8 Cara Memilih Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil

0
476
Sofa warna netral
Sumber: unsplash.com/@nathanrjliving

Ruang tamu merupakan bagian paling penting di dalam sebuah rumah. Pasalnya, ruangan ini bukan hanya sekedar menjadi area akses utama saat kita masuk rumah, melainkan juga berfungsi sebagai tempat menjamu para tamu yang datang. Nah, mengingat ruang tamu memiliki fungsi dan peran yang sangat penting, maka pastikan Anda memilih perabot yang tepat untuk dapat menunjang penampilan ruang ramu.

Salah satu perabot utama di ruang tamu adalah sofa. Selain berfungsi sebagai tempat duduk, sofa juga dapat membantu mempercantik tampilan ruang tamu. Inilah yang membuat tantangan memilih sofa terbilang tidak mudah. Mengingat usia pemakaian sofa yang panjang dan harganya yang mahal, pastikan Anda memerhatikan dengan jeli jenis sofa yang sesuai kebutuhan.

8 Cara memilih sofa untuk ruang tamu kecil

Tampilan interior memang penting untuk diperhatikan, tetapi pastikan Anda juga memilih sofa yang cocok dan nyaman untuk digunakan. Selain itu, jangan sampai hanya terhanyut dengan desain sofa, tetapi melupakan lokasi penempatan sofa nantinya.

Apalagi, bila Anda memiliki ruang tamu yang kecil, pemilihan sofa memerlukan teknik dan perhitungan khusus agar tata letaknya lebih proporsional. Nah, supaya tidak salah memilih sofa untuk istana pribadi Anda, simak cara memilih sofa untuk menyiasati ruang tamu yang kecil berikut ini.

1. Ukur ruang tamu agar mempermudah pemilihan sofa

cara memilih sofa
Sumber: unsplash.com/@nathanfertig

Tak hanya sekedar memilih model ataupun bahan yang sesuai selera, tetapi ukuran kursi tamu juga disesuaikan dengan ruangan.  Untuk teknik pengukurannya,Andadapat melakukan pengukuran dengan menghitung kotak keramik di lantai atau memakai meteran untuk mengetahui angka pastinya.

Umumnya, besar ukuran sofa pada ruang tamu kecil tidak boleh lebih dari 30 persen luas ruangan. Apalagi, jika terdapat sekat yang menggabungkan ruang tamu dengan ruangan lainnya. Anda bisa memilih desain sofa multifungsi agar ruangan terlihat lebih luas.

2. Menerapkan konsep minimalis yang minim dekorasi

Sofa minimalis
Sumber: unsplash.com/@nathanrjliving

Selain sebagai tempat duduk, sofa juga berperan sebagai dekorasi ruangan dengan menilai bentuk dan variasi desain motifnya. Oleh karena itu, sofa kita pilih akan memiliki pengaruh besar terhadap suasana ruang tamu. Nah, Anda dapat mencoba menerapkan konsep minimalis dengan pemilihan elemen interior yang tidak begitu ramai agar ruangan tetap terasa luas dan nyaman.

Baca Juga:   5 Desain Rumah Korea yang Indah dan Dapat Anda Ikuti

Baca juga Beragam Model Sofa Minimalis Untuk Rumah Anda

3. Menggunakan aksen warna netral

Sofa warna netral
Sumber: unsplash.com/@nathanrjliving

Penggunaan warna kalem ataupun netral merupakan salah satu trik yang paling sering digunakan dalam mendesain ruang tamu. Dengan pemilihan warna yang tepat, suasana rumah juga akan lebih positif, serta bisa menbangun mood pemilik rumah ataupun tamu yang berkunjung. Kuncinya adalah dengan mengaplikasikan warna-warna cerah seperti krem, putih, abu, ataupun coklat terang pada pilihan warna sofamu. Pemilihan warna ini akan membantu memantulkan cahaya dan memberikan tampilan ruangan yang luas.

4. Hindari menggunakan sofa berbentuk bulat

cara memilih sofa untuk ruang tamu sempit
Sumber: unsplash.com/@svenbrandsma

Untuk ruang tamu yang kecil, Anda harus menggunakan sofa sesuai ukuran ruangan agar tidak terkesan sempit. Salah satunya adalah dengan mengindari penggunaan sofa bulat ataupun melingkar karena akan memakan banyak tempat dan membuat ruangan terlihat tidak rapi.

