Cara mudah membuat bingkai foto dari kayu

0
488
Sumber: unsplash.com/@minhphamdesign

Foto merupakan salah satu cara untuk mengabadikan momen-momen spesial yang kita miliki. Untuk melindungi kualitas foto dengan baik, kamu dapat mencetak dan memajang kenangan berharga tersebut dengan bingkai foto. Selain menambah nilai seni pada ruangan kamu, rupanya cara ini juga membantu untuk menjaga kenangan berharga agar tak mudah terlupakan. Salah satu cara untuk membuat tampilan foto kamu lebih menarik sekaligus tahan lama adalah menyiasatinya dengan memasang beberapa dekorasi seperti hiasan bermotif pada setiap sisi bingkai. Pada umumnya, bingkai foto terbuat dari kayu atau logam serta selembar cara untuk melindungi tampilan lanskap dari foto. 

Meskipun bingkai foto sangat mudah ditemukan, tapi pasti akan lebih bermakna bila kita membuatnya sendiri. Apalagi rupanya kita dapat dengan mudah membuat bingkai foto dari bahan yang tersedia disekitar kita seperti sisa kayu yang sudah tidak digunakan. Mau tau bagaimana? Berikut merupakan langkah-langkah dasar untuk menciptakan bingkai foto yang bagus hanya dalam kurun waktu sejam!

Cara mudah membuat bingkai foto dari kayu hanya dalam satu jam

Sumber: unsplash.com/@minhphamdesign

Untuk membuat bingkai dari kayu, kamu membutuhkan sejumlah alat dan bahan berikut: 

Kayu 

Sebagai bahan utama dalam membuat pigura atau bingkai foto, kamu dapat menggunakan kayu jenis apapun yang sesuai dengan kebutuhanmu. Salah satu jenis kayu yang dapat kamu gunakan adalah kayu waru atau pinus, karena memiliki bahan yang tidak terlalu keras dan mudah ditemukan dimanapun.

Alas foto/Mat 

Alas foto berfungsi sebagai penopang sisi belakang bingkai foto. Sebagai alternatif, kamu dapat menggunakan karton tebal atau papan kayu/tripleks.

Amplas kayu

Berfungsi untuk menghaluskan lapisan permukaan kayu yang kasar menjadi halus. 

Lem kayu

Lem kayu memiliki daya erat yang sangat baik. Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan lem jenis ini untuk merekatkan lapisan kayu dengan tripleks.

Paku 

Paku berfungsi untuk memperkuat ketahanan pigura agar tidak goyah. Kamu dapat menggunakan paku semat yang berukuran kecil.

Gergaji dan cutter

Pastikan kamu memilih gergaji yang cukup tajam untuk mempermudah memotong dan menghaluskan amplas kayu.

Cat minyak dan kuas

Kamu dapat menambah dimensi warna agar tampilan bingkaimu menjadi lebih estetik dengan menggunakan cat minyak.

Langkah-langkah pembuatan bingkai kayu:

  1. Pertama, pastikan kamu telah memilih lokasi penempatan bingkai foto agar kamu dapat menyesuaikan ukuran bingkai dan foto yang akan digunakan. Selain itu, kamu perlu mempertimbangkan konsep atau ide yang sesuai dengan komposisi dekorasi rumahmu. Misalnya, kamu dapat menyelaraskan warna kayu mahogany agar cocok dengan nuansa ruangan minimalis berwarna putih. 
  2. Ukurlah alas foto dengan foto yang ingin digunakan. Untuk membuat tampilan foto yang lebih elegan, kamu dapat melebihkan alas sekitar 3 hingga 4 cm dari jarak penempatan foto. Kemudian, kamu dapat menandai ukuran sisi alas foto untuk mempermudah pengukuran bingkai kayu.
  3. Setelah melakukan pengukuran dan konsep, kamu dapat mulai memotong kayu dengan membentuk pola persegi panjang. Jangan lupa untuk sejajarkan antar sisi agar tetap rata ya. Susun potongan kayu dan rekatkan dengan alas foto/mat menggunakan  lem kayu. Setelah itu, kamu cukup menunggu hingga lem kering sebelum beralih ke tahapan selanjutnya!
  4. Supaya susunan dapat menyatu dengan rapi dan kokoh, kamu dapat memaku tepi kayu dan triplek pada lapisan belakangnya. Pastikan kamu berhati-hati saat memukul paku ya!
  5. Jika bingkai yang sudah terpasang sempurna, langkah selanjutnya adalah menghaluskan lapisan kayu yang masih kasar dengan menggunakan amplas. Untuk sentuhan terakhir, kamu juga bisa mewarnai bingkai kamu dengan warna favoritmu.
  6. Jika sudah puas dengan hasil karya kamu, voila! Bingkai foto kayu kini sudah siap dipajang cantik di ruanganmu.

Bagaimana? Rupanya tidak sulit kan membuat bingkai foto dari kayu? Kunci dari keberhasilan membuat bingkai kayu adalah dengan menggunakan perlengkapan dan persiapan yang memadai. Jika semua sudah siap sedia, proses pembuatan pun akan menjadi gampang dan menyenangkan.

Psstt.. Kamu juga dapat memeroleh semua perlengkapan alat kerajinan dan perlengkapan pertukangan di Ruparupa.com, loh! Berikut beberapa rekomendasi produk yang bisa kamu beli untuk membuat bingkai foto kayu idaman kamu:

mesin amplas kayu
Worx Mesin Amplas Kayu 250w
Lem Kayu
Gorilla Lem Kayu 236 Ml
Paku Kayu
Krisbow Paku Kayu 2.2x50mm 100gr
Gergaji Kayu
Tactix Gergaji Kayu 45 Cm