10 Ide Motif Keramik Dinding Dapur Minimalis

0
9744

Memilih motif keramik dinding dapur tentu tidak mudah. Ada banyak pertimbangan yang perlu diperhatikan, mulai dari desain dapur, sudut ruangan, hingga warna-warna perabotan dapur yang kamu gunakan.

Jika salah memilih motif keramik dinding, justru bisa membuat dapur terlihat tidak menarik dan berantakan. Apalagi, motif keramik dinding cukup beraneka ragam sehingga kita bisa memilih yang sesuai dengan tema.

Ruparupa Banner

Biasanya, tujuan penggunaan keramik dapur adalah supaya mudah untuk dibersihkan, terutama jika terkena percikan makanan. Soalnya, keramik memiliki permukaan yang licin.

Motif Keramik Dinding Dapur

Namun, motif keramik dinding apa yang sebenarnya cocok untuk dapur kita? Nah, agar tidak salah pilih, kenali dulu berbagai motif keramik dinding dapur berikut ini.

1. Terrazzo

Jika motif keramik terrazzo yang sering kita lihat memiliki dasar berwarna putih, kali ini kita akan membicarakan terrazzo dengan dasar semen hitam.

Motif keramik dinding ini jarang digunakan, padahal bisa memberikan kesan yang elegan. Bahkan, kamu mudah memadukannya dengan berbagai warna perabot dapur.

Seperti inspirasi di bawah ini, yang memadukan terrazzo hitam dengan perabotan dapur warna sage green.

keramik dinding dapur terrazzo
Sumber: Apartment Therapy

2. Mozaik Stainless Steel

Keramik motif mozaik dari stainless steel memang jarang kita temui. Biasanya, keramik ini akan berkilau, terutama jika terkena cahaya. Inilah yang bisa memberikan efek ramai pada bagian dapur sehingga tidak banyak orang yang suka menggunakannya.

Namun, sebenarnya keramik ini bisa membuat dapur terlihat lebih estetik dan mewah. Tipsnya, cukup gunakan motif keramk dinding satu ini hanya berada pada satu bagian dinding dapur.

Lalu, kamu bisa tambahkan kabinet dapur berwarna gelap untuk memberikan kesan yang elegan, seperti gambar di bawah ini.

motif keramik dinding
Sumber: Pinterest

3. Motif Keramik Bunga

Dapur bergaya Eropa klasik seringkali menggunakan motif keramik dinding vintage yang memiliki motif bunga dengan warna biru yang sangat cantik dan menenangkan.

Baca Juga:   7 Ukuran Luas Dapur Minimalis dan Cara Menatanya

Nah, kamu bisa menyusun keramik dinding vintage ini di salah satu bagian dinding dapur untuk tetap mempertahankan tampilan dapur minimalis.

keramik dinding vintage
Sumber: Backsplash.com

Untuk melengkapi tampilan dapur bergaya Eropa kamu, kamu bisa menggunakan alat masak berwarna senada, seperti  berikut ini.

alat masak
Ataru Set 9 Pcs Alat Masak Silikon – Biru – Beli hanya di Ruparupa.com

Beli di sini

4. Matte black

Dapur serba hitam ini tentu memanjakan mata. Tipsnya, gunakan keramik dinding dapur berwarna hitam dengan tekstur matte agar menciptakan kesan lebih bersih dan tampak misterius.

Cukup tambahkan rak dinding berwarna hitam untuk menyusun bumbu-bumbu dapur, seperti gambar dapur di bawah ini, agar terlihat lebih menawan.

black kitchen
Sumber: Apatment Therapy

Untuk lebih melengkapi tampilan dapur serba hitam yang estetik, kamu bisa meletakkan berbagai peralatan masak dengan tema hitam senada dan warna cokelat kayu

Seperti panci hitam bergagang kayu di bawah ini, yang bisa membuat dapur terasa lebih mewah dan elegan.

alat masak estetik
Kris Set 2 Pcs Panci Saucepan & Wajan – Abu-abu – Temukan hanya di Ruparupa.com

Beli di sini

5. Keramik Motif 3D Shape

Membentuk objek 3 dimensi dari keramik tentunya akan membuat dapur kamu tampak artistik dan berkesan. Caranya dengan menyusun keramik berbentuk belah ketupat membentuk objek 3D seperti kubus.

