buatan sendiri.

Lantai Vinyl

Lantai Vinyl
Lantai Vinyl

Termasuk jenis pelapis lantai yang memiliki masuk dalam kategori low maintenance, alasannya karena kamu dapat membersihkannya dengan sapu, penyedot debu, hingga kain pel yang basah.

Bahkan kamu dapat menggunakan sedikit cairan pemutih jika menemukan goresan. Namun ingat ya, untuk tidak lupa membilas lantai dengan air bersih kembali setelah menggunakan sabun atau cairan pemutih.

Dari penjelasan di atas sangat terlihat jika tidak mengherankan mengapa material ini sangat populer, pertama karena mudah dalam proses pembersihannya dan memberikan dua fungsi sekaligus yaitu keindahan maupun kenyamanan.

Lantai Keramik

Lantai Keramik
Lantai Keramik

Jenis penutup lantai yang paling mudah dibersihkan, dan dapat menggunakan segala jenis cairan pembersih. Untuk mendapatkan hasil ruangan maksimal kamu dapat memilih aneka ragam motif dan warna keramik, yang sesuai dengan tema ruangan. Namun secara umumnya orang-orang lebih menyukai warna netral seperti putih, cream, coklat dan hitam.

Lantai Batu

Lantai Batu
Lantai Batu

Memiliki kecantikan yang alami dan sering menjadi pilihan yang tepat untuk hunian. Untuk proses pembersihannya sendiri cukup gunakan vacuum cleaner untuk mengangkat debu. Setelah itu barulah kembali membersihkannya dengan produk pembersih lantai.

Namun yang menjadi concern jika menggunakan material penutup lantai ini adalah rentan terkena noda, sehingga pastikan untuk memberikan perlindungan tambahan seperti sealant resin.

Lantai Cork

Lantai cork
Lantai Cork

Salah satu jenis penutup lantai yang memiliki kondisi khusus yaitu tidak boleh menggunakan air yang berlebihan saat mengepel, alasannya karena terlalu banyak air dapat membuat lantai kehilangan lapisan pelindungnya.

Namun jika menyukainya cobalah untuk memberikan lapisan ekstra seperti sealant akrilik atau poliuretan, terutama pada ruangan dengan mobilitas tinggi seperti dapur dan kamar mandi.

Lantai Linoleum

Lantai Linoleum
Lantai Linoleum

Mungkin familiar bagi sebagian orang karena di dunia arsitektur bermanfaat sebagai pelapis lantai. Memiliki fungsi untuk menjaga kebersihan dan menghindari kotoran yang menempel.

Untuk membersihkan lantai jenis ini sendiri tidak sulit karena cukup dengan vakum atau sapu. Namun jika ada noda membandel, kamu bisa menggosok ringan dengan sponge basah yang sudah dicelup pada larutan pembersih lantai.

Hindari Kesalahan Ini Untuk Mendapatkan Lantai Bersih

tips membersihkan lantai

Pada bagian sebelumnya sudah disebutkan kalau ada beberapa kesalahan yang sering terjadi saat membersihkan lantai, dan membuat tidak efektif, apa saja itu? yuk simak bersama informasi berikut ini.

# Kotoran Menempel Terlalu Lama

Terkadang karena sedang melakukan aktivitas lainnya, kebanyakan orang suka menunda saat mengetahui ada makanan yang tumpah, ya sebuah keadaan yang bisa kami mengerti. Tetapi sayangnya ternyata menunda membersihkan lantai, justru membuat kotoran susah hilang dan membuat pekerjaan semakin berat, duh!

# Menggunakan Alat Kebersihan yang Kotor

Setelah menggunakan peralatan secara berulang-ulang, tentunya kamu harus membersihkannya secara berkala. Jika membiarkannya dalam keadaan kotor dan menggunakannya kembali, maka ini menjadi kesalahan besar dan hanya memindahkan kotoran dari satu tempat ke tempat lainnya.

# Membersihkan Dari Area yang Salah

Melakukan bersih-bersih juga membutuhkan strategi, karena mengerjakan dari sembarang tempat akan membuat proses ini semakin lama atau berulang-ulang. Untuk itu cobalah untuk membersihkan debu dari tempat yang paling atas ke rendah.

# Menggunakan Cairan Pembersih yang Salah

Terkadang banyak orang asal membeli larutan pembersih lantai, dengan alasan semua produk memiliki fungsi yang sama. Tapi apakah ini benar? terbukti salah memilih, justru membuat lantai terlihat kusam atau lengket.

Bahkan ada yang akhirnya merusak penutup lantai yang Ruppers miliki, karena hal inilah kamu perlu tahu kandungan apa yang terdapat di dalamnya, hindari kimia berbahaya dan sebagai gantinya gunakan produk yang mengandung bahan kimia ringan.

# Membersihkan Tidak Maksimal

Sebagian orang setelah mengepel hanya membiarkannya mengering, tanpa memberikan polishing tambahan yang berguna untuk membuat lantai berkilau. Untuk memberikan efek kilap pada penutup lantai, gunakan perlindungan ekstra yang sesuai dengan jenis material tersebut.

# Memiliki konsep one for all

Ingin sesuatu yang cepat dan simple, membuat banyak orang menyukai satu alat kebersihan untuk semua barang, oops! Bukannya semakin bersih cara ini hanya memindahkan kuman dari satu tempat ke tempat lainnya.

Sehingga ada baiknya untuk menggunakan produk yang berbeda di setiap area rumah, dan memastikan untuk mencuci produk setelah menggunakannya.

Rekomendasi Alat Kebersihan yang Wajib dimiliki

Produk-produk di bawah ini akan membantu Ruppers untuk membersihkan dengan mudah

Alat Pel Berputar 3 In 1

Lantai bersih dengan cara mudah cukup dengan alat pel berputar 3 In 1 yang multifungsi, memiliki pedal, serta fitur tongkat yang dapat diatur dan digenggam dengan mudah. Temukan produk ini dengan kisaran harga di bawah 300.000 ribu rupiah hanya di Ruparupa.

Alat Pel Putar Twister Compact

Memiliki gagang ergonomis dan anti slip. Selain itu dapat berputar secara otomatis maupun bekerja dengan cara yang mudah yaitu cukup masukan kain pel dan tekan gagang ke bawah. Alat kebersihan yang terbuat dari kain microfiber ini memiliki kisaran harga 400.000 rupiah.

Set Alat Pel Putar Dengan Ember

Hadir dengan ember dan set kain pel, yang membuat Buat kegiatan bebersih lantai menjadi mudah dan menyenangkan. Hadir dengan bahan microfiber, serta gagang ergonomis. Temukan produk berkualitas ini hanya di ruparupa.com dengan kisaran harga 300.000 rupiah.

Selain alat Pembersih, kami juga menyediakan aneka Pel & Aksesoris, Pel Kering, hingga kebutuhan Rumah Tangga yang beragam dan berkualitas.

Kini memiliki lantai bersih bukan lagi sebuah impian karena Ruppers bisa mewujudkannya dengan dukungan alat dari Ruparupa, e-commerce yang memiliki konsep one stop solution dan gabungan dari brand terpercaya seperti ACE, Infroma hingga Toys Kingdom.