6 Jenis Diffuser dan Cara Memilih yang Tepat Buat di Rumah

0
2213
Jenis dan cara memilih diffuser

Diffuser menjadi salah satu alat yang wajib ada di setiap rumah, terutama semenjak pandemi COVID-19 melanda. Tidak heran bila jenis diffuser semakin beragam. Untuk itu, kita perlu memilih yang tepat untuk digunakan di setiap ruangan di rumah.

Selain membuat sudut ruangan rumah ini jadi wangi, diffuser juga bisa membersihkan sirkulasi udara. Namun, cara kerja alat satu ini berbeda dengan air humidifier dan air purifier.

Ruparupa Banner

Air purifier memang bisa membuat udara jadi lebih bersih karena memiliki filter yang dapat menyaring kotoran. Sedangkan air humidifier berfungsi untuk melembabkan udara.

Nah, kalau air diffuser bekerja dengan mengeluarkan uap yang merupakan campuran dari air dan minyak essensial untuk membersihkan udara. Biasanya, diffuser dapat mengeluarkan aroma yang bikin tubuh jadi lebih rileks.

Lantas, Apa Saja Jenis Diffuser

Nah, kali ini, kami telah merangkum beberapa jenis dan rekomendasi diffuser yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu, seperti berikut.

1. Diffuser Lilin (Candle Diffuser)

Diffuser lilin merupakan jenis tradisional yang dapat kamu miliki dengan harga relatif terjangkau. Umumnya, alat ini memanfaatkan perantara proses pemanasan untuk menghasilkan aroma dari minyak essensial yang terkandung dalam batang lilin.

Alat ini sering disebut lilin aromaterapi yang banyak digunakan di tempat spa. Soalnya, aroma dari lilin ini bisa membuat tubuh jadi lebih rileks.

2. Diffuser Keramik (Ceramic Diffuser)

Ceramic diffuser merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menambah nilai estetika ruangan. Sesuai dengan namanya, diffuser ini biasanya terbuat dari keramik atau tanah liat yang berpori dengan rancangan berbentuk artistik.

Diffuser ini memanfaatkan gelombang suara ultrasonik untuk menguapkan minyak essensial dan menyebarkannya melalui udara ke seluruh ruangan. Namun, jenis diffuser ini hanya cocok digunakan pada ruangan kecil seperti kamar tidur.

Baca Juga:   5 Alat Pembersih Elektronik yang Canggih Buat Meringankan Pekerjaan Rumah

Untuk ruangan besar, pastikan meletakkannya pada lokasi yang strategis agar kinerja minyak essensial dapat bekerja secara efektif.

Cara penggunaannya juga sangat mudah, kamu cukup menuangkan 1-2 tetes minyak aromaterapi favoritmu ke badan keramik dan diffuser. Kemudian, kamu dapat merasakan aroma khas yang menguap di udara.

Jenis diffuser keramik
Diffuser Aromaterapi Keramik Triangle 9x9x16 Cm – Putih

Cek di sini

3. Reed Diffuser

Reed diffuser atau biasanya dikenal dengan sebutan diffuser buluh adalah diffuser yang bekerja dengan cara menyerap minyak aromaterapi ke dalam batang rotan yang tersimpan di dalam botol, kemudian menguapkan aromanya ke udara.

Jenis ini kerap menjadi pilihan favorit sejuta umat karena memiliki bentuk yang praktis tanpa perlu memanfaatkan suhu panas, air, ataupun listrik. Selain itu, reed diffuser memiliki bentuk yang dapat mempercantik tampilan estetika ruangan kamu.

Selain itu, reed diffuser biasanya telah dikemas secara bersamaan dengan botol berisi minyak dan rotan. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot mencari wewangian aroma terapi secara terpisah.

 

model diffuser
Cocodor April Fresh Reed Diffuser 200 Ml

Cek di sini

jenis reed diffuser
Cocodor 200 Ml April Fresh Reed Diffuser

Cek di sini

4. Electric Diffuser

Jenis diffuser ini memanfaatkan energi listrik untuk dapat menghasilkan aromaterapi. Alat ini bekerja dengan menggunakan kipas listrik pada bagian dalam diffuser  sehingga akan menyebarkan uap minyak aromaterapi ke seluruh ruangan.

