cara merawat tas kulit

Ikuti 7 Cara Merawat Tas Kulit Agar Tetap Awet Ini!

Tas kulit memang jadi andalan para pencinta fashion. Selain punya model tas yang mewah, tas kulit juga bisa menciptakan gaya fashion yang lebih elegan. Bisa dikatakan bahwa tas kulit adalah benda wajib yang jadi rahasia tampilan keren buat banyak wanita. Umunya, bahan tas kulit terbagi menjadi dua, yakni kulit asli dan kulit sintetis. Dengan tampilannya yang elegan, tidak mengherankan jika tas kulit dipatok dengan harga yang cukup mahal.  


Nah, kami punya nih beberapa rekomendasi tas fesyen dari bahan kulit berkualitas dengan beberapa model.

Bagaimana cara merawat tas kulit yang tepat?


Untuk menjaga dan merawat tas kulit, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tas kesayangan kamu tetap tampak seperti baru. Berikut ini telah kami rangkum tips menyimpan dan merawat tas kulit yang benar. 


1. Jauhkan dari paparan sinar matahari dan air


Saat berjalan di siang hari, usahakan agar tas tidak terkena matahari dalam waktu yang lama. Soalnya, sinar matahari bisa membuat warna kulit tas memudar dan membuatnya tampak kusam dan kering.  Selain itu, kamu juga harus menjauhkan tas kulit dari air karena bahan kulit yang lembab setelah terkena air dapat menjadi wadah bagi pertumbuhan jamur pada tas kamu.

jauhkan tas kulit dari sinar matahari

2. Gunakan cairan pembersih khusus


Membersihkan tas kulit tidak boleh sembarangan. Hindari menggunakan cairan pembersih yang tinggi akan zat kimia dan memakai sikat karena bisa merusak bahan tas kamu.  


Namun, kamu harus memakai cairan pembersih khusus untuk tas atau yang memang ditujukan buat bahan kulit, seperti berikut ini.

3. Keringkan secara alami menggunakan lap microfiber


Untuk mengeringkan tas kulit secara alami, kamu bisa menggunakan lap microfiber atau kapas. Permukaan lap yang halus tidak akan merusak permukaan tas kulit kamu. Kamu bisa menggunakan produk rekomendasi di bawah ini.

alat-dapur-banner-sisip-desktop

4. Masukkan bubble wrap atau bag pillow ke dalam tas 


Untuk menjaga bentuk tas tetap terjaga dan utuh, ada baiknya kamu memasukkan bubble wrap atau bag pillow ke bagian dalam tas. Cara ini bisa menopang bentuk desain tas sehingga tidak terdapat lipatan yang bisa mengurangi kecantikan tas, terutama tas dengan bentuk konstruktif seperti produk di bawah ini.

5. Simpan tas ke dalam dust bag jika tidak digunakan


Saat tidak ingin menggunakan tas kulit, sebaiknya kamu menyimpan tas ke dalam dust bag atau pouch kain. Penggunaan dust bag berfungsi untuk mencegah penumpukkan debu pada permukaan tas. 


Meskipun demikian, kamu juga harus sesekali mengeluarkan tas kulit dari dust bag agar mendapatkan udara untuk mencegahnya menjadi lembab dan sarang pertumbuhan jamur.

6. Oleskan pelembab khusus tas kulit


Meski tas kulit perlu sesekali mendapat udara agar tidak lembab, tapi tas kulit juga tetap perlu dijaga kelembabannya. Hal ini agar warna tas kulit tidak menjadi kusam, bahan jadi kaku, bahkan mengelupas. Untuk itulah, kamu membutuhkan pelembab khusus bahan kain, yang bisa kamu peroleh dari toko yang menjual perlengkapan tas dan kain.


7. Hindari menumpuk tas kulit


Selain cara membersihkan tas kulit, penyimpanan tas satu ini juga tidak boleh sembarangan. Salah satunya adalah hindari menumpuk tas kulit dengan tas lainnya. Selain bisa merusak bentuk tas kulit, cara ini bisa membuat lemari tampak berantakan.

cara merawat tas kulit

Untuk itu, kamu bisa menyimpan koleksi tas kesayangan agar tetap terawat dan tertata dengan menggunakan rak kaca, seperti produk berikut ini.

Nah, itu tadi beberapa cara merawat tas kulit agar tetap awet yang bisa kamu terapkan pada tas kulit kesayangan.