5 Fakta Unik Bunga Sepatu yang Perlu Kamu Ketahui

0
19431
Sumber: pixabay.com

Bunga kembang sepatu atau yang lebih dikenal dengan nama hibiscus berasal dari daerah berilklim hangat dan tropis. Tanaman ini tumbuh subur di daerah lembab atau berawa.

Terdapat sekitar 220 jenis kembang sepatu yang tersebar di seluruh dunia. Setiap varietas memiliki ukuran, bentuk, dan warna yang berbeda.

Ruparupa Banner

Bunga kembang sepatu memiliki nilai estetik dengan warnanya yang indah dan cerah. Selain itu, tanaman ini juga bisa menjadi pewarna makanan, kosmetik, dan obat.

Fakta Unik Bunga Kembang Sepatu 

Di samping semua hal tersebut, tahukah kamu bahwa bunga kembang sepatu juga dapat membantu menurunkan berat badan? Tidak hanya itu, ternyata ada beberapa fakta menarik tentang bunga Kembang Sepatu, yang jarang kita ketahui, loh.

Penasaran apa saja itu? Simak berikut ini.

1. Arti Bunga Kembang Sepatu

Bunga kembang sepatu dianggap sebagai bunga yang sangat feminim. Di Amerika Utara, kembang sepatu bermakna istri atau perempuan yang sempurna.

Sedangkan di zaman Victoria, memberikan bunga ini menandakan pujian secara tidak langsung tentang kecantikan seorang perempuan.

Sumber: freepik.com

2. Tanda Menerima atau Menolak Cinta

Di Tahiti dan Hawaii, jika kamu masih lajang dan sedang mencari pasangan, kamu bisa menyelipkan bunga kembang sepatu di belakang telinga kanan. Beberapa laki-laki mungkin akan datang menghampirimu.

Baca Juga:   7 Manfaat Bunga Marigold dan Cara Mengonsumsinya

Lain halnya, bila kamu sudah menikah dan tidak ingin menjalin hubungan romantis, kamu juga bisa menggunakan bunga ini sebagai aksesori untuk menolaknya.

Namun, jangan sampai salah menempatkannya. Pastikan bunga ada di belakang teling kiri, yang menandakan kalau kamu sudah tidak lajang lagi.

Sumber: unsplash.com

3. Bisa Sebagai Teh herbal

Bunga satu ini ternyata juga bisa menjadi teh herbal, yang kaya vitamin C, mineral, dan antioksidan. Biasanya, teh kembang sepatu terkenal dengan warnanya yang merah dan rasanya yang asam.

Teh herbal dari bunga ini banyak manfaatnya buat kesehatan, lho. Mulai dari mengobati tekanan darah dan kolesterol tinggi, membantu mengurangi hipertensi dan kecemasan, melawan bakteri, gangguan pencermaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga kanker.

Selain itu, teh kembang sepatu juga dapat mempercepat metabolisme dan membantu dalam penurunan berat badan.

Cara membuat teh satu ini pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menyeduh bunga kembang sepatu kering dengan air panas, kemudian tambahkan pemanis, seperti madu, gula, dan lainnya.

Setelah itu, tambahkan es batu agar terasa lebih segar dan nikmat.

Baca Juga:   6 Manfaat Bunga Lotus Untuk Kesehatan
Sumber: freepik.com

4. Digunakan Sebagai Obat Tradisional

Di China dan Ayurveda menggunakan bunga satu ini untuk pengobatan tradisional. Soalnya, akar kembang sepatu bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok, batuk, dan kutu rambut.

Sebuah studi baru-baru ini juga menemukan bahwa tanaman kembang sepatu dapat membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan meningkatkan metabolisme.

Sumber: unsplash.com

5. Menjadi Bunga Kebangsaan Malaysia

Malaysia mendeklarasikan bunga kembang sepatu sebagai bunga kebangsaannya tahun 1960. Kelopak kembang sepatu yang berwarna merah cerah melambangkan keberanian.

Selain itu, lima kelopak pada bunga ini melambangkan Rukun Negara (Asas Negara Malaysia).

Bila di Indonesia, bunga ini disebut bunga kembang sepatu, sedangkan di Malaysia, bunga ini disebut sebagai Hibiscus Rosa Sinensis atau bunga raya.

Sumber: unsplash.com

Nah, itu dia 5 fakta unik tentang bunga kembang sepatu. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menanam bunga ini di rumah?

Bila ya, pastikan kamu menanam bunga cantik satu ini memakai perlengkapan berkebun berkualitas. Kamu bisa mendapatkannya hanya di Ruparupa.com.

Yuk, simak juga beberapa rekomendasi perlengkapan untuk tanaman hias di rumah seperti berikut ini.

Pot bunga dengan desain unik dan terbuat dari keramik yang kokok dijamin buat tamanmu terlihat lebih segar. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Rak tanaman ringan dan kokokh ini cocok untuk menanta tanaman kesayangan kamu supaya terlihat lebihi menarik. Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Media tanam ini dapat mempercepat pertumbuhan tunas dan anakan. Dijamin membuat tanamanmu lebih subur. Beli di Ruparupa.com

Beli di sini