13 Desain Interior Ruang Tamu Antimainstream

0
4614
Sumber: unsplash.com

Ruang tamu merupakan ruang paling pertama yang ditemui saat seseorang datang berkunjung ke rumah. Tak hanya berfungsi sebagai tempat menerima kunjungan, melainkan tampilan ruang tamu juga menjadi penilaian khusus first impression seseorang terhadap penghuni rumah. Penilaian yang cukup unik ini dapat terlihat hanya melalui tampilan desain interior ruang tamu dari keseluruhan rumah. Jadi tidak salah bila kamu memberikan perhatian khusus pada tampilan ruang tamu kamu agar terlihat bagus saat seseorang berkunjung.

13 Desain Interior Ruang Tamu Antimainstream

Bicara mengenai tampilan interior ruang tamu, terdapat banyak sekali gaya interior kekinian yang dapat kamu coba aplikasikan, dimulai dari minimalis hingga luxury. Hasil tampilan yang maksimal membutuhkan tuntutan kreativitas serta kejelian yang mendalam untuk memeroleh konsep dan gaya desain yang sesuai dengan penggunaan ornamen elemen dekoratif maupun ukuran furnitur yang kamu inginkan. Untuk lebih jelasnya, yuk mari simak berberapa desain interior ruang tamu antimainstream untuk referesni ruang tamu impianmu.

Desain interior mewah full marmer

Desain interior ruang tamu full marmer
Sumber: layjao.com

Bila kamu memiliki lahan ruangan yang luas, tidak ada salahnya untuk mencoba tampilan mewah pada ruang tamu dengan konsep full marmer. Marmer yang berkilau memiliki tekstur kemewahan dengan gradasi warna yang menawan. Desainnya yang mewah menjadikan marmer sangat cocok untuk diterapkan pada rumah bergaya klasik maupun  minimalis modern.

Selain itu, kemewahan pada ruang tamu juga terpancar dari penggunaan furnitur yang digunakan. Kamu dapat mencoba mengelaborasikan beragam material furnitur yang berbeda, seperti meja kayu, sofa berbahan kulit dengan perpaduan cushion bantalan sofa berbahan velvet. Jangan lupakan juga penggunaan lampu gantung berbentuk kristal untuk memancarkan nuansa bak ala kerajaan yang mewah.

Desain interior ruang tamu berwarna gelap

Desain interior ruang tamu berwarna gelap
Sumber: layjao.com

Desain yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang tinggal di apartemen dengan pemandangan kota dari ketinggian. Perpaduan warna coklat gelap yang hangat dengan kerlip mengkilau dari tirai jendela dan material besi sebagai dekorasi menjadikan ruangan ini tampak mahal dan elegan.

Untuk mendapatkan kesan yang estetis, kamu dapat menggunakan sofa 2 dudukan berbahan kulit dengan ukuran yang hampir menutupi setengah ruanganmu. Kemudian, kamu dapat mencoba menambahkan kursi kecil armrest secara bersebrangan untuk membuat kesan ruangan yang penuh namun tidak sumpek.

Ruangan minimalis lebih hidup dengan beragam elemen

Desain interior ruang tamu beragam elemen
Sumber: unsplash.com

Kamu bosan dengan tampilan ruangan minimalis modern kekinian? Ini tandanya kamu harus mencoba ruang tamu yang satu ini. Ruangan ini mengangkat gaya desain interior dengan perpaduan dekorasi elemen kayu, cermin, hingga besi. Meskipun begitu, keseluruhan furnitur tampak serasi dan menghasilkan desain yang sempurna.

Perbedaan penggunaan material yang saling tumpang tindih ini membentuk pola yang senada. Untuk pengaplikasianya, kamu dapat mencoba meja kayu antimainstream yang berbentuk menyerupai akar kayu ini. Kemudian, sebagai tambahan tampilan minimalis, kamu dapat menambahkan cermin bergaya seni modern dengan ukuran besar untuk menghidupkan suasana ruangan serta membuat tampilannya tampak lebih luas.

Baca Juga:   15 Furniture Rumah Kayu yang Harus Kamu Miliki

Gabungan gaya klasik dan skanidavian

Sumber: unsplash.com/@collovhome

Melihat tampilan ruang tamu di atas, mengingatkan kamu akan tampilan mansion klasik namun dengan sentuhan minimalis modern. Desain gaya minimalis pada ruang tamu ini memberi sensasi kemewahan dengan penampilan yang sederhana, tanpa menggunakan unsur ornamen maupun desain yang berlebihan. Umumnya, penggunaan warna putih  terlihat lebih mencolok dan nyaman dipandang mata.

