12 Cara Menata Isi Kulkas Agar Rapi dan Tidak Bau

0
150
cara menata isi kulkas
sumber: extraspace.com

Memiliki kulkas yang rapi dan tidak bau pastinya merupakan dambaan semua orang. Namun, untuk menjaga kulkas agar selalu bersih tidaklah mudah. Anda perlu menatanya dengan tepat sehingga makanan yang disimpan pun tidak mudah rusak dan basi. Lalu, bagaimana cara menata isi kulkas yang benar?  

Ini Cara Mudah Menata Isi Kulkas

Berikut ini berbagai cara jitu yang bisa Anda lakukan agar bisa menjaga kualitas makanan di dalam kulkas.

1. Memisahkan Makanan Prioritas 

Beberapa makanan lebih mudah basi dibandingkan makanan lainnya. Untuk itu, pilih  makanan yang mudah rusak dan masukkan pada satu wadah yang sama. Cara ini bisa membantu untuk membuat Anda mengingat letak makanan tersebut. 

Apalagi, kita sering lupa akan makanan yang mudah rusak  tersebut harus segera dihabiskan. Jika tidak, makanan bisa terbuang sia-sia. Jadi, pastikan makanan tesebut sebagai prioritas untuk segera dikonsumsi dan tidak boleh tersisa sampai berhari-hari. 

cara-menata-isi-kulkas

2. Kelompokkan Sayur dan Buah 

Untuk membuat kulkas terlihat lebih rapi dan cantik, Anda bisa menempatkan sayur dan buah dalam wadah.  Lalu, letakkan wadah tersebut di bagian khusus untuk mempermudah Anda saat mencarinya. Misalnya, untuk sayuran, Anda bisa menyimpannya di laci kulkas. Sedangkan untuk buah-buahan, Anda bisa menyimpannya dalam satu wadah dan meletakkannya di bagian berbeda. Jadinya, bau sayuran tidak menempel pada buah tersebut. 

3. Pisahkan Bahan Makanan Yang Disimpan

cara menata isi kulkas
sumber: iamstyle-ish.com

Setelah memisahkan sayur dan buah, Anda bisa mengategorikan bahan makanan lainnya lagi menjadi lebih spesifik. Lalu, Anda bisa menata isi kulkas sesuai kategori tersebut.Misalnya, pisahkan antara wortel dengan jagung, cabai dengan tomat, apel  dengan pear, dan lain sebagainya. 

Tidak hanya membuat kulkas terlihat cantik, cara ini juga bisa membuat Anda lebih mudah untuk mengambilnya bahan makanan tersebut.  Selain itu, kualitas makanan di kulkas pun akan lebih terjaga karena tidak tercampur antara satu dengan lainnya. Jadi, sangat bermanfaat, bukan?

4. Gunakan Wadah Sebelum Memasukkannya ke Kulkas

tempat buah dan sayur
Krischef Wadah Penyimpanan Freezer 31.3×15.6×9 Cm – Menggunakan material plastik, Anda bisa menggunakan tempat ini untuk mengorganisir freezer. Buat kulkas lebih rapi dengan menghadirkan wadah penyimpanan ini.

Beli di sini

Kalau biasanya Anda langsung memasukkan makanan ke kulkas dengan plastiknya, saatnya mengubah kebiasaan tersebut. Gunakan wadah untuk setiap makanan yang akan Anda masukkan ke kulkas, entah itu sayur, buah, maupun makanan kering lainnya. Pastikan Anda memakai wadah yang memiliki tutup, khususnya untuk makanan yang mudah mengeluarkan bau, seperti bawang. Cara ini bisa membantu agar kulkas tidak mudah bau. 

5. Gunakan Holder Botol agar Lebih Rapi

Holder Botol Kulkas
Holder Botol Kulkas – Jaga keamanan botol yang Anda taruh di kulkas dengan holder botol ini.

Beli di sini

Apakah Anda kerap dipusingkan dengan botol yang sering menggelinding saat ditaruh pada rak kulkas? Jika ya, cobalah menggunakan holder untuk botol berukuran besar. Apalagi bila Anda senang menaruh soda, wine, maupun botol kaca lainnya dalam kulkas. Dengan begini, Anda tidak perlu khawatir minuman tumpah dan botol pecah karena botol akan aman dengan holder yang Anda tempatkan. 

6. Gunakan Tatakan dengan Tisu Dapur

Memang mengesalkan bila bahan makanan yang kita simpan di dalam kulkas mudah bocor ataupun tumpah. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa menggunakan tisu dapur pada rak kulkas sebagai tatakan, khususnya pada produk-produk yang mudah bocor dan bisa mengotori kulkas. Anda juga bisa menggunakan tisu dapur sebagai tatakan bawang di kulkas. Apalagi, kulit bawang suka terkelupas dengan sendirinya dan sulit untuk dibersihkan. 