Agar lebih nyata, pilihlah warna keramik yang memiliki gradasi warna sehingga bagian dinding tidak tampak datar, seperti gambar dapur di bawah ini.

keramik dinding dapur 3D
Sumber: Mercury Mosaics

6. Keramik Herringbone

Keramik herringbone sendiri memiliki banyak motif dan ukuran. Namun, kali ini kita akan membahas keramik herringbone mini.

Jika keramik kecil ini disusun dengan seksama, maka bisa memberikan tampilan rapi dan manis. Sayangnya, untuk memasangkan keramik ini, memerlukan kesabaran karena harus dipasang satu-persatu.

Namun, jika kamu tidak suka yang terlalu rumit, kamu bisa memilih motif herringbone yang besar agar lebih mudah saat pemasangannya.

keramik dapur
Sumber: Tile Club

7. Hexagonal

Keramik hexagonal dengan belah segi enam ini merupakan jenis keramik paling banyak digunakan pada dinding dapur. Biasanya, ukuran dan warna keramik hexagonal cukup beragam.

Kamu bisa berkreasi seperti gambar berikut ini, yaitu udengan menyusun keramik hexagonal dalam beberapa warna di setengah bagian dinding saja.

Baca Juga:   12 Inspirasi Dapur Scandinavian yang Harus Kalian Tiru
keramik hexagonal
Sumber: HOMEINFO.hu

Untuk menghiasi dapur minimalis tersebut, kamu bisa menggunakan kabinet dapur warna senada.

Misalnya, bila kamu memadukan keramik warna putih, hitam dan abu-abu, kamu bisa memakai kabinet warna abu-abu muda, seperti rekomendasi produk di bawah ini.

kabinet dapur
Scott Kabinet Dapur 80x50x195 Cm – Abu-abu – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

8. Motif Keramik Fish Tail

Keramik dinding dapur yang tidak kalah cantik lainnya adalah motif keramik fish tail. Keramik ini memiliki motif menyerupai ekor ikan sehingga sering dijuluki sebagai mermaid scales atau sisik duyung.

Kamu bisa menggunakan warna emerald green untuk memberikan efek magis layaknya sisik putri duyung dalam dongeng, seperti gambar di bawah ini.

keramik dinding dapur
Sumber: Pinterest

9. Keramik Persegi Panjang Warna Putih

Dapur serba putih memang jadi favorit banyak orang. Nah, kamu bisa menggunakan keramik persegi panjang putih, yang menyerupai susunan bata untuk menampilkan kesan estetik.

Lalu, gunakan cat hitam sebagai garis penghubung antar keramik, seperti gambar di bawah ini. Padukan juga dengan aksen kayu agar terlihat lebih menarik dan elegan.

dapur estetik
Sumber: Apartment Therapy

Dinding dapur berwarna putih ini cocok jika dipadukan dengan beragam perabot berwarna pastel yang cantik.

Salah satunya seperti peralatan masak satu ini, yang memiliki warna hijau pastel dengan aksen kayu minimalis.

alat masak warna pastel
Krischef 2.4 Ltr Teko Air – Hijau – Temukan hanya di Ruparupa.com

Beli di sini

10. Keramik Roman

Motif keramik roman sekilas mirip seperti keramik vintage. Namun, keramik dinding roman hadir dengan konsep yang simpel dan lebih beragam.

Keramik motif roman biasanya disusun dengan motif yang tidak serupa satu sama lain. Inilah yang bisa membeirkan kesan abstrak dan unik.

keramik dinding dapur
Sumber: Casalgrande Padana

Nah, itu dia beberapa ide motif keramik dinding dapur minimalis yang bisa kamu terapkan untuk mengubah tampilan dapur agar lebih menarik.

Kamu bisa mendapatkan berbagai perlengkapan home living dan perabot terbaik hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja satu ini menyediakan furnitur terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi. Yuk, saatnya buat dekorasi dapur terlihat lebih minimalis dan cantik.