Alternatif yang dapat Anda coba adalah dengan mengaplikasikan sofa memanjang yang berbentuk L pada sudut ruang tamu. Kemudian, Anda dapat menambahkan meja kecil pada bagian depannya. Tak hanya menciptakan kesan luas pada ruangan, tetapi sofa ini juga bisa menampung 4-5 orang.

5. Menggunakan sofa bed untuk ruang tamu kecil

Cara memilih sofa untuk ruang tamu kecil
Sofa bed multifungsi

Anda juga bisa memanfaatkan sofa bed multifungsi untuk membuat hunian yang super nyaman dan ideal. Sofa ini bisa Anda gunakan untuk berbaring ataupun duduk di atasnya. Jika Anda ingin bersantai, Anda dapat mengubah posisinya menjadi tempat tidur. Sebaliknya, jika terdapat tamu yang datang berkunjung, Anda bisa membuatnya sebagai tempat duduk.

Dapatkan Ebonia Rookie Sofa Tidur 2 Dudukan hanya di Ruparupa.com

Umumnya, sofa bed memiliki beragam warna dan material bahan yang dapat disesuaikan dengan dekorasi rumah Anda. Bentuknya yang praktis dan proporsional tidak hanya bisa digunakan pada ruang tamu, tetapi juga pada ruang keluarga, kamar tidur, dan ruang bermain anak.

Baca Juga:   11 Inpirasi Desain Kamar Tidur dengan Lampu Led

6. Perhatikan material lapisan sofa

Cara memilih sofa ruang tamu kecil
Dapatkan Liberty Sofa Bed hanya di Ruparupa.com

Selain memastikan ukuran sofa, Anda tetap perlu mempertimbangkan bahan lapisan pada sofa. Material pelapis dengan bahan berkualitas tentu akan membuat lebih terasa nyaman saat diduduki. Umumnya, sofa berbahan chenille dan kulit lebih populer digunakan sebagai pelapis sofa. Cobalah menggunakan bahan material yang tidak terlalu mengkilat dengan warna yang mencolok agar ruangan tidak terlihat sumpek.

7. Sofa multifungsi dengan penyimpanan

sofa ruang tamu kecil
Sumber: BedandBasics.sg

Layaknya rak lemari, ternyata sofa juga bisa menjadi tempat penyimpanan, loh! Nah, model sofa ini cocok untuk ruang ramu kecil sebagai solusi penyimpanan agar ruangan tidak sempit dengan terlalu banyak perabot.

Selain itu, cara ini juga dapat menghemat tempat dan anggaran untuk keperluan yang lebih berguna. Penggunaan laci penyimpanan ini juga sangat baik untuk melindungi barang-barang di dalam sofa dari debu dan kotoran. Anda juga jadi lebih mudah untuk mencari ataupun mengelompokkan peralatan yang dimiliki.

8. Kerangka yang kokoh

Dapatkan Ebonia Sofa Bed Rido Cupholder hanya dir Ruparupa.com

Meskipun sofa berukuran kecil, Anda tetap harus memperhatikan rangka dari sofa yang digunakkan. Umumnya, terdapat dua jenis rangka, yaitu besi dan kayu. Untuk kekuatan penopang yang lebih tahan lama, sebaiknya menggunakan material kayu yang lebih kokoh. Selain itu, Anda wajib menghindari penggunaan baut dan lem untuk menyatukan kedua sisi kayu menjadi satu. Soalnya, metode ini rentan membuat kayu gampang patah.

***

Itu dia sejumlah tips memilih sofa untuk membuat ruang tamu yang lebih luas dan nyaman. Jangan lupa untuk menyiasati trik-trik ini supaya Anda dapat mendesain ruang tamu sesuai keinginan. Nah, Anda bisa cek di Ruparupa.com untuk mencari inspirasi dalam memilih sofa dan dekorasi furnitur ruang tamu lainnya. Tentunya, Anda bisa mendapatkan produk berkualitas terbaik dengan harga yang terjangkau. Yuk, saatnya membangun rumah Anda jadi lebih menawan!