Ini Dia Jarak Menonton TV yang Ideal dan Penempatannya

0
6376
posisi tv yang tepat
Sumber: unsplash.com

Mungkin kita sering berpikir kalau menonton TV terlalu dekat bisa membuat mata rusak. Apalagi, televisi pada zaman dahulu, memiliki pancaran radiasi yang cukup besar. Inilah yang membuat banyak orang khawatir dan mencari tahu jarak menonton TV yang benar.

Meski sudah ada teknologi LCD dan plasma, yang sudah tidak memancarkan radiasi  berbahaya lagi, eits, bukan berarti kamu bebas menonton TV dengan jarak yang dekat ya, Ruppers!

Ruparupa Banner

Ini Bahaya Menonton TV Terlalu Dekat

Menonton TV dengan jarak dekat dalam waktu yang cukup lama dapat membuat mata kamu kelelahan dan tegang.

Mata kita pun juga bisa menjadi kering. Tidak hanya itu, kebiasaan ini akan berdampak pada anggota tubuh lainnya, seperti leher menjadi pegal karena harus mendongak saat menonton TV terlalu dekat.

Kebiasaan ini pun apat berdampak ke pendengaran kamu, loh. Semakin dekat jarak kamu menonton dengan TV, tentu suaranya akan terdengar lebih keras. Jika dibiarkan terus menerus, lama kelamaan pendengaran kamu dapat terganggu.

Pastinya kamu tidak ingin hal tersebut terjadi padamu, bukan? Agar terhindar dari berbagai masalah tersebut, kamu harus menyempatkan diri untuk mengistirahatkan mata, ya. Cukup memejamkan mata selama beberapa menit agar lebih rileks. 

Selain itu, kamu juga harus mengatur jarak antara TV dengan sofa tempat menonton, loh. 

Berapa Jarak Ideal Menonton TV?

Nah, jarak menonton TV yang ideal adalah sekitar 2,5 sampai 3 meter. Cara paling mudah  untuk mengukurnya adalah dengan mengalikan lima ukuran TV.

Baca Juga:   7 Cara Memilih TV LED yang Bagus dan Tahan Lama

Misalnya, jika TV kamu berukuran 40 inch, maka jarak idealnya adalah 40 x 5, yaitu 200 inch atau sekitar 5 meter.

jarak menonton tv
Sumber: unsplash.com

Semakin besar ukuran TV, tentunya akan membutuhkan jarak yang lebih jauh juga. Jadi, pastikan kamu  memilih ukuran TV yang sesuai dengan luas ruangan di rumahmu ya, Ruppers!

Selain itu, kamu juga dapat mengatur jarak untuk menonton berdasarkan lebar dan jenis layar TV di rumah.

Misalnya, jika kamu punya TV dengan model layar yang sudah lama, seperti 1080v HDTV, dengan ukuran 50 inch, maka untuk mengetahui jarak yang tepat, kamu harus mengalikannya sekitar 1,5-2,5 kali lebar layar. Kira-kira hasilnya sekitar 2-3 meter.

Berbeda dengan jenis layar 4K ULTRA HDTV, maka jarak menontonnya diukur dengan 1-1,5 kali lebar layar. Jadi, kalau ukuran TV jenis ini 50 inch, maka kira-kira  jarak aman menontonnya adalah 1-2,2 meter. 

Selain menghitung jarak tersebut, kamu perlu mempertimbangkan kenyamanan saat menonton. Jika dapat menonton TV dengan jelas dan merasa nyaman, maka jarak yang kamu atur berarti sudah tepat. 

Pastikan juga kamu memperhatikan posisi saat menonton agar tidak membuatmu merasa cepat lelah. 

Tips Penempatan TV yang Tepat

jarak menonton tv yang ideal
Sumber: unsplash.com

Selain mengatur jarak, kamu juga perlu menempatkan TV dengan tepat, loh. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu terapkan.

  • Tentukan posisi TV

Posisi TV juga sangan memengaruhi kenyamanan kita saat menonton. Nah, kamu harus menentukan apakah akan meletakkan TV dengan posisi di atas meja atau menempel di dinding. Kedua posisi ini memerlukan penyangga yang berbeda, loh.

Baca Juga:   Ini Dia Perbedaan TV Analog dan TV Digital yang Perlu Kamu Ketahui

Jika ingin menempelnya ke dinding, kamu akan memerlukan bracket TV yang dipasang sekrup ke dinding. Tentunya, kamu harus menghindari memasang TV terlalu ke atas, yang membuat kamu harus mendongak.

Sedangkan untuk posisi di atas rak TV atau meja TV, maka kamu akan membutuhkan tiang penyangga, yang berfungsi sebagai kaki TV agar tidak mudah terjatuh.

  • Atur sudut peletakan TV

Pastikan kamu meletakkan TV di sudut yang sejajar dengan mata agar tidak mudah lelah saat menonton acara kesayangan. Hal ini dapat membuat kamu merasa lebih nyaman saat menonton dan tidak perlu mendongak atau menunduk. 

Kamu dapat memposisikannya sesuai dengan kursi yang digunakan. Jadinya, saat duduk, posisi mata akan sejajar dengan layar TV. 

  • Seimbangkan layar

Kamu juga harus memperhatikan keseimbangan layar TV ya, Ruppers. Pastikan layar TV tidak miring dan tetap simetris agar kamu dapat lebih nyaman saat menonton.

  • Perhatikan Pencahayaan

Hal yang juga penting untuk kamu perhatikan adalah hindari meletakkan TV dengan sumber cahaya dibelakangnya. Hal ini dapat menimbulkan silau dan membuat mata kamu menjadi lebih cepat kelelahan.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terkait menonton TV. Pastikan untuk menonton TV dengan nyaman dan aman untuk kesehatanmu ya, Ruppers. 

Kamu bisa menemukan berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga untuk mendukung suasana bersantai sambil menonton nonton acara favorit hanya di Ruparupa.com.

Simak juga beberapa rekomendasi perlengkapan nonton televisi berikut ini. 

Polytron 32 Inci Smart Tv & Soundbar Pld 32bag9953 - Hitam
Polytron 32 Inci Smart Tv & Soundbar Pld 32bag9953 – Hitam beli di Ruparupa.com. Gunakan TV berkualitas yang tidak membuat mata Anda cepat lelah dan dilengkapi dengan sound system keren untuk membuat suasana nonton jadi lebih seru.

Beli di sini

Selma Glasgow Rak Tv - Oak putih
Selma Glasgow Rak Tv – Oak putih beli di Ruparupa.com.
Jika ingin menempatkan TV kamu dengan posisi berdiri, rak ini akan sangat cocok dan kokoh sekaligus membuatnya terlihat lebih menawan.

Beli di sini

Krisbow Bracket Tv Tilt 32-55 Inci - Hitam
Krisbow Bracket Tv Tilt 32-55 Inci – Hitam beli di Ruparupa.com.
Untuk menempatkan TV dengan posisi menempel di dinding, kamu akan membutuhkan bracket tv yang kokoh seperti satu ini.

Beli di sini