4 Cara Mudah Pilih Sprei Agar Tidur Lebih Nyenyak

0
2853
pilih sprei

Tidur dengan nyenyak setelah beraktivitas panjang menjadi hal yang didambakan setiap orang. Tentu, ini perlu didukung dengan keberadaan kasur yang nyaman dan bersih.

Sebagai bahan pelapis tempat tidur, sprei rupanya memiliki peranan yang penting dalam mewujudkan hal tersebut. Sayangnya, masih banyak yang menganggap sepele pemilihan sprei.

Ruparupa Banner

Padahal, jika dipilih dengan baik, sprei dapat membantu kamu dalam meningkatkan kualitas tidur, lho. Bayangkan kalau sprei yang kamu pakai terasa kasar dan tidak pas. Pastinya, kondisi ini akan membuat kamu tidak nyaman, bukan?

Bagaimana Cara Pilih Sprei yang Nyaman?

Nah, untuk mencegah terjadinya hal-hal di atas, kami sudah merangkum beberapa cara mudah pilih sprei yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Apa saja? langsung simak ulasannya berikut ini.

cara memilih sprei yang tepat
Sumber: Pexels.com

1. Ketahui Ukuran Kasur

Sebelum membeli sprei, kamu harus mengetahui secara pasti ukuran tempat tidur yang kamu miliki. Biasanya, ada empat ukuran kasur yang umumnya digunakan, yaitu single (90x200cm), queen (160x 200 cm), king (180x 200 cm), dan super king (200×200 cm).

Nah, kamu bisa memilih sprei yang sesuai dengan ukuran kasur. Perhatikan juga ketinggian kasur agar sprei yang kamu pasang tetap terlihat lebih rapi.

2. Pahami Berbagai Ukuran Sprei

Pernahkah kamu mendengar ukuran sprei single, queen, dan king? Atau ukuran no. 1 dan no. 2? Ya, semua itu merupakan istilah dari berbagai ukuran sprei.

Baca Juga:   6 Ide Dekorasi Kamar Anak agar Makin Cantik dan Nyaman

Agar kamu tahu jenis sprei yang dibutuhkan, kamu bisa melihat ukuran sprei yang ada di pasaran melalui tabel berikut ini.

ukuran sprei dan kasur

3. Perhatikan Bahan Sprei

Tentu, kamu ingin agar sprei yang kamu pilih dapat menunjang kenyamanan tidur kamu. Untuk itu, carilah sprei dengan tekstur yang lembut dan sejuk. Ada beberapa bahan sprei yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat, yakni:

  •  Bahan Katun

Bahan katun sering gunakan sebagai material pembuatan sprei karena terasa sejuk di kulit dan mampu menyerap keringat. Selain itu, jenis bahan satu ini juga mudah dibersihkan sehingga masa pemakaiannya awet.

  • Bahan Sutra

Selain terkesan mewah dan elegan, ternyata sprei dengan bahan sutra memiliki efek yang baik bagi kulit. Bahannya yang tidak mudah terlipat dapat mencegah timbulnya bekas cetakan sprei pada kulit. Tentu, hal ini bisa mencegah kerutan pada wajah.

Inspiration_RR_-_Cozy_Minimalist_bedroom_Banner_insp_Blog_640X320_wording

  • Bahan TC

Tetoron Cotton (TC) merupakan jenis kain yang terbuat dari campuran serat polyester dan cotton. Sprei dengan bahan TC relatif lebih terjangkau dibandingkan jenis kain lainnya dan sejuk ketika dipakai.

  •  Kain Tencel

Bahan tencel merupakan kain tekstil yang terbuat dari serat selulosa (lyocell), biasanya lebih lembut. Kalau kamu memiliki alergi dan kulit sensitif, sprei dengan bahan kain tencel cocok buat kamu.

  •  Kain Twill
Baca Juga:   7 Inspirasi Interior Warna Earth Tone yang Bikin Cozy

Sprei kain twill merupakan kain dari keluarga katun yang ditenun dengan menggunakan pola keper. Sprei dengan bahan kain twill memiliki permukaan yang cukup lembut dan tidak akan memicu rasa gatal pada kulit.

4. Memilih Model dan Motif Sprei

Setelah mengetahui ukuran dan bahan sprei, kini saatnya kamu menentukan model sprei yang akan kamu gunakan. Cobalah untuk menyesuaikan model dan motif sprei dengan konsep kamar tidur yang kamu punya agar suasana lebih harmonis.

Misalnya, jika kamu memiliki interior yang modern pada kamar, maka kamu bisa menggunakan sprei minimalis dengan motif trendi, seperti berikut ini.

sprei motif trendi
Linotela 180×200+35 Cm Set 5 Pcs Seprai Katun Russell
Sprei ini memiliki tampilan yang minimalis dan modern dengan bahan yang lembut dan sejuk.

Beli di sini

Itu dia cara pilih sprei yang tepat. Jadi, sprei seperti apa yang kamu butuhkan,?

Tidak perlu bingung, kamu bisa langsung mengunjungi ruparupa untuk mendapatkan jenis sprei dan bed cover yang kamu mau, lho.

Selain itu, kamu juga akan menemukan banyak perlengkapan kamar tidur dan perabot rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti INFORMA, ACE, SELMA, dan masih banyak lagi.

Nah, kami juga punya beberapa rekomendasi sprei terbaik buat di rumah kamu, seperti berikut ini.

sprei minimalis
Sleeplite 160×200+30 Cm Set Seprai Emboss Flower 5 Pcs – Hijau Muda
Tidur lebih nyaman dengan sprei queen size halus dan lembut berikut ini.

Beli di sini

sprei motif daun
Sleeplite 120×200+30 Cm Seprai Polyester Single Motif Bunga
Sprei super single anti tungau dengan motif daun untuk memberikan aksen dekorasi.

Beli di sini

sprei polos elegan
Fiore 180×200+40 Cm Seprai Fitted Tencel – Ungu
Sprei king size dengan bahan tencel yang sejuk dan lembut di kulit sehingga nyaman untuk digunakan saat tidur.

Beli di sini

seprai katun
Linotela 180×200+35 Cm Set 5 Pcs                  Seprai Katun Pedro Set sprei king size bahan katun yang halus, sejuk, dan tidak mudah kusut sehingga nyaman di pakai

Beli di sini