20 Jenis Pohon Palem untuk Menghiasi Rumah

0
1955
pohon palem

Pohon palem memang dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menghiasi rumah kamu. Selain itu, palem juga dapat menjadi pelindung dan juga peneduh bagi rumah. Ada banyak sekali jenis pohon palem yang dapat kamu pilih dan cocokan dengan rumahmu. 

20 Jenis Pohon Palem untuk Menghiasi Rumah

Tertarik untuk menambahkan pohon palem di rumah kamu ? Yuk, kenali dulu beberapa jenis pohon palem ini : 

Palem Raja

Jenis pohon palem raja
Sumber : flickr.com

Roystonea regia atau palem raja memiliki bentuk yang menawan dan gagah. Palem ini tumbuh tegak menjulang ke atas dengan ujung daun pada batangnya membentuk mahkota seperti raja. 

Jenis pohon palem raja ini membutuhkan pekarangan yang luas untuk menanamnya karena pohon ini dapat tumbuh tinggi hingga 30 meter. 

Palem Putri

pohon palem putri
Sumber : abepyc.com

Veitchia merrillii atau palem putri dapat dikatakan sebagai versi kecil dari palem raja. Palem putri memiliki batang tunggal berwarna abu-abu dan daun yang lebih hijau. Jenis pohon palem ini dapat tumbuh hingga 5 meter.

Palem Merah

pohon palem merah
Sumber : etsy.com

Sering juga disebut pinang merah, pohon ini biasanya ditanam di halaman rumah. Palem merah memiliki pelepah daun berwarna merah pekat menyala. Pohon ini dapat tumbuh tinggi hingga 16 meter dan membentuk rumpun yang memiliki banyak batang.

Palem Kuning

jenis pohon palem kuning
Sumber : target.com

Sama seperti namanya, palem kuning memiliki daun menyirip dengan warna hijau kekuningan dan pelepah berwarna kuning terang. Jenis pohon palem ini tumbuh mengembang dan membuat rumpun bercabang. 

Ukuran palem kuning relatif lebih kecil dan ramping dibandingkan yang lainnya, sehingga akan cocok jika ditanam di pot yang besar. 

Palem Kipas

pohon palem kipas
Sumber : plantas-jadineria.blogspot.com

Livistona chinesis atau palem kipas ini memiliki bentuk yang unik, yaitu menyusun setengah lingkaran seperti kipas. Daun dari palem kipas memiliki diameter yang dapat mencapai 30-50 cm. Palem kipas dapat kamu tanam di dalam pot besar dan cocok untuk diletakkan di ruang tamu.

Palem Bambu

jenis pohon palem bambu
Sumber : ecoart.pe

Chamaedorea seifrizii atau palem bambu sering dijumpai di pekarangan rumah atau kawasan perkantoran. Daun dari pohon ini tumbuh seperti telapak tangan yang indah dan kuat. Palem bambu dapat tumbuh walaupun dengan sedikit sinar matahari. 

Palem Botol

jenis pohon palem botol
Sumber : florida-palm-trees.com

Jenis pohon palem dengan nama latin hyophorbe lagenicaulis ini mempunyai bentuk menggembung seperti botol di bagian bawahnya. Batang pohon ini berbentuk membulat dan pendek dengan tinggi dapat mencapai 4-6 meter, sedangkan diameter batang hingga 50-60 cm. 

Pertumbuhan dari pohon palem ini tergolong lambat, sehingga kamu dapat menanamnya di pekarangan atau bahkan di dalam rumah.

Palem Jepang

pohon palem jepang
Sumber : grosirbibittanaman.co.id

Ptychosperma macarthurii atau palem jepang ini memiliki bentuk daun menyirip kecil, berpasangan, dan juga bergerigi. Pohon satu ini sangat mudah dirawat, karena walaupun tidak disiram berhari-hari, palem ini tetap dapat bertahan.

Palem Pandan Bali

pohon palem pandan bali
Sumber : aujardin.info

Palem bali memiliki nama latin Cordyline Australis. Bentuk pohon palem ini sangat unik dan eksotik dengan daun hijau yang panjang dan runcing keluar dari ujung batang tunggalnya. 

Jenis pohon palem pandan bali ini dapat menyaring polusi dan debu yang ada. Kamu dapat menanamnya di pekarangan dan juga di dalam rumah. 