Kamu dapat menggabungkan elemen kayu untuk menghadirkan nuansa klasik seperti pada jendela, lantai, ataupun meja. Hasilnya ruangan menjadi tampak apik dan cantik bagaikan suasana tea time yang hangat seperti di film-film.

Gabungan marmer dan interior emas yang mewah

Desain interior ruang tamu mewah
Sumber: layjao.com

Siapapun yang melihatnya pasti akan setuju bahwa ruangan ini memiliki tampilan yang mewah dan elegan. Penggunaan warna marmer pada keseluruhan dinding dipadukan dengan dekorasi ukiran emas menjadikan ruangan ini tampak cantik menawan. Ruangan ini juga cukup luas dan memberikan kesan kenyamanan kepada siapa pun yang berada di dalamnya. Dilengkapi dengan penggunaan sofa yang empuk dan ornamen lampu yang penuh ukiran unik ini menjadikan nilai tambah interiornya.

lampu gantung 6l gold Dapatkan lampu gantung hias berkualitas hanya di Ruparupa.com

Desain interior bergaya kasual

Desain interior ruang tamu bergaya kasual
Sumber: unsplash.com/@sidekix

Inpirasi desain ruang tamu selanjutnya adalah ruang tamu dengan interior bergaya kasual. Gabungan kombinasi minimalis dan kasual ini justru membantu menghidupkan kesan ruangan yang tidak monoton. Ciri khasnya sendiri adalah dengan menggunakan furnitur berwarna kontras dan tidak bercorak aneh. Perpaduan ini menghasilkan konsep ruangan yang hangat dan sangat cocok dijadikan tempat bercengkrama ria.

Dapatkan Kris Cermin Dinding Dekorasi Round hanya di Ruparupa.com

Tampilan interior yang ‘clean’

Desain interior ruang tamu 'clean'
Sumber: unsplash.com/@sidekix.com

Penggabungan warna netral dan minimalis ini membuat ruangan tampak bersih. Berbeda dengan inspirasi sebelumnya, ruangan ini membawakan kesan homey yang artsy. Dengan menerapkan desain ini, kamu dijamin bisa menikmati keindahan visual yang nyaman dipadang mata. Aspek kenyamanan terbaik dari konsep ini adalah penggunaan furnitur yang tidak memadati keseluruhan ruangan sehingga kamu dapat berjalan dengan leluasa.

Dapatkan kursi dengan kualitas terbaik hanya di Ruparupa.com

Desain interior bertema bajak laut

Desain interior ruang tamu bertema bajak laut
Sumber: unsplash.com/@sidekix.com

Tema antimainstream yang kali ini mengangkat gaya rumah ala bajak laut dengan kombinasi warna biru dan putih pada interiornya. Poin unik dari interior ini adalah pada posisi peletakan cermin raksasa pada bagian tengah ruangan, yang membantu memantulkan warna biru furnitur pada dinding hingga menciptakan ilusi bayangan dengan warna senada.

Interior minimalis dengan desain yang satu ini memiliki padanan yang pas dengan mengurangi penggunaan dekorasi kecil yang mengganggu penampilan. Misalnya dengan memakai hiasan arah mata angin yang menutupi seluruh permukaan dinding. Atau, kamu dapat mencoba menambahkan pajangan lampu dengan bentuk unik menyentrik.

Rileks dengan bebatuan alami

Desain interior ruang tamu dengan bebatuan alami
Sumber: unsplash.com/@fromitaly

Desain ruang tamu yang satu ini menggabungkan konsep alam dari bebatuan dengan gaya minimalis pada keseluruhan tampilan furnitur pada ruangan. Elemen interior ini membuat rumah tampil sederhana tanpa memerlukan desain yang berlebih. Gaya santai pada ruangan ini menyajikan karya seni yang memikat mata dengan penataan yang tepat menjadikan tampilannya tampak sempurna.

Untuk penggunaan furniturnya sendiri, kamu dapat mencoba menggabungkan meja kayu berukuran rendah dengan sofa berwarna senada agar tidak terjadi tabrakan warna yang ekstrim. Selain itu, penggunaan pencahayaan lampu berwarna kuning membuat ruangan terlihat hangat dan nyaman untuk ditempati.

