7 Jenis Bahan Sofa yang Awet dan Sering Digunakan

0
7881
jenis bahan sofa

Ingin membeli sofa minimalis baru untuk di rumah kamu? Bila ya, pastikan kamu memilih jenis bahan sofa yang awet dan bagus ya, Ruppers.

Memang, menentukan jenis bahan sofa yang tepat suka membingungkan, apalagi ketika dihadapkan dengan banyak pilihan. Tidak heran kalau akhirnya kita cenderung hanya memilih sofa melihat dari modelnya, ketimbang mengetahui bahan yang digunakan.

Ruparupa Banner

Padahal, bahan sofa yang digunakan merupakan hal yang sangat penting. Jadinya, kita pun bisa duduk dengan nyaman dan memudahkan kita dalam melakukan perawatan.

Jenis Bahan Sofa Paling Populer dan Awet

Daripada salah memilih, simak beberapa bahan sofa berikut ini, yang sering digunakan dan memiliki ketahanan yang bagus. 

1. Katun 

Bahan sofa pertama yang sering digunakan adalah katun. Biasanya, bahan sofa katun  memiliki tekstur halus dan lembut. Tidak heran kalau bahan ini menjadi favorit banyak orang.

Namun, kekurangan dari sofa berbahan katun adalah ketika terkena air akan sulit untuk membersihkannya. Selain itu, kerapatan jahitan sofa pun lebih mudah longgar karena sering diduduki. 

Oleh karena itu, biasanya sofa katun akan dikombinasikan dengan bahan sofa lainnya agar dapat memberikan kenyamanan maksimal dan lebih tahan lama.

Nah, kami punya beberapa rekomendasi sofa berbahan katun yang bisa jadi pilihan terbaik buat kamu seperti berikut ini.

Kila Sofa Fabric 2 Dudukan Malmo 92
Kila Sofa Fabric 2 Dudukan Malmo 92- Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Ashley Tulen Sofa Recliner Fabric 2 Dudukan
Sofa Recliner Fabric 2 Duduka warna netral- Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

2. Kulit

Bagi kamu yang masih memiliki anak kecil dan aktif bermain, jenis bahan sofa dari kulit merupakan pilihan yang tepat.

Sofa kulit sangat mudah untuk kamu bersihkan, terutama ketika terkena kotoran atau tumpahan makanan. Selain itu, sofa kulit juga lebih tahan lama karena perawatannya yang cenderung cukup mudah. 

Namun, banyak juga pengguna sofa kulit yang mengatakan bahwa bahan ini akan terasa panas saat diduduki terlalu lama. Hal ini terjadi karena tidak ada sirkulasi udara yang masuk melalui pori-pori sofa.

Baca Juga:   6 Kombinasi Sofa Merah Di Dalam Ruangan Minimalis

Untuk itulah, kita perlu memilih sofa kulit dengan kualitas terbaik, seperti rekomendasi sofa berbahan kulit berikut ini.

jenis bahan Kulit
Selma Liverton Sofa Recliner Kulit Sectional beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Ferrara Padova Set Sofa Recliner Kulit
Ferrara Padova Set Sofa Recliner Kulit beli di Ruparupa.com

Beli di sini

3. Linen

Bahan linen juga menjadi pilihan favorit banyak orang karena lebih awet dan punya berbagai variasi warna. Tentunya, ini dapat memudahkan kita saat mencocokan warna sofa dengan tema ruangan. 

Sayangnya, bahan sofa linen memiliki kelemahan, yaitu cepat kotor dan mudah kusut. Oleh karena itu, sofa bahan linen direkomendasikan bagi kamu yang tidak memiliki anak kecil atau hewan peliharaan di rumah.

Tipsnya, kamu bisa memilih sofa dengan warna yang agak gelap, seperti rekomendasi sofa abu-abu berikut ini.

Langley Sofa Fabric 2 Dudukan
Langley Sofa Fabric 2 Dudukan beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Langley Sofa Fabric 3 Dudukan
Langley Sofa Fabric 3 Dudukan beli di Ruparupa.com

Beli di sini

4. Polyester

Polyester merupakan salah satu bentuk plastik yang dapat dipintal menjadi kain sehingga memiliki serat yang dapat mempertahankan bentuknya. 

