5 Jenis Termometer dan Cara Pemakaiannya

0
488
Jenis termometer

Termometer adalah alat untuk mengukur suhu tubuh, khususnya saat sedang mengalami demam. Saat kamu sedang mengalami demam, alat ini dapat membantu kamu mengetahui seberapa tinggi suhu tubuh kamu secara lebih pasti. Hal tersebut yang akan membantumu mengetahui apakah kamu memerlukan perawatan lebih lanjut atau tidak. 

Alat ini juga memiliki kegunaan lain, yaitu mengukur suhu udara, air, atau objek lainnya. Namun, orang-orang lebih banyak menggunakannya untuk mengukur suhu tubuh, khususnya di masa pandemi COVID-19 ini. 

Kebanyakan orang yang terinfeksi virus Corona mengalami gejala demam. Hal inilah yang membuat kamu harus berhati-hati dan mempersiapkan thermometer di rumahmu. Bahkan di tempat usahamu juga akan sangat memerlukan alat ini untuk mengukur suhu tubuh setiap orang yang akan masuk. 

5 Jenis Termometer dan Cara Pakainya

Sebelum membeli alat ini, tentunya kamu harus mengetahui jenis mana yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu juga harus mengetahui bagaimana cara menggunakannya dengan benar agar hasil pengukuran suhu tubuh dapat lebih akurat. Berikut 5 jenis termometer dan cara memakainya :

Termometer Air Raksa

termometer air raksa
Sumber : pixabay.com

Jenis pertama yang mungkin sering kamu temui adalah termometer air raksa. Alat ini berbentuk tabung kaca dengan logam cair berwarna perak di dalamnya yang merupakan air raksa atau zat merkuri. 

Penggunaan termometer air raksa ini adalah dengan meletakkannya di area mulut, lebih tepatnya adalah di bawah lidah. Sebelum memasukkannya ke mulut, pastikan kamu sudah membersihkan alat ini dengan benar ya, Ruppers

Termometer air raksa memiliki harga yang lebih murah. Namun, saat ini lebih baik menghindari penggunaan jenis ini karena dikhawatirkan air raksa pada bagian dalamnya akan keluar dan berisiko menyebabkan keracunan. 

Termometer Digital

termometer digital
Sumber : pixabay.com

Termometer jenis ini dapat menunjukkan hasil yang lebih cepat dan akurat. Alat ini menggunakan sensor panas elektronik yang bekerja untuk mengukur suhu tubuh. Penggunaannya adalah dengan meletakkannya atau menjepitnya di ketiak selama lima menit atau sampai alat ini mengeluarkan bunyi yang menandakan hasil pengukuran sudah muncul di layarnya. 

Kamu juga dapat menggunakan alat ini di mulut, tapi ingat untuk membersihkannya dengan benar ya, Ruppers. Letakkan ujung sensor alat ini ke bawah lidah dan tutup mulut kamu selama 40 detik atau sampai sensornya berbunyi yang menandakan hasil pengukuran sudah muncul di layarnya.  

Ear Thermometer

Sowell Ear Thermometer
Dapatkan termometer telinga berkualitas hanya di Ruparupa.com

Alat ini khusus untuk mengukur suhu bagian dalam telinga. Ear thermometer ini memiliki sinar inframerah yang mampu membaca panas pada bagian dalam telinga. 

Kamu cukup meletakkan alat ini di lubang telinga dan pastikan sensornya menghadap tepat ke arah permukaan lubang telinganya. Kamu hanya perlu menunggu hingga sensornya berbunyi dan hasil pengukuran muncul di layarnya. Namun, hasil pengukuran ear thermometer ini bisa saja kurang akurat jika kamu memiliki banyak kotoran di dalam telinga.

Termometer Dot Digital

Thermometer dot
Sumber : shutterstock.com

Sesuai dengan namanya, jenis satu ini memiliki bentuk seperti dot atau empeng bayi. Alat ini akan menjadi solusi bagi kamu yang memiliki anak atau bayi yang sulit untuk menggunakan termometer biasa. 

Kamu hanya perlu memasukkan alat ini ke mulut anak seperti dot biasa. Biarkan anakmu menghisapnya selama 3 sampai 5 menit dan hasil pengukuran akan muncul di layarnya.

Termometer Digital Inframerah

Yuwell Thermometer Infrared
Dapatkan Thermometer Inframerah berkualitas hanya di Ruparupa.com

Jenis yang terakhir adalah termometer digital inframerah. Di masa pandemi ini, kamu mungkin seringkali menemui alat jenis ini karena hampir di semua tempat umum menggunakannya. Alat ini mampu mengukur suhu tubuh dengan sinar inframerah. 

Kamu cukup meletakkan sensornya ke arah dahi dan nantinya sinar inframerah akan membaca panas yang keluar dari kepala. Hasil pengukurannya dapat segera muncul di layar. Tetapi sekarang ini, banyak juga yang menggunakannya ke punggung tangan. Namun, jenis termometer ini belum dapat memberikan hasil seakurat jenis lainnya. 

Perhatikan hal ini sebelum menggunakan termometer 

Sebelum menggunakan alat ini, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut agar hasil pengukuran suhu tubuh dapat lebih akurat : 

  • Jangan menggunakan alat ini setelah kamu melakukan olahraga berat atau mandi air hangat. Berilah jeda sampai satu jam terlebih dahulu.
  • Jangan merokok sebelum mengukur suhu tubuh. Berilah jeda sekitar 20 hingga 30 menit.
  • Jangan makan atau minum yang panas dan dingin sebelum melakukan pengukuran, terutama jika kamu mengukurnya lewat mulut. Berilah jeda sekitar 20 hingga 30 menit.
  • Bersihkan termometer secara tepat dan seksama. 
Yuwell Termometer Infrared
Yuwell Termometer Infrared 32-42.9°c Yt-1c beli di Ruparupa.com

Kamu dapat menemukan termometer dengan kualitas terbaik di Ruparupa.com. Berikut rekomendasi thermometer merek Yuwell dan Sowell yang dapat memberikan pengukuran suhu tubuh yang cepat dan akurat. Penggunaannya pun sangat mudah dan dapat kamu bawa kemana saja. 

Sowell Termometer Telinga
Sowell Termometer Telinga beli di Ruparupa.com
Yuwell Termometer Inframerah
Dapatkan Thermometer Inframerah berkualitas hanya di Ruparupa.com