7. Letakkan Saus dalam Satu Tempat yang Sama

Agar kulkas tidak kotor, Anda bisa meletakkan berbagai macam saus dan bumbu dalam botol pada sisi pintu kulkas. Cara ini bisa membuat kulkas terlihat lebih rapi.Namun, pastikan Anda selalu membersihkan botol bumbu tersebut setiap kali selesai menggunakannya.

Apalagi, terkadang isi bumbu tersebut suka mengotori bagian luar botol setelah digunakan. Bila langsung dimasukkan ke dalam kulkas, bisa-bisa menimbulkan bau tidak sedap dan membuat kulkas jadi kotor. 

8. Pisahkan Snack dari Bahan Makanan

tempat makanan
Krischef Tempat Peralatan Makan 2 Kompartemen – Dengan material plastik berkualitas, gunakan untuk menata snack-sanck pada kulkas Anda.

Beli di sini

Pisahkan snack pada wilayah yang berbeda dengan berbagai sayuran, daging, maupun makanan basah lainnya. Anda bisa menggabungkan snack dan berbagai makanan kering lainnya menjadi satu. Jadinya, pembungkus pada snack tidak kotor ataupun rusak.

9. Gunakan Wadah untuk Makanan Sisa 

Komax 3.1 Ltr Wadah Makanan Bioplastic High
Komax 3.1 Ltr Wadah Makanan Bioplastic High – Dengan tutup kedap udara membuat kualitas makanan di dalamnya menjadi lebih aman. Gunakan wadah makanan ini untuk menaruh berbagai masakan yang hendak dibawa pergi maupun disimpan.

Beli di sini

Kadang kala, ada berbagai lauk yang tidak habis dimakan dalam satu hari. Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas, tetapi pastikan memasukkan makanan sisa tersebut ke dalam wadah yang memiliki tutup. Dengan begini, bau makanan tidak akan menyebar ke seluruh kulkas dan kualitas sisa makanan juga tetap terjaga. Jadinya, bila Anda mengonsumsinya lagi tetap terasa lezat.  

10. Perhatikan Tempat Meletakkan Daging

cara menata isi kulkas
sumber: thehomeedit.com

Ingatlah untuk tidak meletakkan daging pada rak tengah kulkas. Daging hanya boleh diletakkan pada freezer dan harus dipisahkan dari jenis makanan lainnya. Aroma pada daging akan membuat makanan lain menjadi berbau tidak sedap.

Selain itu, pastikan Anda menyimpan daging pada wadah yang tepat. Cara ini bisa  mencegah kualitas daging menurun dan bau menyebar ke makanan lain. 

11. Bersihkan Sayur dan Buah Sebelum Dimasukkan Ke Kulkas

cara menata isi kulkas
sumber: iamstyle-ish.com

Pastikan sayur dan buah sudah bersih saat akan dimasukkan ke kulkas. Tentunya, kulkas akan lebih mudah kotor, bila Anda langsung memasukkan sayur dan buah begitu saja. Selain itu, cara ini  bisa mempermudah anggota keluarga lain yang ingin langsung mengonsumsi buah. Mereka bisa langsung mengambilnya dari kulkas tanpa perlu repot membersihkannya.

12. Rutin Membersihkan Kulkas

cara menata isi kulkas
sumber: rd.com

Cara terakhir yang paling penting adalah rutin membersihkan dan merapikan kulkas. Kebersihan kulkas bisa menjaga kualitas makanan di dalamnya. Jangan sampai makanan yang hendak dikonsumsi terkontaminasi berbagai kotoran, yang bisa membawa dampak buruk pada kesehatan. Jadi, perhatikanlah kebersihannya dengan baik, ya. 

Yuk, buat kulkas terlihat lebih cantik dengan menata isi kulkas mulai sekarang. Cara ini juga bisa menghindari membuang makanan dari kulkas karena rusak tak termakan. 

Nah, Anda bisa membeli wadah khusus makanan hanya di Ruparupa. Situs e-commerce satu ini menawarkan berbagai  tempat makanan berkualitas yang bisa menjaga berbagai produk di kulkas Anda. 

Selain itu, Anda juga bisa menemukan berbagai produk rumah tangga menarik lainnya hanya di Ruparupa. Yuk, dapatkan berbagai promo dan potongan menarik khusus untuk Anda  dan jangan sampai kehabisan. Selamat belanja!