Bahan sofa polyester ternyata sangat mudah untuk didaur ulang, lho. Jadinya, bahan ini lebih ramah lingkungan dan cocok buat kamu pencinta lingkungan.

Selain itu, bahan polyester juga memiliki ketahanan yang tinggi terhadap noda. Walaupun minyak cukup mudah meresap ke dalam kain, kamu juga dapat membersihkannya tanpa perlu ribet. 

Berikut ini kami punya rekomendasi sofa bahan polyester yang bisa jadi pilihan buat kamu.

Ashley Tulen Sofa Recliner Fabric
Ashley Tulen Sofa Recliner Fabric beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Ashley Ludden Recliner Fabric
Ashley Ludden Sofa Recliner Fabric beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

5. Velvet

Bahan velvet atau beludru juga dapat menjadi pilihan tepat, terutama jika kamu ingin memberikan kesan mewah pada ruangan. Sofa dengan bahan velvet tidak mudah tergores. Selain itu, seratnya memiliki kemungkinan kecil untuk terurai. 

Warna velvet juga terlihat lebih cerah dan terkesan bold. Hal inilah yang bisa menonjolkan kemewahan dari hunian kamu.

Namun, kekurangan dari bahan ini adalah cukup rentan dengan sinar matahari dan mudah menyerap tumpahan air. Selain itu, jika kamu memiliki hewan peliharaan berbulu, bulunya dapat menempel di kain sofa dan cukup sulit membersihkannya. 

Nah, berikut ini kami punya rekomendasi sofa bahan velvet yang halus dan berkualitas terbaik sebagai pilihan buat menghias rumah kamu.

6. Wol 

Bahan sofa satu ini cukup jarang ditemuka,n padahal wol sangat nyaman dan terkesan alami. Penggunaan wol pada sofa memberikan ketahanan yang kuat. 

Selain itu, bahan ini juga memiliki variasi warna yang beragam sehingga kamu dapat lebih mudah mencocokkannya dengan tema ruangan. Wol juga tidak membawa muatan listrik statis sehingga kecil kemungkinan debu dan rambut bisa menempel di sofa.

Kekurangannya adalah kamu harus memastikan sofa ini selalu dalam keadaan kering dan jangan sampai lembab agar bentuknya tidak berubah.

7. Chenille

Terakhir, ada bahan sofa chenille, yang dalam bahasa Perancis berarti ulat bulu. Bukan tanpa alasan, chenille mendapat nama tersebut karena ia memiliki rajutan bergaris yang cukup menonjol. 

Bahan chenille dapat dikatakan sebagai saudara dari velvet atau beludru, tetapi lebih tebal. Meski tebal, sofa bahan chenille masih sangat lembut dan nyaman untuk disentuh atau diduduki.

Selain itu, bahan chenille juga lebih kuat dan tahan lama, lho. Namun, jika kamu memiliki hewan peliharaan, seperti anjing atau kucing yang suka menggaruk di rumah, hindari menggunakan bahan sofa satu ini. 

Garukkan hewan peliharaan akan membuat kuku mereka tersangkut ke rajutan sofa dan bisa saja merusaknya atau membuat jahitannya keluar. 

Berikut rekomendasi sofa berbahan chenille yang dapat kamu beli.

Ashley Mercado Fabric 2 Dudukan
Ashley Mercado Sofa Fabric 2 Dudukan beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Ashley Brise Sectional Kanan Fabric
Ashley Brise Sofa Sectional Kanan Fabric beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Itu dia beberapa bahan sofa yang dapat kamu pertimbangkan untuk di rumah. Sudah tahu mau memilih yang mana? 

Nah, kamu dapat menemukan berbagai sofa berkualitas hanya di Ruparupa.com dengan klik di sini.

Selain itu, situs belanja online ini juga menjual perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan masih banyak lagi. 

Kamu juga berkesempatan untuk memperoleh berbagai penawaran menarik jika berbelanja di sini, lho. Selamat memilih sofa terbaik untuk menghiasi rumah kamu.