Desain ruangan dengan sunroof

Sumber: unsplash.com/@isaacquesada

Penggunaan sunroof dalam konsep ruangan minimalis juga tidak kalah menarik. Gaya desain minimalis yang satu ini memberikan kesan yang lebih hangat dan tidak kaku sehingga momen berkumpul menjadi terasa asik. Perpaduan warna yang tidak putih  monoton  serta penggunaan material yang unik seperti emas pada rak maupun ornamen hiasan membuat tampilan ruangan semakin unik.

Baca Juga:   15 Desain Ruang Tamu Minimalis Abu-abu yang Cantik

Umumnya, penggunaan desain dengan gaya minimalis natural sunlight ini sangat cocok digunakan pada negara dengan cahaya matahari yang terang sepanjang tahunnya. Kemudian, pastikan kamu rutin membersihkan noda pada kaca agar tidak menjadi kerak jiplakan yang memperburuk estetika tampilan ruang tamu kamu ya.

Gaya interior all in one

Sumber: unsplash.com/@alcasqui

Konsep ruangan all-in-one ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki lebar ruangan yang luas serta lahan outdoor. Pada dasarnya, konsep ini tidak memerlukan penyekat antar ruangan, kecuali kaca pemisah antara ruangan indoor  dan outdoor. Dengan penerapan konsep kaca yang mewakili sebagai pengganti dinding, semua ruangan tampak terlihat berada dalam satu area tanpa halangan sekat yang mempersempit ruangan.

Biasanya, kunci desain seperti ini dengan memanfaatkan pencahayaan dari luar yang memancar masuk ke dalam ruangan. Pencahayaan ini sendiri membuat keseluruhan ruangan tampak terang tanpa harus membuka listrik sepanjang hari. Konsep ruangan seperti ini juga membuat momen berkumpul semakin terasa menyenangkan. Kamu dapat memantau setiap aktivitas baik didalam maupun luar ruangan tersebut.

Konsep minimalis putih

Sumber: unsplash.com/@sidekix

Model minimalis modern sudah banyak digandrungi banyak peminatnya. Desain yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang tidak mau repot dalam menentukan furnitur dan ornamen yang sesuai dengan rumahmu. Kuncinya adalah selalu memilih penggunaan warna dasar dan furnitur minimalis seperti sofa berwarna putih atau abu dengan meja minimalis berbahan besi.

Jika kamu tidak menginginkan ruangan yang terlalu polos, tidak ada salahnya kamu mencoba menggabungkan lukisan abstrak dengan warna dasar putih atau dinding dengan sentuhan marble yang menghiasi pertengahan ruangan. Selain itu, kamu juga dapat mencoba pilihan berwarna kontras dengan menggunakan lantai kayu dengan dekorasi karpet putih bertekstur kayu. Tampilan ini dijamin akan membuat keseluruhan rumah kamu terasa nyaman dan modern.

Ruang tamu bergaya rustic

ruang tamu kecil konsep rustic
Sumber: unsplash.com/@spacejoy

Desain interior ruang tamu yang terakhir ini merupakan pilihan yang pas untuk kamu yang menyukai tema natural alam nan hangat. Untuk memaksimalkan tampilan ala rustic, kamu bisa mencoba menggabungkan dekorasi anyaman, kayu, ataupun semen tanaman artifisial hijau yang tidak memerlukan perawatan intensif. Selain itu, kamu bisa mencoba menambahkan lukisan abstrak yang bertekstur untuk tampilan gaya yang unik dan berbeda.

Seperti foto ruang tamu di atas, penggunaan material gaya rustic tertampil dari material dinding bertekstur dengan material kayu yang khas. Untuk tambahan, kamu memerlukan bantuan pencahayaan alami untuk menciptakan ilusi natural bayangan antar furnitur.

Pada dasarnya penggunaan konsep interior menentukan kepribadian sang pemilik rumah. Maka dari itu, pastikan kamu merancang ruangan senyaman dan semenarik mungkin untuk kamu huni. Selain itu, penggunaan interior juga harus memiliki keseimbangan antar dekorasi dan furnitur yang digunakan agar tidak terjadi penabrakan konsep.

Untuk referensi produk sejenis, kamu dapat mengunjungi Ruparupa.com. Tidak hanya menyediakan furnitur untuk ruang tamu, melainkan juga tersedia beragam perabotan alat rumah tangga dimulai dari alat masak hingga mainan untuk si kecil.