10 Inspirasi Kaca Patri pada Dekorasi Rumah

0
5431
inspirasi kaca patri
Sumber : https://www.pinterest.com/

Pernahkah Anda mendengar istilah kaca patri? Mungkin Anda tidak pernah mendengar, tetapi pernah sekali melihat penampakan kaca ini.

Kaca patri merupakan jenis kaca yang memiliki beragam warna, yang terhubung dengan timah atau kuningan dan membentuk pola atau gambar tertentu.

Ruparupa Banner

Zaman dahulu, penggunaan kaca jenis ini hanya bisa terlihat pada bangunan-bangunan besar, seperti gereja, masjid, atau mall. Namun, seiring perkembangan waktu, banyak orang mulai memakai kaca ini sebagai dekorasi rumah agar terlihat lebih cantik.

Dekorasi Rumah dari Kaca Patri

Nah, daripada penasaran, simak beberapa inspirasi penggunaan kaca patri pada interior rumah berikut ini.

1. Pintu toilet

pintu toilet
Sumber : https://www.creativetorbay.com/

Pintu toilet dari kaca? Ya! Jika Anda berpikir tentang toilet transparan, Anda salah. Percaya atau tidak, pemasangan kaca patri tidak akan membuat bagian dalam toilet terlihat.

Soalnya, kaca ini memiliki sifat yang tidak tembus pandang. Jadi, Anda tidak perlu takut  privasi di kamar mandi jadi terganggu, ya.

2. Dinding kamar mandi

desain kamar mandi
Sumber : https://www.modernize.com/

Mau memiliki kamar mandi estetik seperti yang ada di hotel? Atau bosan dengan dinding toilet yang polos? Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan kaca patri sebagai dinding kamar mandi untuk menghasilkan kesan elegan dan berkelas.

3. Jendela dapur

jendela dapur
Sumber : https://www.custommade.com/

Kaca warna-warni ini juga sering digunkana pada jendela dapur rumah-rumah yang terletak di wilayah pinggiran kota Eropa. Mereka memanfaatkan warna dari kaca untuk menciptakan kesan dramatis pada dapur rumah.

Baca Juga:   25+ Dekorasi Kaktus Terpopuler

Misalnya, penggunaan kaca berwarna oranye akan memberikan bias cahaya hangat untuk menghidupkan suasana dapur, seperti gambar di atas.

4. Pintu masuk rumah

Sumber : https://www.flickr.com/

Selain estetik, penggunaan kaca patri pada pintu masuk bisa membuat rumah  bak sebuah istana klasik. Anda bisa mendesain sendiri pola yang sesuai dengan tema rumah agar terlihat lebih elegan.

5. Pagar rumah

pagar kaca patri
Sumber : https://www.etsy.com/

Masih sama dengan pintu masuk, penggunaan kaca berpola ini juga bisa Anda terapkan pada pagar rumah, loh. Biasanya, kaca ini akan disambungkan dengan kayu atau besi sebagai bingkai agar tidak mudah bergetar.

6. Hiasan dinding

hiasan dinding kaca patri
Sumber : https://www.462glassworks.com/

Anda bisa mengkreasikan hiasan dinding menggunakan kaca jenis ini, mulai dari gantungan hewan, bunga, dan sebagainya.

Caranya tidak sulit, cukup dengan menyatukan potongan kaca ke dalam pola tertentu menggunakan besi terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa menggantungnya di dinding rumah.

7. Plafon rumah

plafon rumah
Sumber : https://www.theodoreellison.com/

Mungkin belum pernah terpikirkan dalam benak Anda untuk menggunakan kaca sebagai plafon rumah. Namun, memakai kaca patri ini justru bisa menciptakan kesan elegan.

Terinspirasi dari konsep rumah skylight, motif unik dari kaca patri bisa memberikan kesan estetik pada plafon rumah.

8. Jendela ruang baca

jendela kaca patri
Sumber : https://www.houseandgarden.co.uk/

Bagi Anda yang memiliki ruangan khusus untuk membaca, Anda bisa memberikan sentuhan kaca patri pada jendela ruangan tersebut.

Konsep ini dipercaya mampu memberikan pengalaman membaca yang lebih menarik dan fokus. Cukup gunakan pola-pola yang simpel sebagai desain jendela.

Baca Juga:   Tips Cara Meletakkan atau Menempatkan Tempat Sampah di Rumah

9. Meja ruang tamu

meja kaca patri
Sumber : https://www.flickr.com/

Jika tadi kita sudah membahas pintu dan jendela, maka dari itu sekarang kita beralih pada penggunaan kaca patri sebagai furnitur rumah, nih. Anda bisa membuat meja ruang tamu dan meja makan dari kaca patri, loh.

Warna dan polanya yang cantik bisa menambah nilai estetika pada hunian Anda.

10. Lukisan

lukisan
Sumber : https://www.etsy.com/

Membuat lukisan dari kaca warna-warni tersebut juga bisa menciptakan kesan yang lebih estetik.

Caranya dengan menempelkan potongan kaca pada sebuah alas, seperti akrilik dan kayu. Lalu, buatlah pola sesuai yang Anda inginkan. Jika sudah selesai, Anda bisa berikan bingkai untuk membungkusnya.

***

Nah, itu tadi beberapa inspirasi kaca patri sebagai dekorasi rumah. Jadi, tertarik untuk menggunakan kaca warna warni ini?

Bila ya, Anda bisa melengkapi hiasan kaca tersebut dengan berbagai furnitur yang estetik. Tenang, kami punya rekomendasi perabot kekinian hanya dari Ruparupa.com, seperti berikut ini.

Lemari kaca
Orla Lemari Pintu Kaca 4 Tingkat – Putih – Beli di ruparupa.com

Beli di sini

meja kaca
Martian Meja Tamu Kaca Bundar – Putih- Temukan hanya di ruparupa.com

Beli di sini

Kursi aksen berlengan
Nordia Bertil Kursi Aksen Berlengan – Krem
– Beli di ruparupa.com

Beli di sini

Ruparupa.com merupakan situs e-commerce terpercaya yang melayani berbagai kebutuhan rumah tangga dan furnitur dari brand terkenal milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE Hardware, Toys Kingdom, Pet Kingdom, dan masih banyak lagi. Jadi tunggu apa lagi, ayo belanja!