pilih sprei

4 Cara Mudah Pilih Sprei Agar Tidur Lebih Nyenyak

Tidur dengan nyenyak setelah beraktivitas panjang menjadi hal yang didambakan setiap. Untuk itu, kamu perlu memakai sprei yang bersih dan kasur empuk.


Sebagai bahan pelapis tempat tidur, sprei rupanya memiliki peranan penting. Sayangnya, masih banyak yang menganggap sepele pemilihan sprei. Padahal, jika dipilih dengan baik, sprei dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, lho.


Bayangkan jika sprei yang digunakan terasa kasar dan tidak pas. Pastinya, kamu jadi tidak nyaman, bukan?


Nah, untuk mencegah terjadinya hal-hal di atas, kami sudah merangkum beberapa cara mudah pilih sprei yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Apa saja? langsung simak ulasannya berikut ini.

Lalu, bagaimana cara pilih sprei yang nyaman?

1. Ketahui ukuran kasur


Sebelum membeli sprei, kamu harus mengetahui secara pasti ukuran tempat tidur yang kamu miliki. Biasanya, ada empat ukuran kasur yang umumnya digunakan, yaitu single (90x200cm), queen (160x 200 cm), king (180x 200 cm), dan super king (200x200 cm).


ukuran sprei

Nah, kamu bisa memilih sprei sesuai dengan ukuran kasur. Perhatikan juga ketinggian kasur agar sprei yang kamu pasang tetap terlihat lebih rapi. Selain itu, pilih sprei yang dilengkapi karet di setiap sudutnya agar dapat terpasang dengan baik dan tidak bergeser saat digunakan.

sprei

Berikut beberapa rekomendasi sprei berbahan lembut dan halus yang bisa kamu gunakan.

2. Pahami berbagai ukuran sprei


Pernahkah kamu mendengar ukuran sprei single, queen, dan king? Atau ukuran no. 1 dan no. 2? Ya, semua itu merupakan istilah dari berbagai ukuran sprei. Pastikan kamu mengetahui ukurannya, biar sprei gak kebesaran atau kekecilan, soalnya jika ukuran sprei tidak pas, pasti kurang nyaman, kan?


Nah, supaya kamu tahu jenis sprei yang dibutuhkan, kamu bisa melihat ukuran sprei yang ada di pasaran melalui tabel berikut ini.

Cara Mudah Pilih Sprei
banner

3. Perhatikan bahan sprei


Pastinya, sprei yang nyaman dapat menunjang kenyamanan tidur. Untuk itu, perhatikan bahan sprei yang akan kamu pilih. Carilah sprei berbahan lembut dan sejuk.


Saat ini, ada beberapa jenis bahan sprei yang populer di masyarakat, antara lain:


- Bahan katun


Bahan katun sering digunakan untuk membuat sprei. Soalnya, bahan ini dikenal sejuk di kulit dan mampu menyerap keringat dengan baik. Jadi, kamu pun bisa tidur dengan lebih nyaman. Selain itu, bahan katun juga mudah dibersihkan sehingga lebih awet.

sprei katun

Nah, berikut beberapa rekomendasi sprei katun yang bisa kamu gunakan.

- Bahan sutra


Selain terkesan mewah dan elegan, sprei berbahan sutra ternyata memiliki efek yang baik bagi kulit. Bahannya yang halus dan lembut bisa mengurangi risiko timbulnya bekas cetakan sprei pada kulit, serta memberikan sensasi lembut dan nyaman. Bahkan, bahan sutra juga dapat membantu mencegah timbulnya kerutan pada wajah saat tidur, lho.


- Bahan TC


Tetoron Cotton (TC) merupakan jenis kain yang terbuat dari campuran serat polyester dan cotton. Sprei dengan bahan TC relatif lebih terjangkau dibandingkan jenis kain lainnya. Meskipun mengandung polyester, bahan ini tetap sejuk dan nyaman ketika digunakan.

sprei Tetoron Cotton

- Kain tencel


Bahan tencel merupakan kain tekstil yang terbuat dari serat selulosa (lyocell) yang terkenal dengan kelembutannya. Jika kamu memiliki alergi dan kulit sensitif, sprei tencel ini sangat cocok buat kamu. Soalnya, bahan ini bersifat hipoalergenik dan ramah di kulit.


ukuran kasur

Berikut beberapa rekomendasi yang sprei berbahan tencel yang bisa menjadi pilihan.

- Kain twill


Sprei twill termasuk kain katun yang ditenun dengan menggunakan pola keper sehingga menghasilkan tekstur unik. Inilah yang membuat permukaan sprei twill cukup lembut dan tidak memicu rasa gatal pada kulit.


4. Memilih model dan motif sprei


Setelah mengetahui ukuran dan bahan sprei, kamu dapat memilih model sprei yang akan kamu gunakan. Cobalah untuk menyesuaikan model dan motif sprei dengan tema kamar tidur agar suasana lebih harmonis.


Misalnya, jika kamu memiliki interior yang modern pada kamar, maka kamu bisa menggunakan sprei minimalis, seperti berikut ini.


model dan motif sprei

Nah, kami juga punya berbagai motif sprei yang bisa kamu pilih sesuai dengan tema ruangan.

Itu dia cara memilih sprei yang nyaman untuk tidur. Jadi, sprei seperti apa yang kamu butuhkan, nih?


Tenang, apapun itu, kamu bisa menemukannya hanya di
ruparupa yang pasti #BikinBeres semua urusan rumah.