Palem Jenggot

pohon palem jenggot
Sumber : bonanza.com

Salah satu jenis pohon palem yang langka adalah Coccothrinax crinita atau palem jenggot. Sesuai dengan namanya, palem ini memiliki serat dengan warna putih keemasan yang menjuntai dan menyelimuti bagian batang pohon seperti jenggot manusia. Palem jenggot mempunyai postur yang pendek dan memerlukan cukup cahaya dan asupan air yang baik. 

Palem Phoenix

pohon palem phoenix
Sumber : tamanpedia.com

Jenis pohon palem satu ini cukup jarang didengar. Palem phoenix memiliki daun dengan warna hijau keabuan dan akan menjadi warna kuning saat berbunga. Pohon ini dapat tumbuh tinggi hingga 2-3 meter dengan panjang daun hingga 120 cm. 

Palem Ekor Ikan

palem ekor ikan
Sumber : pinterest @brigittedhoe

Palem ini dinamakan palem ekor ikan (Caryota mitis) karena bentuknya yang memang menyerupai ekor atau sirip ikan. Daun palem ini dapat tumbuh hingga 20-30 cm, sedangkan tingginya dapat mencapai 3-6 m. Orang-orang banyak mencari palem ekor ikan ini untuk menghias rumahnya. 

Palem Ekor Tupai

palem ekor tupai
Sumber : flickr.com

Wodyetia bifurcata alias palem ekor tupai ini termasuk jenis pohon palem yang langka. Wujud fisiknya hampir menyerupai palem raja. Bedanya, daun palem ekor tupai ini tumbuh mengitari tangkai daun layaknya ekor tupai. 

Palem Palas Payung

jenis pohon palem palas payung
Sumber : pinterest @alocasti

Pohon palem satu ini memiliki bentuk yang sangat unik dan mirip dengan palem kipas. Licuala grandis alias palem palas payung ini memiliki bentuk daun yang melingkar dengan garis tengah sekitar 60 cm. Kamu dapat meletakkan palem ini di dalam ruangan rumahmu loh.

Palem Paris 

pohon palem paris
Sumber : palmpedia.net

Calamus ciliaris alias palem paris tumbuh berumpun atau merambat. Daunnya membentuk sirip dan melengkung dengan warna hijau. Daun palem ini memiliki tepi yang halus. Selain sebagai tanaman hias, palem paris juga dapat digunakan untuk mengobati cacingan.

Palem Segitiga Hijau

palem segitiga hijau
Sumber : pinterest @christboneck

Pohon palem segitiga hijau ini memiliki bentuk daun yang menyudut ke bawah seperti segitiga. Palem dengan nama latin neodypsis decaryi ini memiliki daun berwarna hijau kelabu dan mengembang keluar dari ujung batangnya. 

Palem Washington

palem washington
Sumber : ebay.com

Washingtonia filifera alias palem washington ini hampir mirip dengan palem kipas, hanya saja memiliki batang yang lebih besar. Kamu dapat menambahkan palem ini di rumah untuk memberikan kesan mewah.

Palem Butia atau Capitata

palem butia capitata
Sumber : promessedefleurs.com

Daun palem ini berwarna hijau pucat dan memiliki semacam lapisan lilin yang tipis. Selain itu, tangkai palem ini berduri loh, Ruppers

Palem Nolina

palem nolina
Sumber : thejoyofplants.co.uk

Beaucarnea recurvata atau palem nolina ini juga sering disebut sebagai kuncir kuda. Susunan daunnya menyerupai kuncir kuda dan juga memiliki bagian bawah batang yang besar menggembung. 

Untuk cara merawat tanaman palem satu ini, kamu tidak boleh menyiramnya dengan terlalu banyak air karena bagian batang palem ini bertujuan untuk menyimpan air. 

Palem Udang

palem udang
Sumber : instagram @yens.garden

Palem udang ini memiliki warna daun yang sangat unik dengan paduan warna hijau kebiruan dan goresan warna silver. Daun dari palem ini tumbuh menyebar ke berbagai arah seperti air mancur. 

Nah, jadi itu tadi 20 jenis pohon palem yang dapat kamu jadikan hiasan di rumahmu, Ruppers. Jadi pohon palem mana nih yang akan menjadi pilihan kamu ? Berikut rekomendasi produk yang dapat kamu beli di Ruparupa.com untuk membantumu merawat taman rumah : 

Ace Penyiram Tanaman Plastik 8 Ltr
Ace Penyiram Tanaman Plastik 8 Ltr beli di Ruparupa.com