 

diffuser elektrik
Ultraman Diffuser Aromaterapi Swirling Mist 120 Ml

Cek di sini

5. Nebulizer Diffuser

Nebulizer diffuser bekerja dengan proses nebulasi untuk memecah minyak esensial menjadi molekul partikel yang sangat kecil. Jadi, tingkat penguapannya bisa menyebar dengan cepat ke seluruh ruangan.

Perangkat ini juga cocok untuk kamu yang memiliki masalah pernapasan. Selain itu, diffuser ini memiliki jangkauan yang luas sehingga dapat digunakan untuk ruangan yang besar.

Cara memilih diffuser nebulizer
Ataru 60 Ml Diffuser Aromaterapi – Putih-cokelat

Cek di sini

6. Ultrasonic Diffuser

Jenis diffuser ini menggunakan frekuensi gelombang listrik untuk membuat getaran pada air yang kemudian berubah menjadi uap halus, serta melembapkan udara ruangan yang kering.

Alat ini memiliki sistem yang lebih modern dalam mengontrol jumlah kadar minyak essential agar tidak meluap sia-sia. Tak hanya itu, ultrasonic diffuser juga memiliki harga yang lebih terjangkau daripada jenis electric dan nebulizer.

 

Baca Juga:   Perhatikan 7 Hal Ini saat Mencuci Pakaian dengan Mesin Cuci
Jenis diffuser ultransmit
Ultransmit Diffuser Aromaterapi Dot – Putih

Cek di sini

Bagaimana Cara Memilih Jenis Diffuser yang Tepat?

Setelah mengetahui jenis-jenis diffuser, berikut cara memilih yang tepat buat diletakkan di sudut rumah.

1. Pilih Produk yang Penyebaran Aromanya Merata

Pastikan kamu memilih produk dengan uap swirll dengan fitur pengaturan kadar uap. Dengan  fitur tersebut, kamu dapat menyesuaikan kapasitas jumlah uap dengan luas ruangan agar tidak pusing.

Selain itu, pastikan meletakkan air diffuser memiliki ventilasi saluran udara yang baik supaya alat ini bekejra dengan lebih baik.

2. Memiliki Kelebihan Multifungsi

Beberapa diffuser telah dilengkapi dengan fitur lampu tidur dan pengatur waktu. Fitur lampu membantu kamu untuk memberikan nuansa aksen redup yang relaks sembari menikmati aroma essential favoritmu.

Sedangkan fitur timer sangat cocok bagi kamu yang sibuk, tetapi ingin kondisi udara di rumah tetap terjaga.

3. Memiliki Desain yang Menarik

Kamu juga dapat memilih diffuser dengan desain minimalis untuk mempercantik tampilan interior rumahmu, dari diffuser dengan bentuk unik, lampu warna-warni, dan lain sebagainya. Kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan tema hunianmu.

4. Produk yang Perawatannya Mudah

Pastikan kamu selalu membersihkan air dan mesin diffuser secara berkala, terutama bila kamu menggunakannya dengan infusi air. Pasalnya, bisa saja tumbuh  jamur yang dapat mengganggu kualitas aroma yang dihasilkan.

Kamu juga bisa memilih tipe reed diffuser yang praktis tanpa perlu perawatan khusus.

diffuser dari bambu
Ultransmit Ultrasonic Diffuser Bambu Kw021
Diffuser dengan kapasitas 80 ml dari bambu dan dilengkapi dengan lampu LED.

Itulah jenis dan tips cara memilih diffuser yang dapat kamu pertimbangkan sebelum membeli. Kamu dapat menemukan diffuser berkualitas terbaik hanya di ruparupa.com.

Temukan berbagai jenis diffuser
hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Situs belanja online ruparupa.com juga menjual berbagai perlengkapan rumah tangga dan alat elektronik berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, dari ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kami juga memiliki sejumlah rekomendasi merek diffuser berkualitas terbaik yang bisa kamu gunakan di rumah, seperti berikut.

cara memilih diffuser
Ultransmit Ultrasonic Diffuser Aromaterapi Wood Fiber

Cek di sini

rekomendasi diffuser
Kels Shelby Diffuser & Pengharum Ruangan

Cek di sini

minyak aromaterapi
Ultransmit Diffuser Aromaterapi – Putih

Cek di sini

wangi aromaterapi
Serene House 90 Ml Ultrasonic Diffuser Forest

Cek di sini